iOS

Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Gagal Update IOS

Mengatasi iPhone gagal update IOS tidaklah sulit untuk dilakukan sebab permasahan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi misalnya tidak kompitabel nya perangkat iPhone dengan IOS yang akan diupdate.

Memperbaruhi IOS sendiri dapat membuat kalian mendapatkan keuntungan. Dimulai dengan hadirnya fitur-fitur terbaru yang menarik dan lain sebagainya.

Pembaruan update tersebut tentu saja berlaku untuk semua sistem operasi, tak terkecuali juga dengan sistem operasi IOS yang ada di iPhone.

Mengupdate IOS pada iPhone adalah bagian penting dari menjaga perangkat iOS kita tetap aman, cepat, dan kompatibel dengan aplikasi terbaru.

Namun pada saat mengupdate IOS, tidak sedikit orang yang mengalami kegagalan di tengah-tengah proses updatetan tersebut, sehingga penginstalan update tidak berhasil.

Buat kalian yang juga tengah mengalami masalah ini, sebaiknya tidak usah terlalu khawatir. Karena disini Tafsiran.com akan membahas penyebab dan cara mengatasi IPhone gagal update IOS.

Penyebab iPhone Gagal update IOS

Masing-masing iPhone mulai dari keluaran lama sampai terbaru biasanya memiliki penyebab yang berbeda-beda perihal gagal update IOS, sehingga cara untuk bisa mengatasinya juga bebeda.

Adapun beberapa faktor-faktor yang menyebabkan kenapa iPhone gagal update IOS sebagai berikut :

1. Koneksi Internet tidak Stabil

Salah satu penyebab utama kenapa iPhone gagal update IOS yaitu dikarenakan koneksi internet yang digunakan selama proses update tidak stabil.

Proses update IOS memerlukan koneksi yang cepat dan stabil untuk menginstal file update yang cukup besar. Ketika koneksi internet terputus selama proses update, ini dapat mengakibatkan proses update gagal.

2. Ruang Penyimpanan tidak Cukup

Ruang penyimpanan yang tidak mencukupi pada perangkat iPhone kalian adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan gagalnya update iOS.

Setiap update memerlukan sejumlah ruang yang cukup di perangkat untuk menginstal semua komponen baru. Jika ruang penyimpanan pada perangkat kalian hampir penuh, maka update tidak akan memiliki cukup tempat untuk diinstal.

3. Setting Tanggal Salah

Terkadang, masalah sederhana seperti pengaturan tanggal dan waktu yang salah di perangkat iPhone kalian dapat menjadi salah satu penyebab kenapa iPhone Gagal Update IOS.

Update IOS bergantung pada pengaturan waktu yang akurat untuk berkomunikasi dengan server Apple dan menginstal komponen-komponen yang diperlukan.

Jika tanggal dan waktu di perangkat kalian tidak benar, proses update dapat terganggu dan menyebabkan kegagalan.

4. Server Apple Bermasalah

Saat melihat pesan “Pembaruan Gagal” pada perangkat iPhone kalian, jangan lupa mempertimbangkan kemungkinan masalah dengan server Apple.

Server Apple sendiri adalah tempat di mana perangkat kalian menginstal update iOS dan segala komponen-komponen terkait.

Jika server Apple mengalami masalah, seperti kelebihan beban atau pemeliharaan rutin, proses pembaruan dapat terhambat, dan kalian mungkin mengalami gagal update IOS.

5. File Update Rusak

Masalah dengan file updatetan yang diinstal dapat menjadi salah satu penyebab iPhone gagal update IOS. Setelah kalian memulai proses update, iPhone akan menginstal file update dari server Apple.

Jika file ini rusak atau terjadi kesalahan selama proses penginstalan, maka updatetan tidak akan dapat diinstal dengan sukses dan Anda akan mengalami kegagalan update.

Nah, faktor-faktor diatas merupakan faktor atau kendala yang amat sering terjadi pada beberapa orang, termasuk mimin sendiri. Untuk cara mengatasinya, silahkan simak penjelasan berikut.

Cara Mengatasi iPhone Gagal Update IOS

Setelah mengetahui penyebab-penyebab apa saja yang menyebabkan iPhone gagal update IOS, selanjutnya mimin akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

Kalian dapat mencoba salah satu dari cara-cara yang telah mimin sediakan. Agar kiranya kalian dapat mengetahui penyebab pasti kenapa iPhone kalian gagal update IOS.

Berikut ini beberapa cara mengatasi IPhone gagal update IOS:

1. Restart IPhone Sebelum Update

Ada baiknya sebelum kalian hendak mengupdate IOS, sebaiknya restart terlebih dahulu iPhone kalian. Hal ini bertujuan untuk membuat iPhone kalian dalam keadaan optimal.

Sehingga jika terdapat adanya gangguan selama proses update, dapat diatasi dengan melalukan restart sebelum update IOS. setelah proses restart selesai, silahkan jalankan update IOS kalian.

Cara Mengatasi Iphone Gagal Update IOS

 

2. Mengecek Versi IPhone

Selanjutnya, kalian harus mengecek versi iPhone yang kalian gunakan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah versi IPhone yang digunakan telah kompitabel dengan IOS terbaru atau tidak.

Contohnya, Apabila kalian menggunakan iPhone versi 7 dan ingin melakukan update IOS 16. Tentu saja hal tersebut tidak dapat dilakukan, sebab iPhone dengan versi 7 kebawah sudah tidak kompitabel untuk menggunakan IOS 16.

Jika kalian ingin mengecek versi iPhone apakah kompitabel dengan IOS terbaru atau tidak, kalian dapat mengeceknya melalui situs resmi dari Apple.

Cara Mengatasi Iphone Gagal Update IOS

 

3. Cek Apakah Jaringan Mengalami Gangguan

Apabila iPhone kalian sudah kompitabel dengan IOS terbaru tetapi masih tetap saja gagal untuk mengupdate IOS, kami sarankan untuk segera mengecek jaringan yang kalian gunakan.

Sebab proses update dari IOS lama ke baru memerlukan pemakaian data yang lumayan besar. sehingga sangat diperlukan koneksi jaringan yang stabil selama proses update berlangsung.

Agar proses update dapat berjalan dengan lancar, kami sangat menyarankan untuk menggunakan koneksi jaringan Wi-fi daripada menggunakan paket data.

Cara Mengatasi Iphone Gagal Update IOS

 

4. Pastikan Ruang Penyimpanan tidak Penuh

Update dari IOS tentunya juga akan menambah ruang dalam perangkat iPhone yang kalian gunakan. Sehingga kalian harus memastikan apakah ruang penyimpanan masih tersedia sebelum melakukan proses update IOS terbaru.

Apabila ruang penyimpanan kalian tidak mencukupi, maka proses dari update IOS tersebut akan gagal. Maka dari itu, sebelum update kalian juga bisa melakukan backup data-data penting terlebih dahulu ke dalam penyimpanan iCloud.

Setelah selesai melakukan backup ke dalam penyimpanan cadangan iCloud, silahkan coba kembali untuk mengupdate IOS.

Cara Mengatasi Iphone Gagal Update IOS

 

5. Tunggu Sampai Server Apple Kembali Normal

Meskipun hal seperti ini sangat jarang sekali terjadi akan tetapi permasalahan server tersebut bisa saja terjadi, yang dimana server dari Apple sedang mengalami down.

Kendala tersebut mengakibatkan segala aktifitas yang ada kaitannya dengan server Apple seperti update IOS dan sebagainya menjadi tidak dapat diakses.

Apabila permasalahannya disebabkan oleh hal ini, maka sebaiknya kalian hanya harus menunggu selama beberapa saat sampai server dari Apple kembali normal.

Biasanya server Apple mengalami gangguan disebabkan karena adanya pemeliharaan server atau maintenance yang mengakibatkan server tidak bisa diakses selama beberapa saat.

Penutup

Jadi itulah cara-cara yang bisa mimin sampaikan terkait bagaimana cara mengatasi iPhone gagal update IOS ke versi terbaru.

iPhone gagal update IOS bisa menjadi masalah menjengkelkan, tetapi dengan memahami penyebab umum dan langkah-langkah mengatasinya, kalian dapat dengan mudah mengatasi masalah ini.

Ada baiknya sebelum mengupdate IOS, sebaiknya periksa terlebih dahulu faktor-faktor penting seperti cukup atau tidaknya ruang penyimpanan dan kompitabel atau tidaknya versi IOS dengan iPhone.

Terkadang ada beberapa iPhone yang sudah tidak kompitabel lagi untuk mendapatkan updatetan IOS terbaru, sehingga update tersebut tidak bisa dilakukan.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *