Android

Mengenal Apa itu Split Screen Samsung dan Cara Mengaktifkan

Split screen Samsung adalah sebuah fitur yang dimiliki oleh Smartphone Samsung. Samsung ialah salah satu industri yang jadi pelopor fitur split screen yang dihadirkan pada suatu smartphone.

Penggunaan layar split atau layar terbagi menjadi salah satu fitur yang semakin populer di kalangan pengguna smartphone Samsung.

Saat sebelum smartphone Android pada rata-rata dapat melakukan multitasking split screen, Samsung Galaxy Note 2 generasi pertama.

Rata-rata smartphone Samsung kelas entry sudah bisa melakukan fitur split screen pada bermacam-macam aplikasi yang didukung oleh split screen Samsung.

Apa itu Split Screen Samsung

Samsung Split Screen adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menjalankan dua aplikasi atau lebih secara bersamaan pada layar ponsel Samsung Anda.

Dengan ini, Anda dapat dengan mudah melakukan beberapa tugas sekaligus tanpa harus beralih antara aplikasi. Ini sangat berguna saat Anda ingin menonton video YouTube sambil menjawab pesan teks atau mengakses email Anda.

Akan tetapi Google juga telah memperkenalkan fitur multitasking split screen pada sistem operasi Android 7 Nougat agar fitur ini juga bisa dinikmati oleh lebih banyak pengguna smartphone Android dan tetap ada hingga saat ini.

Sementara itu, cara untuk melakukan split screen Samsung pun sudah berubah seiring perkembangan sistem operasi serta tampilan antarmukanya dari masa ke masa.

Maka dari itu, Tafsiran akan membagikan tutorial mengenai cara melakukan split screen Samsung. Berikut ini cara melakukan split screen Samsung.

Baca juga: Cara Install GCAM Redmi Note 8

Cara Mengaktifkan Split Screen Samsung

Split Screen Samsung

Split screen memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan ukuran layar yang digunakan oleh masing-masing aplikasi dengan menggeser garis pembatas di antara mereka.

Hal ini tentu saja Ini memungkinkan Anda untuk dapat memberikan prioritas lebih pada salah satu aplikasi jika memang diperlukan.

Bagi Anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan split screen Samsung, silahkan simak langkah-langkah dibawah.

Berikut cara mengaktifkan split screen Samsung:

  1. Pertama, Kalian dapat mengaktifkan beberapa aplikasi-aplikasi yang akan kalian gunakan untuk melakukan Split Screen
  2. Setelah aplikasi telah terbuka, selanjutnya kalian dapat menekan tombol Recent di bagian bawah layar dengan ikon 3 garis.
  3. Setelah itu, maka akan muncul pop up Recent Apps atau aplikasi yang sudah kalian buka tadi.
  4. Selanjutnya, Kalian tekan ikon aplikasi yang ingin Kalian pilih.
  5. Setelah ikon aplikasi ditekan, maka akan muncul beberapa pilihan menu dan Kalian dapat memilih opsi Open in Split Screen View
  6. Selanjutnya layar akan terbagi menjadi dua dan Kalian akan disuruh untuk memilih aplikasi lain yang akan masuk ke dalam mode Split Screen Samsung.
  7. Done.

Berkat hadirnya fitur Split Screen ini, kalian bisa menjalankan 2 aplikasi sekaligus dalam satu layar. Dengan kata lain, kalian dapat melaksanakan aktivitas secara multitasking dengan lebih gampang.

Baca Juga : Review Samsung Galaxy E7 Harga dan Spesifikasi Terbaru 5.5 Inchi

Misalnya saja, Split Screen membolehkan kalian mencari bahan di internet pada aplikasi browser sekalian mengetik suatu postingan pada aplikasi editor dokumen WPS secara bersamaan tanpa mesti berpindah-pindah aplikasi.

Tetapi sebagai catatan, tidak seluruh aplikasi yang tersedia di Google Play Store telah mendukung fitur split screen Samsung ini.

Bila suatu aplikasi tidak support fitur Split Screen, sehingga nantinya tidak bakal muncul menu Open in Split Screen View buat Kalian pilih. fitur ini lumayan bermanfaat pada saat mesti membuat dokumen, tugas sekolah di smartphone Android.

Sebenarnya fitur Split Screen ini tidak cuma dipunyai oleh smartphone Samsung saja melainkan juga telah bisa dinikmati oleh smartphone Android versi 7 Nougat ke atas dengan cara yang juga berbeda-beda.

Baca juga: Cara Pasang TWRP Redmi Note 3 Pro

Akhir Kata

Penggunaan split screen pada perangkat Samsung adalah cara yang efisien untuk meningkatkan produktivitas dan pengalaman multitasking Anda.

Dengan mengikuti panduan sederhana di atas, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan dan menggunakan fitur yang sangat berguna ini.

Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran layar sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan fitur ini, Anda dapat menjalankan aplikasi secara bersamaan tanpa kesulitan.

Demikian artikel dari Tafsiran mengenai Cara mengaktifkan split screen Samsung. Semoga artikel yang kami bagikan ini berguna serta bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *