Internet

10 Cara Mengatasi Video Google Drive Tidak Bisa Diputar

Video Google Drive tidak bisa diputar secara umum kita akan mendapatkan pesan dari Google Drive yang berbunyi Whoops! There was a problem playing this video.

Pada saat kita selesai mengupload sebuah video ke dalam Google Drive, maka seharusnya video tersebut dapat langsung diputar tanpa perlu di download terlebih dahulu.

Mungkin bagi beberapa orang menyimpulkan video Google Drive tidak bisa diputar dapat disebabkan karena video tersebut terdeteksi virus oleh Google Drive.

Namun hal tersebut belum tentu benar, biasanya video Google Drive tidak bisa diputar dikarenakan adanya kesahalan dalam konfigurasi web browser atau di Google Drive yang kurang sesuai.

Maka dari itu, pada pembahasan kali ini mimin akan memberikan cara mengatasi video tidak bisa diputar Google Drive. Silahkan untuk langsung saja disimak pembahasannya.

Cara Mengatasi Video Google Drive Tidak Bisa Diputar

Cara Mengatasi Video Google Drive Tidak Bisa Diputar

Seperti yang telah mimin jelaskan sedikit diatas, video Google Drive tidak bisa diputar dapat disebabkan karena adanya kesahalan konfigurasi dari web browser ataupun dari Google Drive itu sendiri.

Namun selain dari permalahan konfigurasi, masalah ini juga bisa disebabkan dikarenakan video yang telah di upload di Google Drive mengalami corrupt atau ukuran dari video tersebut yang terlalu besar.

Berikut ini beberapa cara mengatasi video tidak bisa diputar Google Drive:

1. Restart Web Browser

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan merestart web browser yang saat ini sedang Anda gunakan. Sebab mungkin saja masalah video Google Drive tidak bisa duputar dikarenakan web browser yang Anda gunakan mengalami error.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menutup web browser terlebih dahulu. mimin sarankan untuk menutup browser melalui Task Manager agar browser tertutup secara sempurna.

Setelah itu buka kembali browser lalu buka lagi video di Google Drive yang tidak bisa diputar sebelumnya. Jika video masih tidak bisa diputar, sebaiknya restart juga perangkat yang Anda gunakan.

2. Periksa Koneksi Internet

Berikutnya, Anda juga harus memastikan kalau koneksi internet yang Anda gunakan stabil dan lancar. Untuk memastikan kalau koneksi internet Anda stabil, Anda bisa menggunakan bantuan dari Aplikasi seperti Speedtest.

Jika kecepatan yang didapatkan dari hasil Speedtest tidak bagus, maka Anda sebaiknya mencoba untuk menggunakan koneksi internet lain terlebih dahulu.

Kalau mimin sarankan, kalau sebelumnya Anda menggunakan paket data untuk mengakses Google Drive, sebaiknya gunakan koneksi WiFi yang stabil.

3. Hapus Cache Browser

Cache yang sudah menumpuk pada umumnya dapat membuat browser mengalami beberapa permasalahan. Hal tersebut dikarenakan karena browser juga membutuhkan space untuk dapat menyimpan cache.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menghapus cache yang sudah menumpuk di web browser di PC ataupun browser HP jika video tersebut tidak dapat di putar di Google Drive.

Berikut ini cara hapus cache browser:

  1. Pertama-tama silahkan buka browser terlebih dahulu. Disini mimin memberikan contoh dengan menggunakan browser Google Chrome.
  2. Selanjutnya gunakan shortcut di keyboard dengan menekan CRTL + SHIFT + Del secara bersamaan.
  3. Berikutnya akan muncul pop untuk menghapus history penelusuran Google Chrome.
  4. Silahkan hilangkan centang History penjelajahan, Cookie dan data situs lainnya dan hanya berikan centang ke Gambar dan file dalam cache.
  5. Ubah rentang waktu menjadi Semua lalu klik Hapus data.

4. Putar Video Menggunakan Browser Lain

Terkadang-kadang video Google Drive tidak bisa diputar pada web browser atau hanya pada perangkat tertentu. Sebaiknya coba putar video tersebut dengan menggunakan browser lain.

Misalnya sebelumnya Anda memutar video dengan menggunakan browser Google Chrome, maka sebaiknya coba gunakan browser Mozilla Firefox untuk memutar video tersebut. Jika masih belum bisa diputar, coba gunakan perangkat lain.

Jika sebelumny Anda menggunakan PC atau laptop saat memutar video, maka Anda sebaiknya mencoba menggunakan HP untuk memutar video tersebut.

Baca juga: Mengenal Google Drive dan Cara Penggunaan Google Drive

5. Periksa Izin Mengakses Video

Jika tidak ada sama sekali permasalahan dalam hal konfigurasi browser, maka bisa jadi permalahan tersebut disebabkan oleh perizinan dari akses video. Dimana video Google Drive tersebut masih belum di ubah ke publik.

Untuk mengatasi permalahan izin video tersebut, Anda harus meminta izin dari pemilik video untuk mengubah akes video yang diupload ke publik sehingga Anda dapat memutar video tersebut.

6. Periksa Format Video

Google Drive telah mendukung beberapa format video yang bisa diputar, namun tidak semua dari format video dapat diputar secara lancar.

Sebagai contoh, ketika Anda mengupload video ke Google Drive dengan format TS, maka video tersebut akan sulit untuk diputar di Google Drive.

Sebaiknya pastikan video yang ingin Anda putar dalam format yang telah didukung oleh Google Drive. Jika tidak, ada baiknya untuk mengkonversi video tersebut kedalam format yang sudah support Google Drive.

7. Nonaktifkan Adblock

Beberapa orang sering menggunakan ekstensi Adblock untuk memblokir iklan-iklan yang sering muncul dari sebuah website. Jika Anda menggunakan Adblock, anda bisa menonaktifkannya terlebih dahulu.

Sebab kadang ekstensi yang terpasang di web browser dapat menyebabkan error di beberapa website, tidak terkecuali dengan Google Drive.

Cara menonaktifkannya yaitu Anda bisa membuka video yang tidak bisa diputar tadi lalu klik icon Adblock. Selanjutnya ubah Jeda situs ini ke Selalu. Selanjutnya refresh kembali Google Drive.

8. Gunakan Aplikasi Google Drive

Apabila Anda sebelumnya menggunakan web browser untuk memutar video di Google Drive namun video Google Drive tidak bisa diputar, maka sebaiknya gunakan aplikasi Google Drive.

Aplikasi Google Drive ini bisa Anda temukan di Google Play Store apabila menggunakan Android dan App Store apabila Anda menggunakan iPhone atau iPad.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi Google Drive ini, Anda dapat mengakses video Google Drive tanpa harus repot-repot untuk membuka browser terlebih dahulu.

9. Nonaktifkan VPN

Ketika Anda mendapatkan permasalahan video Google Drive tidak bisa diputar, Ada baiknya untuk mengecek apakah Anda menggunakan VPN atau tidak.

Walaupun VPN memiliki fitur yang berguna untuk menjaga privasi ketika kita mengakses situs diinternet, kadang VPN ini dapat menjadi penyebab kenapa video Google Drive tidak bisa diputar.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda dapat mencoba untuk menonaktifkan koneksi VPN ketika Anda mencoba untuk mengakses video di Google Drive.

10. Menggunakan Mode Samaran

Tips mengatasi video Google Drive tidak bisa diputar yang dapat Anda coba yang terakhir yaitu dengan menggunakan mode samaran atau yang sering disebut Incognito Mode.

Umumnya mode samaran ini digunakan orang untuk mengakses website secara privat sehingga history penelusuran di mode samaran ini tidak muncul di browser utama.

Selain itu mode samaran juga bisa digunakan untuk membuka situs yang sering mengalami error sebelumnya termasuk video Google Drive tidak bisa diputar dengan menggunakan browser utama.

Sebab mungkin saja video tersebut tidak sesuai dengan suatu kebijakan, maka video di Google Drive tersebut hanya dapat diputar dengan menggunakan mode samaran.

Baca juga: Cara Membuat Link Google Drive Untuk di Share

Penutup

Mungkin seperti ini saja beberapa cara mengatasi video Google Drive tidak bisa diputar. Jika dengan mengikuti semua cara diatas masih belum bisa, maka cara terakhir yaitu dengan mendownload video tersebut.

Sebelum mendownload video di Google Drive, sebaiknya scan dulu video tersebut untuk memastikan tidak ada virus dalam file yang akan di download.

Jika video tersebut aman dari virus, Anda bisa memutar video dari Google Drive secara offline dengan catatan Anda sudah mendownload file tersebut sebelumnya.

Apabila Anda masih kebingungan atau ada pertanyaan yang ingin ditanyakan terkait dengan cara-cara diatas, silahkan gunakan kolom komentar yang sudah disediakan untuk berkomentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *