Windows

Begini Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Sharing di Windows 11

Printer tidak bisa sharing di windows 11 memang membuat sebagian orang merasa kebingungan, apalagi jika kita ingin mencetak suatu dokumen akan tetapi printer tersebut tidak bisa disharing.

Saat menggunakan sistem operasi Windows 11, seringkali kita ingin berbagi printer dengan perangkat lain yang berada pada satu jaringan yang sama.

Salah satu fitur yang ada pada Windows 11 yaitu sharing printer dimana kita dapat menggunakan printer dalam komputer/laptop yang berbeda namun memiliki jaringan yang sama.

Akan tetapi apabila kalian menggunakan sharing printer dari perangkat yang telah di upgrade ke Windows 11, kalian mungkin sering sekali mengalami masalah printer tidak bisa sharing di Windows 11.

Sharing printer sendiri sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas karena memungkin kita untuk menggunakan printer yang sama dengan perangkat yang berbeda.

Penyebab Printer Tidak Bisa Sharing di Windows 11

Terdapat beberapa penyebab yang menyebabkan kenapa tidak bisa sharing printer di Windows 11. Faktor tersebut dalam disebabkan oleh beberapa hal-hal penting.

Berikut ini penyebab printer tidak bisa sharing di Windows 11 :

  • Driver tidak terupdate
  • Printer sharing tidak diaktifkan
  • Firewall memblokir sharing srinter
  • Adanya kerusakan pada printer

Dari beberapa penyebab yang disebutkan diatas, penyebab yang paling umum terjadi adalah karena firewall yang memblokir sharing printer tersebut. Untuk cara mengatasinya, silahkan simak penjelasan berikut.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek ke Proyektor

Mengatasi Printer Tidak Bisa Sharing di Windows 11

Beberapa pengguna pasti pernah mengalami permasalahan dengan menggunakan fitur sharing printer terkhususnya bagi pengguna yang menggunakan sistem operasi Windows 11.

Untuk mengatasi permasalahan ini, ada beberapa langkah-langkah yang bisa kalian lakukan, berikut ini beberapa solusi yang bisa membantu mengatasi printer tidak bisa sharing di Windows 11.

1. Mengecek Driver Printer

Printer yang tidak bisa disharing dapat disebabkan oleh driver printer yang tidak terupdate, sebab driver sendiri memiliki peran yang sangat penting agar printer dapat terbaca di perangkat kalian.

Begitu juga dengan driver yang tidak terupdate dapat menyebabkan printer tidak bisa di sharing. Permasalahan printer tidak bisa di sharing tidak hanya berlaku di windows 11 saja, akan tetapi bisa juga dapat dialami oleh pengguna Windows 10.

Oleh karena itu, sebaiknya kalian memeriksa terlebih dahulu apakah driver printer yang terinstall di perangkat kalian sudah terupdate ke versi terbaru atau tidak. Berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah 1: Pertama silahkan ketikkan Device Manager di kolom pencarian windows 11 kalian. Selanjutnya klik Device Manager yang muncul pada bagian atas pencarian.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Sharing di Windows 11

Langkah 2: Didalam menu Device Manager silahkan cari tipe printer yang kalian gunakan lalu klik kanan dan pilih Update Driver.

Selanjutnya klik pada tulisan Search automatically for drivers, maka secara otomatis Windows akan mencarikan dan menginstall driver yang sesuai untuk printer kalian.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Sharing di Windows 11

2. Mengaktifkan Printer Sharing

Fitur printer sharing hanya dapat aktif apabila printer sharing sudah dalam keadaan aktif di Windows 11. Fitur inilah yang membuat kita dapat mencetak dokumen pada laptop/komputer yang berbeda dalam jaringan yang sama.

Apabila laptop kalian menggunakan Windows 11 namun tidak bisa terhubung ke printer, maka hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mengaktifkan fitur Printer Sharing dan Network Discovery. Berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah 1: Silahkan masuk ke menu pengaturan di Windows 11 atau bisa juga menggunakan shortcut dengan menekan tombol Win + I pada keyboard lalu pilih menu Network & Internet.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Sharing di Windows 11

Langkah 2: Masih dalam menu Network & Internet, silahkan scroll ke bawah dan klik Advanced Network Setting.

Selanjutnya akan muncul jendela baru, silahkan klik pada Advanced sharing settings lalu pada menu public networks, silahkan aktifkan Network discovery dan File and printer sharing.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Sharing di Windows 11

3. Whitelist Printer Sharing di Windows Firewall

Windows firewall adalah fitur proteksi yang ada pada Windows untuk mencegah adanya koneksi keluar masuk yang tidak diinginkan.

Firewall juga dapat menyebabkan kenapa printer tidak bisa sharing di Windows 11, sebab firewall menghalangi kita untuk membagi koneksi ke perangkat lain.

Lantas bagaimana cara untuk melakukan whitelist printer sharing pada firewall Windows? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini bawah ini.

Langkah 1: Silahkan ketikkan Firewall di kolom pencarian Windows Search kalian. Selanjutnya klik pada tulisan Allow an app through Windows Firewall.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Sharing di Windows 11

Langkah 2: Pada menu Firewall silahkan klik pada tulisan Change Settings yang ada pada pojok kanan atas.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Sharing di Windows 11

Langkah 3: Masih pada menu yang sama, silahkan scroll kebawah sampai kalian menemukan tulisan File and Printer Sharing.

Selanjutnya silahkan berikan tanda centang dan pada bagian kanan berikan juga tanda centang pada bagian Public dan Private di bagian sebelah kanan lalu klik OK.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Sharing di Windows 11

4. Gunakan Troubleshooter Bawaan Windows

Windows 11 dilengkapi dengan alat Troubleshooter bawaan yang dapat membantu kalian mengidentifikasi dan memperbaiki masalah hardware dan software, termasuk printer.

Alat ini dirancang untuk memberikan solusi cepat dan otomatis untuk masalah umum yang mungkin kalian hadapi saat mencoba sharing printer di Windows 11.

Untuk cara menggunakan Troubleshooter, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Silahkan masuk ke pengaturan windows 11 dengan menekan shortcut Win + I.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Sharing di Windows 11

Langkah 2: Didalam halaman Windows settings silahkan ketikkan dan pilih Troubleshoot setting lalu kemudian pilih Other troubleshooters.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Sharing di Windows 11

Langkah 3: Selanjutnya silahkan scroll sampai kalian menemukan printer lalu kemudian klik Run untuk menjalankan Troubleshoot dan tunggu selama beberapa saat.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Sharing di Windows 11

Penutup

Seperti itulah langkah-langkah yang bisa kami berikan dan bisa kalian ikuti untuk mengatasi permasalahan printer tidak bisa sharing di Windows 11.

Dengan mengikuti beberapa tutorial diatas, semoga saja kalian bisa mengatasi masalah printer tidak bisa sharing di Windows 11.

Apabila ada pertanyaan, pesan, dan kritik yang ingin disampaikan, silahkan jangan sungkan untuk berkomentar di kolom komentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *