Internet

Perbedaan VPS, Shared Hosting dan Dedicated Server

VPS, shared Hosting dan dedicated server, apa saja sih perbedaan dari ketiga hosting yang telah disebutkan tersebut? Mungkin bagi Anda yang baru memulai sebuah website pasti akan bertanya-tanya pada saat akan membeli sebuah hosting untuk website yang akan Anda bangun. Ataupun mana yang jauh lebih baik diantara ketiga pilihan hosting tersebut?

Tapi sebelum itu mari kita mengenal dulu apa itu yang dimaksud dengan website serta manfaat dari website.

Website merupakan sekumpulan halaman yang berisi berbagai macam informasi tertentu dan bisa diakses dengan mudah oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun melalui internet.

Website sendiri mempunyai banyak sekali manfaat di kehidupan kita. Anda bisa mengakses sosial media melalui website. Berbelanja online juga dapat diakses melalui website. Bahkan ketika Anda memerlukan sebuah informasi penting, Anda juga dapat mengaksesnya melalui website.

Tapi sebelum Anda memulai sebuah website pastinya Anda memerlukan hosting agar website yang Anda bangun dapat berjalan dan dapat diakses secara online.

Hosting sendiri terdiri dari 3 yaitu Virtual Private Server, Shared Hosting dan Dedicated Server. Nah, buat kalian yang masih belum mengetahui apa saja yang membedakan ke tiga hosting tersebut.

Apa itu VPS

Apa itu VPS

 

VPS (Virtual Private Server) adalah jenis web hosting yang sering digunakan buat mengakomodasi pembuatan website.

Sesuai dengan namanya, Virtual Private Server sendiri berada diposisi atas dari Shared Hosting ataupun hosting lainya yang biasa digunakan secara bersamaan.

Virtual Private Server sangat erat kaitannya dengan virtualization technology yang dimana satu physical server bakal diganti menjadi beberapa virtual machines ataupun virtual system, sehingga sistem tersebut bisa menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang berbeda.

Virtual Private Server adalah server yang bersifat virtual. Dalam virtualisasi, server memakai teknologi virtual dengan hardware server fisik yang bakal dipisah pisah menjadi beberapa sumber resource yang berbeda.

Teknologi virtual ini yang menjadikan satu buah server fisik dapat memiliki beberapa virtual server yang dijalankan.

Secara umum, pemilik suatu web menyewa Virtual Private Server dikarenakan jumlah traffic pada website yang sangat besar, dan sudah tidak dapat ditangani pada shared hosting ataupun jenis yang lain.

Perbedaan VPS dan Dedicated Server yaitu, Virtual Private Server sangat cocok bagi Anda yang menjalankan website seperti Toko Online, Developer Game, sampai perusahaan yang membutuhkan server dengan kapasitas besar.

Baca juga: Mengenal Apa itu React JS dan Fiturnya

Apa itu Shared Hosting

Apa itu Shared Hosting

 

Shared Hosting merupakan sebuah web server yang dimana sebuah akun hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama dan saling berbagi resource dengan pengguna lainnya.

Maka dari itu, performa dari suatu website sangat bergantung pada pengguna Shared Hosting lainnya yang berada didalam satu server yang sama.

Pada saat pengguna Shared Hosting lain menggunakan terlalu banyak resource maka performa dari website Anda akan jauh menurun.

Biaya menyewa Shared Hosting paling murah apabila dibandingkan dengan hosting lainnya. Akan tetapi, kapasitas bandwidth dari Shared Hosting terbatas.

Apabila traffic dari website sudah mulai ramai dan meningkat, loading dari website akan melambat. Faktor ini juga dapat memengaruhi kecepatan performa dari pengguna lain yang berbagi resource di server yang sama dengan Anda.

Seperti yang kami sebutkan perbedaan dari dari VPS shared hosting, Shared Hosting ini biasa digunakan oleh orang-orang yang baru ingin memulai suatu website yang sifatnya tidak memerlukan terlalu banyak resource seperti Blog, Landing Page, dan Website Portofolio.

Apa itu Dedicated server

Apa itu Dedicated Server

 

Dedicated adalah server yang didedikasikan hanya untuk satu akun hosting. Secara umum, pemilik server Dedicated ini mempunyai sebuah website dengan traffic yang sangat tinggi ataupun memiliki data penting dalam jumlah yang besar.

Dedicated Server akan menjadi pilihan Anda ketika bisnis atau situs Anda berkembang dengan sangat baik. traffic visitor dari website bisnis Anda yang semakin bertambah setiap harinya akan menuntut resource lebih dari server yang digunakan.

Dedicated server memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan hosting lainya, yang dimana Anda dapat memiliki akses penuh atas pengelolaan dari Dedicated Server. Anda dapat memilih sendiri sistem operasi, hardware, dan lain sebagainya.

Cara kerja dari Dedicated adalah mirip dengan hosting, akan tetapi Dedicated Server mempunyai kapasitas resource yang lebih besar dengan bandwidth yang tentunya lebih luas yang bertujuan agar website Anda tidak overload.

Penutup

Dari artikel yang kami jelaskan di atas mengenai Perbedaan VPS, Shared Hosting dan Dedicated server. Untuk perbedaan VPS dan Dedicated Server yang paling penting adalah soal harga, spesifikasi dan penggunaan.

Jika dapat kami simpulkan untuk website skala menengah keatas akan lebih cocok untuk menggunakan VPS, selain harganya terjangkau performanya juga sudah tidak diragukan lagi untuk menangani traffic website dengan skala besar.

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan Virtual Private Server sebagai hosting untuk website bisnis atau perusahaan Anda? Tenang saja. Anda bisa Mendapatkan layanan VPS yang harganya terjangkau serta performa terbaik di banyak perusahaan hosting Indonesia.

VPS yang ditawarkan tersebut memiliki beberapa kelebihan, selain harganya yang jauh lebih terjangkau dari penyedia lain, VPS Indonesia juga mempunyai fitur yang lengkap, dan tentu saja VPS Indonesia mempunyai performa server lebih lancar dan stabil.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *