Laptop

7 Penyebab Laptop Lemot Secara Tiba-tiba

Penyebab laptop lemot secara tiba-tiba mungkin adakalanya saat anda browsing di Internet dengan menggunakan komputer atau laptop anda sering mengalami koneksi yang lambat atau sangat lemot ketika digunakan untuk browsing di Internet.

Namun jika anda mengetahui penyebab laptop lemot mengapa koneksi tersebut sangat lambat tentunya anda akan dapat mengatasinya.

Umumnya banyak faktor yang menyebabkan mengapa laptop Anda menjadi lemot secara tiba-tiba sangat lambat seperti sinyal lemah atau dapat juga difaktori karena hard disk di perangkat anda penuh.

Mengetahu faktor penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya tentu akan sangat membantu anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulas beberapa faktor yang menyebabkan laptop menjadi lemot. jika anda penasaran, anda dapat menyimak baik-baik ulasan kami berikut ini penyebab laptop lemot.

Penyebab Laptop Lemot

Penyebab Laptop Lemot

1. Hard Disk Penuh

Hal yang mendasari komputer atau laptop sangat lah beragam dan Faktor hard disk penuh juga merupakan salah satu faktor penyebab laptop lemot, oleh karena itu sebelum anda melakukan koneksi di internet ada baiknya jika anda terlebih dahulu memeriksa apakah hard disk anda penuh.

2. Full Sistem Registry

faktor yang kedua ialah terlalu banyak program-program baru yang anda install, dalam perangkat komputer jika terlalu banyak program yang di install tentunya hal tersebut juga akan menjadi penyebab laptop lemot.

Nah ada baiknya sebelum anda melakukan browsing di internet ada baiknya jika anda memeriksa file-file yang telah diinstall dan menghapus file-file yang tidak berguna di dalam perangkat laptop anda

Baca Juga : Cara Melihat Password WiFi di Laptop Dengan Mudah

3. Anti Virus

sangat jelas sekali program anti virus merupakan faktor yang paling besar yang telah menjadi penyebab kenapa laptop lemot.

Oleh karena itu hal yang terbaik yang bisa anda lakukan ialah dengan cara mencoba menyesuaikan Program Anti Virus tersebut dengan spesifikasi di perangkat komputer anda, baik itu processor, memory ataupun perangkat lain

4. Malware atau Spy Ware

Kehadiran Malware atau Spy ware merupakan momok yang menakutkan bagi pengguna komputer pada umumnya, sebab selain dapat merusak komputer anda, program jahat tersebut biasanya tidak terdeteksi oleh anti virus.

Hal ini tentunya dapat menggangu koneksi internet dan juga menjadi penyebab laptop lemot saat pengguna browsing dengan menggunakan komputer mereka.

Langkah yang terbaik untuk mengatasi hal ini ialah dengan cara menginstall program anti virus yang terbaik yang dapat mendeteksi kedatangan virus malware ataupun spyware.

Baca Juga : Ciri-ciri dan Penyebab Baterai Laptop Bocor

5. File temp. yang terlalu besar.

Ketika pengguna mengakses internet melalui perangkat komputer, maka secara otomatis komputer tersebut menyimpan data ke dalam folder temp.

Saat folder temp penuh, maka pada gilirannya hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja pada perangkat Anda, oleh karena itu jika folder temp anda penuh, anda dapat membersihkan file tersebut dengan Ccleaner.

6. Terlalu Banyak Program yang Berjalan

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada laptop Anda dapat menjadi salah satu penyebab utama mengapa laptop menjadi lambat secara tiba-tiba.

Ketika banyak aplikasi berjalan di latar belakang, laptop harus membagi sumber daya seperti RAM (Random Access Memory) dan CPU (Central Processing Unit) antara aplikasi-aplikasi tersebut.

Ini dapat mengakibatkan persaingan untuk sumber daya yang terbatas dan menyebabkan kinerja yang buruk pada laptop Anda.

7. Kerusakan pada komponen komputer

Faktor yang terakhir yang menjadi penyebab laptop lemot ialah terdapat kerusakan pada komponen-komponen di perangkat komputer anda, baik itu hard disk, processor, dan juga komponen yang lain.

Langkah terbaik yang dapat anda lakukan ialah dengan cara memperbaiki komponen tersebut atau bisa juga dengan cara mengganti komponen tersebut dengan komponen yang baru.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan dari Tafsiran mengenai penyebab laptop lemot dan Cara Mengatasinya, semoga dengan ulasan kami yang singkat ini dapat membantu anda mengatasi koneksi yang lambat pada perangkat komputer anda, semoga bermanfaat.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *