Laptop

7 Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Tidak Terdeteksi di Laptop

Mengatasi Xiaomi Redmi tidak terdeteksi di laptop dapat dibilang gampang dapat juga dikatakan susah. sebab ada berbagai macam faktor yang dapat menyebabkan Hp Xiaomi Redmi tidak terdeteksi di laptop.

Pernahkah Anda mengalami kesulitan pada saat akan menyambungkan USB smartphone Xiaomi ke Laptop? Tentu saja hal tersebut akan membuat kita merasa kebingunan, sebab USB kita tidak dapat terhubung ke laptop/PC.

Akan tetapi ada beberapa hal yang dapat membuat Redmi susah untuk terdeteksi oleh laptop, terutama laptop yang menggunakan sistem operasi Windows.

Mengatasi Xiaomi Redmi Tidak Terdeteksi di Laptop

Xiaomi Redmi Tidak Terdeteksi di Laptop

Smartphone Xiaomi Redmi tidak terdeteksi di laptop dapat disebabkan oleh banyak hal, sebaiknya periksa terlebih dahulu kabel USB yang akan Anda gunakan apakah rusak atau tidak.

Sebelum handphone di colokan ke port usb pastikan terlebih dahulu bahwa mode MTP sudah Anda aktifkan dan minimal laptop Anda telah menggunakan Windows media player terbaru sehingga akan mempermudah sambungan data Anda.

Untuk mengatasi xiaomi redmi tidak terdeteksi di laptop, silahkan simak penjelasan berikut ini:

1. Cek Kabel USB

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, sebelum memasukkan kabel USB, Anda perlu memeriksa kabel USB terlebih dahulu sebelum digunakan, tujuan nya yaitu untuk memastikan bahwa kabel yang akan Anda gunakan sama sekali tidak mengalami masalah.

Kemudian masukkan kabel USB ke port USB laptop Anda, apabila device tidak terdeteksi di laptop, maka coba gunakan laptop lain.

Jika device masih belum juga terdeteksi, kemungkinan terdapat masalah pada kabel USB Anda. Saran dari kami, Sebaiknya Anda mengganti kabel USB Anda dengan Kabel USB yang lain.

2. Memeriksa Driver USB Laptop

Smartphone Xiaomi Redmi tidak terdeteksi di laptop kemungkinan bisa disebabkan karena kalian belum menginstal driver USB Xiaomi pada laptop yang kalian gunakan.

Anda dapat mengecek apakah driver telah terinstal atau tidak dengan cara berikut:

  1. Pertama silahkan masuk menu start atau bisa juga dengan menekan tombol Win pada keyboard, lalu ketikkan Device Manager
  2. Lalu pada menu device manager silahkan pilih Universal Serial Bus Controler biasanya menu ini terletak di bagian paling bawah.
  3. Kemudian Anda dapat memeriksa apakah driver USB sudah terinstal atau belum.
  4. Jika Driver USB belum terinstal, sebaiknya instal terlebih dahulu driver yang sesuai dengan jenis smartphone Xiaomi Anda.

3. Mengaktifkan USB Debugging Xiaomi Redmi

Apabila Anda baru saja membeli smartphone xiaomi dan belum pernah digunakan untuk melakukan tranfer data, maka sebaiknya Anda menyalakan fitur USB Debugging terlebih dahulu.

Supaya smartpone Xiaomi Redmi Anda dapat terbaca di laptop, maka sebelum melakukan transfer file Anda perlu untuk menyalakan mode USB Debugging.

Mode tersebut dapat ditemukan pada Opsi Develover yang ada di menu pengaturan.

Berikut ini cara untuk memunculkan opsi developer Xiaomi Redmi:

  1. masuk ke menu pengaturan.
  2. lalu pilih Tentang Ponsel.
  3. selanjutnya klik tap pada Versi MIUI sebanyak 7 kali.
  4. Kemudian akan muncul notifikasi You are now a developer.
  5. maka Anda sekarang telah dapat memasuki Opsi Developer.
  6. Pada menu Opsi Developer silahkan aktifkan USB Debugging.

4. Mengaktifkan MTP Xiaomi Redmi

Cara berikut nya agar Anda dapat menguhubungkan USB ke laptop adalah dengan mengaktifkan MTP atau dapat disebut dengan Mode File Transfer. 

Berikut ini cara mengaktifkan MTP pada Hp Xiaomi Redmi:

  • Hubungkan kabel USB yang telah terpasang ke laptop atau PC.
  • Kemudian silahkan tunggu sampai proses deteksi usb selesai.
  • lalu akan muncul pop notifikasi, silahkan Anda ganti opsi ke mode MTP.
  • Silahkan periksa pada pojok kanan bawah layar, pastikan bahwa USB telah terhubung.

Baca Juga: Cara Mengatasi iPhone tidak Terdeteksi di Laptop

5. Menggunakan Mi PC Suite

Cara terakhir mengatasi xiaomi redmi tidak terdeteksi di laptop adalah dengan menginstal Mi Pc Suite terbaru yang dapat Anda instal pada situs resmi nya di https://mipcsuite.com/

Silahkan install aplikasi ini pada laptop Anda lalu coba sambungkan USB Hp xiaomi redmi dengan laptop, maka aplikasi Pc Suite akan segera merespon sambungan dari USB Anda.

6. Update Drive USB

Mengupdate Driver USB ke versi terbaru adalah langkah penting dalam mengatasi masalah ketika Xiaomi Redmi tidak terdeteksi di laptop Anda.

Pembaruan driver USB dapat membantu meningkatkan kompatibilitas dan kinerja koneksi USB antara ponsel Anda dan komputer Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Device Manager di laptop
  2. Di dalam Device Manager, cari dan klik pada Perangkat Sistem Universal Serial Bus.
  3. Klik kanan perangkat Xiaomi lalu klik Update Driver
  4. Tunggu beberapa saat sampai sistem Windows berhasil mengupdate driver
  5. Restart laptop

7. Restart Perangkat

Terakhir yaitu dengan melakukan restart pada perangkat Xiaomi kalian. Restart perangkat dapat menjadi langkah yang sederhana namun efektif untuk mengatasi masalah ketika Xiaomi Redmi tidak terdeteksi oleh laptop.

Dengan melakukan restart perangkat dapat membantu membersihkan masalah sementara yang mungkin terjadi pada sistem operasi ponsel atau laptop Anda.

Setelah melakukan restart pada kedua perangkat yaitu Xiaomi dan laptop, coba sambungkan lagi Xiaomi Redmi kalian ke laptop dengan menggunakan kabel USB.

Baca Juga: Cara Rename File Sekaligus Secara Berurutan

Penutup

Xiaomi Redmi tidak terdeteksi di laptop biasanya dapat disebabkan oleh pengaturan sistem laptop ataupun pengaturan dari smartphone itu sendiri.

Apabila Anda telah mengikuti semua penjelasan yang ada di atas, namun masih mengalami USB tidak terdeteksi, kemungkinan besar terdapat permasalahan pada laptop ataupun PC yang Anda gunakan.

Sekian artikel dari kami mengenai mengatasi Xiaomi Redmi tidak terdeteksi di laptop, semoga artikel yang kami berikan ini dapat bermanfaat serta berguna bagi para pembaca.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *