Android

Penyebab dan Cara Mengatasi USB HP Tidak Terbaca di Laptop

USB HP tidak terbaca di laptop? Perihal ini pastinya membuat kita begitu repot. Apalagi jika kita ingin mentransfer file dari HP ke laptop atau sebaliknya dengan menggunakan kabel USB.

Selain memindahkan file, kita juga menggunakan kabel USB untuk bisa menyambungkan personal hotspot dari HP kita ke laptop.

Permasalahan USB HP tidak terbaca di laptop memang sudah teramat sering terjadi. Bahkan masalah ini sudah umum di temukan di banyak HP khususnya Android.

Bagi kalian yang juga tengah mengalami permasalahan ini sebaiknya jangan khawatir. Karena pada pembahasan artikel berikut ini akan kami bahas bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab USB HP Tidak Terbaca di Laptop

Ciri-ciri ketika USB HP tidak terbaca di laptop yaitu pada saat kita menghubungkan USB ke laptop ada arus listrik yang masuk dan pengecasan berjalan, namun tidak ada notifikasi muncul di HP untuk menghubungkan USB.

Secara normalnya, ketika kita menghubungkan USB ke laptop maka akan ada pop notifikasi muncul di layar HP kita yang memberitahu apakah kita ingin melakukan tranfer file atau hanya mengecas.

Penyebab kenapa USB HP tidak terbaca di laptop dapat dikarenakan karena adanya suatu kesalahan pada sistem ataupun karena adanya kerusakan pada USB itu sendiri. Untuk mengeceknya silahkan simak penyebab-penyebab berikut.

  • Kabel USB yang digunakan rusak
  • Port konektor USB di HP rusak
  • Kesalahan pengaturan pada Android
  • Kabel USB yang digunakan belum support transfer file
  • Adanya bug pada sistem Android

Baca juga: Cara Ekstrak File RAR di Android Dengan Mudah

Mengatasi USB HP Tidak Terbaca di Laptop

Cara mengatasi USB HP tidak terbaca ini bisa untuk diterapkan pada semua jenis-jenis merk HP seperti Realme, Poco, Xiaomi dan lain sebagainya. Silahkan disimak cara-cara dibawah ini:

1. Pastikan Kabel USB Sudah Suppport Transfer Data

USB HP Tidak Terbaca di Laptop

Perlu diketahui sebelumnya kalau ada 2 jenis kabel USB pada HP Android. Pertama kabel USB yang sudah support transfer file dan yang kedua yaitu kabel USB yang hanya support untuk mengecas saja.

Jika kalian menggunakan kabel USB yang hanya support mengecas untuk melakukan transfer file ke laptop, maka sudah dipastikan kalau HP kalian tidak akan terbaca dilaptop sama sekali.

Disini yang kami maksud, pada saat kabel tersebut disambungkan ke perangkat laptop atau komputer, maka tidak akan ada notifikasi untuk melakukan transfer di HP Android kalian.

Solusinya yaitu, silahkan ganti dengan kabel USB yang sudah support untuk melakukan transfer data. Biasanya kabel yang sudah support adalah kabel bawaan dari HP Android itu sendiri.

2. Restart HP Android

USB HP Tidak Terbaca di Laptop

Mungkin cara mengatasi USB HP tidak terbaca dengan merestart HP Android ini terdengar cukup sederhana. Tapi cara ini bisa dibilang cukup ampuh loh.

Pasalnya pada saat HP tidak terbaca pada saat disambungkan ke laptop, kemudian HP tersebut direstart, maka ada kemungkinan kalau HP tersebut bisa kembali terbaca.

Restart ini bertujuan untuk mengembalikan HP ke keadaan normal jika memang ada bug pada sistem yang membuat kenapa USB HP tidak terbaca di laptop.

3. Gunakan Port USB Lain

USB HP Tidak Terbaca di Laptop

Cobalah untuk mengganti posisi port USB yang telah tersambung dengan kabel data kalian sebelumnya.

Perihal ini bertujuan untuk mengetahui apakah port USB yang kita gunakan sebelumnya mengalami kerusakan yang menyebabkan kenapa USB HP tidak terbaca di laptop.

Sebaiknya sambungkan langsung kabel USB dari HP Android ke laptop tanpa menggunakan sambungan kabel seperti USB Hub.

Alasannya sendiri karena kebanyak sambungan USB mempunyai daya sangat rendah, sehingga tidak menutup kemungkinan kalau HP Android kalian tidak terbaca.

4. Mengubah Setting USB Android

USB HP Tidak Terbaca di Laptop

Ada beberapa smartphone Android yang menggunakan setting USB ke mode charging secara default. Kondisi ini tentu saja menyebabkan kenapa USB HP tidak terbaca di laptop.

Saat HP Android dalam mode charging, maka akan sama dengan menggunakan kabel USB yang hanya support untuk mengecas saja.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian hanya perlu mengubah settingan dari mode charging ke mode transfer. Berikut caranya:

  1. Hubungkan HP Android ke laptop
  2. Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi charging
  3. Pilih Media Transfer Protocol (MTP)
  4. Tunggu selama beberapa saat
  5. Cek lagi apakah USB sudah terbaca di laptop

Baca juga: Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang HP Android Secara Lengkap

5. Aktifkan USB Debugging

Secara umum USB Debugging ini serupa dengan akses administrator pada smartphone Android dan biasanya digunakan untuk mengubah sistem yang ada di Android.

USB Debugging hanya bisa diaktifkan melalui Opsi developer. Terkadang dengan mengaktifkan USB Debugging, bisa membantu mengatasi masalah USB tidak terbaca di laptop.

Cara mengaktifkan USB debugging cukup mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Sebelum mengaktifkan USB debugging, pastikan kalau Opsi developer di HP Android kalian telah aktif. Jika sudah aktif, silahkan masuk ke menu setting.

USB HP Tidak Terbaca di Laptop

Langkah 2: Didalam halaman setting, silahkan pilih Pengaturan Tambahan, lalu scroll kebawah kemudian pilih Opsi developer atau Developer options.

USB HP Tidak Terbaca di Laptop

Langkah 3: Setelah itu, silahkan geser kebawah lalu aktifkan opsi USB Debugging yang ada di halaman Opsi developer.

USB HP Tidak Terbaca di Laptop

Pengaturan untuk bisa mengaktifkan Opsi developer ada untuk semua merk HP Android. Jadi kalian bisa mengaktifkan mode ini di smartphone kalian.

Penutup

USB HP tidak terbaca di laptop memang dapat membuat kita cukup merasa kebingungan dan bikin kerepotan, apalagi jika keadaan mendesak.

Kita tidak bisa melakukan transfer file-file dari HP ke laptop, sampai dengan tidak bisa melakukan flashing ulang ketika HP Android dalam keadaan bermasalah.

Mimin rasa cara-cara diatas cukup untuk mengatasi permasalahan ini, sebab mimin juga dulunya sering mengalami USB HP tidak terbaca di laptop.

Jika cara-cara diatas belum berhasil, silahkan beritahukan permasalahan yang kalian alami di kolom komentar agar kita bisa berdiskusi bersama-sama.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *