Laptop

Penyebab dan Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Touchpad laptop tidak berfungsi memanglah membuat sebagian orang-orang yang menggunakan laptop menjadi sangat kebingungan, sebab touchpad laptop yang sebelumnya dalam keadaan baik-baik saja mendadak menjadi tidak berfungsi.

Adanya touchpad pada laptop tentu saja memberikan banyak sekali manfaat kepada para pengguna dalam menggunakan laptop tanpa adanya mouse eksternal yang digunakan.

Dalam suatu kondisi tertentu, touchpad laptop tidak berfungsi ini sering kali terjadi pada beberapa orang dan tentunya hal tersebut menjadi sangat menyebalkan dikala kita sedang mengerjakan pekerjaan atau tugas sekolah.

Touchpad laptop tidak berfungsi bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya yaitu pada driver touchpad itu sendiri. Untuk penjabaran secara lengkapnya, silahkan simak artikel berikut.

Penyebab Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Ada beberapa faktor-faktor yang menyebabkan kenapa touchpad laptop tidak berfungsi dengan normal. Permasalahan ini dapat disebabkan oleh komponen dalam laptop yang bermasalah.

Akan tetapi tidak semua permasalahan tersebut disebabkan oleh komponen, mungkin saja permasalahan pada touchpad laptop dapat disebabkan oleh hal-hal lain seperti driver atau lain sebagainya.

Untuk mengetahui penyebab-penyebab lainnya, silahkan disimak faktor-faktor dibawah ini.

Berikut ini penyebab touchpad laptop tidak berfungsi:

  • Kabel touchpad longgar
  • Driver touchpad tidak terupdate
  • Touchpad dalam mode disable
  • Sistem file bermasalah
  • Mode tablet dalam keadaan aktif

Penyebab yang mimin sebutkan diatas adalah penyebab yang sering terjadi pada kebanyakan model laptop. Namun masih banyak lagi penyebab lainnya yang mengakibatkan permasalahan tersebut.

Baca juga: Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Sharing di Windows 11

Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi secara normal. Salah satunya yaitu dengan mengupdate driver touchpad pada laptop kalian.

Nah, driver sendiri berfungsi untuk membuat hardware yang ada pada perangkat kita dapat berfungsi secara optimal. Untuk pembahasan lengkap nya silahkan simak beberapa tips dibawah ini:

1. Aktifkan Touchpad

Terkadang beberapa pengguna laptop sering kali lupa untuk mengaktifkan touchpad pada laptop mereka, baik hal tersebut dilakukan secara disengaja ataupun tidak disengaja.

Terdapat 2 cara yang bisa kalian lakukan untuk mengaktifkan touchpad di laptop kalian. Kalian bisa mengaktifkan nya melalui shortcut pada keyboard sesuai dengan merk laptop ataupun melalui setting pada windows yang kalian gunakan.

Menggunakan keyboard

Setiap merk laptop mempunyai shortcut keyboard yang berbeda-beda. Namun kali ini mimin akan memberikan shortcut keyboard dari laptop yang kebanyakan digunakan oleh orang-orang.

Berikut ini beberapa shortcut keyboard untuk mengaktifkan touchpad laptop dari beberapa merk laptop :

  • Asus : Fn + F7
  • Acer : Fn + F7
  • Lenovo : Fn + F6
  • HP : Fn + F6
  • MSI : Fn + F3

Itulah beberapa shortcuy keyboard untuk mengaktifkan touchpad dari beberapa merk laptop yang banyak digunakan oleh kebanyakan orang.

Menggunakan Windows Setting

Menggunakan Windows setting bisa menjadi opsi terbaik apabila tidak ada shortcut keyboard pada laptop kalian. Caranya juga cukup mudah untuk dilakukan, berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah 1: Pertama silahkan masuk ke pencarian lalu ketikkan setting pada pencarian atau bisa juga dengan menggunakan perintah Win + I.

Langkah 2: Dalam menu Windows settings sikahkan klik Devices lalu klik Touchpad dimenu sebelah kiri kemudian nyalakan menjadi ON.

Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

2. Mengupdate Driver Touchpad

Driver touchpad yang tidak terupdate atau masih menggunakan versi lama juga dapat mempengaruhi touchpad laptop kalian. Cara update driver touchpad sangatlah mudah, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Langkah 1: Ketikkan Device Manager di kolom pencarian Windows kalian.

Langkah 2: Pada menu device manager kalian akan melihat beberapa driver yang ada pada laptop kalian, silahkan pilih Mice and other pointing devices lalu klik kanan kemudian pilih update driver.

Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Langkah 3: Setelah itu akan muncul jendela baru dimana kalian bisa mengupdate driver touchpad secara menual ataupun secara otomatis.

Sebaiknya gunakan cara otomatis tersebut agar Windows dapat menentukan driver mana yang terbaik sesuai dengan laptop yang kalian gunakan.

Silahkan pilih Search automatically for drivers lalu tunggu beberapa saat. Setelah driver berhasil terupdate sebaiknya lakukan restart pada laptop kalian.

Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

3. Nonaktifkan Mode Tablet

Mode tablet yaitu fitur opsional yang ada pada windows untuk menjalankan laptop yang sudah menggunakan layar sentuh atau touchscreen.

Apabila mode tablet ini dalam keadaan aktif, maka secara otomatis touchpad laptop tidak berfungsi sebab laptop telah dialihkan ke mode tablet atau layar sentuh. Berikut ini cara untuk menonatifkan mode tablet.

Langkah 1: Silahkan akses menu setting pada windows, bisa menggunakan pencarian Windows atau bisa juga dengan menggunakan shortcut Win + I.

Langkah 2: Pada menu setting silahkan pilih System dan setelah itu akan muncul beberapa menu baru disebelah kiri, silahkan pilih Tablet.

Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Langkah 3: Didalam menu tablet silah pilih Change additional tablet settings, lalu dalam jendela baru tersebut silahkan nonaktifkan mode tablet apabila dalam keadaan aktif.

Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

4. Membawa Ketempat Service

Terdapat kemungkinan bahwa touchpad laptop tidak berfungsi ini dapat diakibatkan oleh kerusakan komponen yang dialami pada laptop kalian.

Hal ini sering kali terjadi pada saat laptop sudah dibilang cukup lama ataupun dapat disebabkan seperti terkena air ataupun tertekan benda berat lainnya.

Tidak hanya permasalahan itu saja, kabel touchpad yang longgar atau tidak terpasang dengan baik juga dapat menjadi alasan utama kenapa touchpad laptop tidak berfungsi.

Jika memang permasalahan tersebut disebabkan oleh kabel touchpad yang tidak terpasang dengan baik, maka permasalahan tersebut dapat kalian kalian lakukan sendiri dengan mengikuti tutorial melalui video ataupun artikel.

Namun apabila permasalahan tersebut disebabkan oleh komponen laptop yang mengalami kerusakan, maka sebaiknya kalian mengunjungi tempat service laptop agar dapat ditangani oleh ahlinya.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi. Dengan mengikuti tutorial yang diberikan diatas, semoga laptop kalian bisa normal kembali.

Semoga artikel yang mimin tulis ini bisa bermanfaat serta berguna bagi para pembaca. Apabila ada pertanyaan yang ingin disampaikan, silahkan gunakan kolom komentar untuk berkomentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *