Android

Penyebab dan Cara Mengatasi Unfortunately Measure Has Stopped

Unfortunately Measure Has Stopped, Jika Anda sering kali mengalami popup yang muncul tiba-tiba dengan tulisan yang kurang lebih seperti ini unfortunately measure has stopped atau sayangnya measure telah berhenti.

Pesan ini muncul berulang kali pada android dan tentunya sangat menyebalkan jika kita sedang fokus untuk menulis atau membaca pesan.

Bahkan yang lebih menyakitkan pesan ini muncul saat kita memainkan game dan sedang mendapatkan skor yang cukup tinggi.

Sebelum Tafsiran Media membahas cara untuk mengatasi pesan unfortunately measure has stopped, kita akan mencari tahu terlebih dahulu akar masalah atau penyebab mengapa pesan sayangnya measure telah berhenti ini jadi sering muncul.

Penyebab Unfortunately Measure Has Stopped

Unfortunately Measure Has Stopped adalah pesan kesalahan yang muncul ketika aplikasi pengukur (measure) di perangkat Android Anda mengalami masalah dan berhenti bekerja dengan tiba-tiba.

Error ini bisa terjadi jika Anda baru saja menginstall aplikasi seperti memory booster, System Cleaning dan beberapa aplikasi lain yang melakukan pengecekan secara rutin pada system.

Aplikasi yang di install dengan akses root atau yang di instal dari luar google play juga bisa menyebabkan munculnya popup sayangnya measure telah berhenti.

Oleh karena itu Anda harus bisa mengetahui aplikasi apa saja yang terakhir di install pada handphone sebelum pesan error itu muncul.

Berikut penyebab Unfortunately Measure Has Stopped:

1. Cache dan Data Aplikasi Yang Rusak

Cache dan data aplikasi yang rusak adalah faktor yang sering menjadi penyebab terjadinya pesan kesalahan Unfortunately Measure Has Stopped pada perangkat Android Anda.

Data aplikasi mencakup pengaturan, preferensi, dan riwayat pengguna yang terkait dengan aplikasi tersebut. Namun, terkadang cache dan data ini bisa mengalami kerusakan atau corrupt, yang dapat mengganggu kinerja aplikasi.

2. Konflik Aplikasi

Konflik aplikasi adalah situasi di mana dua atau lebih aplikasi di perangkat Android Anda berinteraksi secara negatif atau mengganggu satu sama lain.

Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk munculnya pesan kesalahan Unfortunately Measure Has Stopped pada perangkat Anda.

3. Memori Penuh

Memori penuh adalah situasi di mana perangkat Android Anda kehabisan ruang penyimpanan internal. Ketika memori internal hampir penuh.

Hal ini tentunya dapat berdampak negatif pada kinerja perangkat dan bisa menjadi salah satu penyebab pesan munculnya sayangnya measure telah berhenti.

Baca juga: Cara Mengunci Aplikasi di iPhone dengan Aman

Mengatasi Unfortunately Measure Has Stopped

Unfortunately Measure Has Stopped adalah masalah umum yang dapat terjadi pada berbagai merek ponsel, termasuk Samsung, Xiaomi, Oppo, dan lainnya.

Pesan kesalahan ini muncul ketika aplikasi pengukuran atau aplikasi terkait lainnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk cara mengatasinya, silahkan simak penjelasan berikut:

1. Menghapus Cache Aplikasi

Cache adalah kumpulan data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat proses dan meminimalkan penggunaan data.

Namun, terkadang cache yang terlalu penuh atau rusak dapat menyebabkan masalah serius yang menyebabkan seringnya muncul pesan error tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pertama-tama silahkan buka menu settings terlebih dahulu.

Langkah 2: Didalam menu settings, scroll kebawah sampai kalian menemukan menu Manajemen Aplikasi.

Unfortunately Measure Has Stopped

Langkah 3: Berikutnya masuk lagi ke menu Daftar aplikasi dan silahkan cari aplikasi yang ketika dibuka muncul pesan Unfortunately Measure Has Stopped.

Unfortunately Measure Has Stopped

Langkah 4: Selanjutnya masuk ke dalam menu Penggunaan penyimpanan kemudian hapus cache aplikasi tersebut.

Unfortunately Measure Has Stopped

2. Restart Smartphone

Restart adalah tindakan sederhana yang seringkali dapat membantu mengatasi berbagai masalah teknis pada ponsel, termasuk pesan kesalahan Unfortunately Measure Has Stopped.

Restart ponsel adalah tindakan yang sederhana tetapi seringkali efektif untuk mengatasi masalah sementara pada ponsel Anda.

Ini membantu membersihkan memori sementara dan menghentikan proses yang mungkin menyebabkan masalah pada perangkat.

3. Melalui Safe Mode

Jika Anda bisa mengingat beberapa aplikasi terakhir yang di install sebelum pesan sayangnya measure telah berhenti muncul, anda bisa masuk ke safe mode hp android dengan cara:

  1. Matikan hp lalu tekan dan tahan tombol power sampai muncul menu safe mode
  2. Matikan hp lalu nyalakan lagi, saat hp menampilkan bootscreen merk hp tekan dan tahan tombol volume
  3. Jika sudah masuk ke safe mode segera masuk ke menu setting dan hapus aplikasi yang sekiranya menyebabkan Unfortunately Measure Has Stopped.

Cara ini kemungkinan besar bisa berhasil 90% karena ada beberapa aplikasi yang cukup bandel dan tidak mempan di tendang dari safe mode, sehingga jalan satu satunya yang dapat kalian ambil adalah melakukan factory reset.

Tetapi sebelumnya, terlebih dahulu Anda harus melakukan backup data-data penting yang ada pada handphone android sebelum melakukan factory reset.

Namun jika problem measure telah berhenti masih tetap muncul setelah melakukan factory reset, Anda bisa melakukan flash rom yaitu mengganti rom yang ada dengan rom bawaan pabrik atau rom modifan yang dibuat oleh pihak ketiga.

Penutup

Jadi begitulah penyebab dan cara mengatasi Unfortunately Measure Has Stopped yang bisa kalian coba praktekkan sendiri.

Jadi, ingatlah bahwa ketika kalian menghadapi masalah ini, kaliantidak perlu panik. Cobalah untuk langkah-langkah yang telah kami sebutkan di atas satu per satu.

Cara melakukan flash ROM ke handphone tidak mudah, Anda harus mempunyai cukup pengetahuan tentang ROM android dan paham resiko yang ditimbulkan.

Jadi mimin menyarankan kalian untuk menyerahkan proses flash ROM pada teman atau teknisi yang sudah berpengalaman.

Terakhir, perlu diingat bahwa kesalahan teknis pada perangkat Android adalah hal umum, dan permasalahan tersebut pastinya dapat diatasi.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *