Matematika

Tali Busur Lingkaran Adalah: Pengertian, Gambar & Rumus

Tali busur – Pada materi kali ini akan membahas tentang tali busur lingkaran adalah dan juga dilengkapi dengan contoh gambar tali busur lingkaran serta rumus tali busur lingkaran.

Berikut ini pembahasan mengenai tali busur lingkaran dibawah ini.

Tali Busur Adalah

Apa yang dimaksud tali busur? Tali busur lingkaran adalah konsep penting dalam geometri yang mengacu pada garis lurus yang menghubungkan dua titik pada tepi lingkaran.

Ini terbentuk ketika kita menghubungkan dua titik pada lingkaran dengan garis lurus, membentuk lengkungan yang dikenal sebagai busur.

Panjang dari tali busur ini, yang disebut juga sebagai panjang busur, dapat dihitung menggunakan rumus s = r × θ, di mana s adalah panjang busur, r adalah panjang jari-jari lingkaran, dan θ adalah besarnya sudut dalam radian di pusat lingkaran yang dibentuk oleh tali busur.

Konsep tali busur lingkaran memiliki banyak aplikasi dalam berbagai bidang, seperti matematika, fisika, rekayasa, dan komputasi. Dalam matematika, tali busur sering digunakan dalam perhitungan geometri, trigonometri, dan analisis.

Dalam fisika, pemahaman tentang tali busur diperlukan dalam konteks gerakan melingkar dan rotasi. Dalam rekayasa, konsep tali busur diterapkan dalam desain objek seperti roda dan silinder.

Bahkan dalam komputasi, algoritma untuk merender atau menggambar lingkaran pada layar komputer menggunakan prinsip-prinsip yang melibatkan tali busur lingkaran.

Gambar Tali Busur

Pengertian tali busur lingkaran telah dijelaskan diatas. Agar lebih familiar dengan materi tali busur lingkaran, selanjutnya akan diberikan contoh gambar tali busur lingkaran.

Berikut ini gambar tali busur lingkaran.

Tali Busur Lingkaran Adalah
Gambar Tali Busur Lingkaran

Rumus Tali Busur

Untuk dapat menemukan panjang dari sebuah lingkaran, maka dapat diketahui dengan menghitungnya menggunakan rumus untuk mengetahui panjang dari lingkaran tersebut.

Berikut ini adalah rumus panjang tali busur lingkaran.

Rumus Tali Busur Lingkaran = (2 × r) × sin (θ/2)

Dimana:

r= jari jari lingkaran

d= panjang apotema lingkaran

θ= besar sudut tali busur

Atau bisa juga dengan menggunakan

Rumus Tali Busur Lingkaran = 2 × (√r² – d²)

Akhir Kata

Pembahasan mengenai apa itu tali busur yang meliputi gambar tali busur dan rumus tali busur lingkaran telah dibahas secara lengkap diatas.

Semoga apa yang dibahas ini dapat menambah wawasan dan memberikan manfaat untuk pembaca. Jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan, silahkan berkomentar di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Abdul Tora

Tora suka menulis tentang segala hal tentang pendidikan dan berharap dapat menambah makna pada apa yang dibaca orang. Dia adalah seorang expert dalam bidang Matematika dan Bahasa Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *