Matematika

Macam Macam Trapesium Beserta Gambar dan Jenisnya

Macam Macam Trapesium – Pembahasan ini akan membahas mengenai jenis jenis trapesium serta sifatnya dan juga dilengkapi dengan gambar trapesium.

Macam macam trapesium dan gambarnya akan dibahas sebagai berikut.

Macam Macam Trapesium

Macam macam bentuk trapesium dikategorikan menjadi 3 bentuk yaitu trapesium sembarang, trapesium sama kaki dan trapesium siku siku.

Berikut ini macam macam trapesium serta penjelasannya secara lengkap:

Trapesium Sembarang

Macam Macam Trapesium
Gambar Trapesium Sembarang

Trapesium sembarang adalah trapesium yang memiliki dua pasang sisi yang sejajar, tetapi panjang sisi-sisinya tidak harus sama.

Dengan kata lain, sisi-sisi trapesium sembarang tidak memiliki panjang yang sama dan sudut-sudutnya juga tidak harus memiliki ukuran yang sama.

Bentuk trapesium sembarang dapat bervariasi, tetapi yang penting adalah keberadaan dua pasang sisi yang sejajar.

Ciri ciri trapesium sembarang adalah sebagai berikut:

  • Trapesium sembarang memiliki dua pasang sisi yang berlawanan yang sejajar satu sama lain.
  • Panjang sisi-sisinya tidak harus sama, sehingga trapesium sembarang tidak memiliki sisi yang sejajar dengan panjang yang identik.
  • Sudut-sudut dalam trapesium sembarang dapat memiliki ukuran yang berbeda satu sama lain.
  • Trapesium sembarang biasanya tidak memiliki simetri, yang berarti tidak ada sumbu simetri atau sisi yang dapat membagi trapesium menjadi dua bagian yang identik.
  • Trapesium sembarang dapat memiliki berbagai bentuk dan proporsi, tetapi tetap memiliki dua pasang sisi yang sejajar sebagai ciri utama.

Trapesium Sama Kaki

Trapesium Sama Kaki
Gambar Trapesium Sama Kaki

Trapesium sama kaki adalah trapesium yang memiliki dua pasang sisi sejajar, dengan salah satu pasang sisi lebih panjang daripada pasangan sisi yang lain.

Dua sudut di antara sisi yang lebih panjang disebut sebagai sudut-sudut atas, dan dua sudut di antara sisi yang lebih pendek disebut sebagai sudut-sudut bawah.

Sisi yang lebih panjang disebut sebagai sisi atas, dan sisi yang lebih pendek disebut sebagai sisi bawah. Dua sisi sejajar yang lebih panjang memiliki panjang yang sama, begitu pula dengan dua sisi sejajar yang lebih pendek.

Ciri ciri trapesium sama kaki adalah sebagai berikut:

  • Trapesium sama kaki memiliki dua pasang sisi yang sejajar, artinya dua sisi memiliki panjang yang sama dan dua sisi lainnya juga memiliki panjang yang sama.
  • Sudut-sudut yang terbentuk di antara sisi-sisi atas trapesium sama kaki memiliki ukuran yang sama, sehingga kedua sudut atas memiliki besaran yang identik.
  • Sudut-sudut yang terbentuk di antara sisi-sisi bawah trapesium sama kaki juga memiliki ukuran yang sama, sehingga kedua sudut bawah memiliki besaran yang identik.
  • Salah satu pasang sisi sejajar pada trapesium sama kaki lebih panjang daripada pasangan sisi sejajar yang lain. Sisi yang lebih panjang disebut sebagai sisi atas, sedangkan sisi yang lebih pendek disebut sebagai sisi bawah.
  • Trapesium sama kaki memiliki simetri tengah, yang berarti garis yang bisa dibuat untuk memisahkan trapesium menjadi dua bagian yang simetris.

Trapesium Siku Siku

Trapesium Siku Siku
Gambar Trapesium Siku Siku

Trapesium siku-siku adalah sebuah bentuk trapesium yang salah satu sudutnya adalah sudut siku-siku, yaitu sudut 90 derajat.

Dalam trapesium siku-siku, dua sisi yang bertemu dengan sudut siku-siku tersebut memiliki panjang yang berbeda, sedangkan dua sisi lainnya bisa memiliki panjang yang sama atau berbeda.

Trapesium siku siku ini adalah salah satu tipe trapesium yang sangat umum ditemui dalam matematika dan geometri.

Ciri ciri trapesium siku siku adalah sebagai berikut:

  • Salah satu sudut dalam trapesium ini adalah sudut siku-siku, yaitu sudut sebesar 90 derajat.
  • Dua sisi trapesium siku-siku adalah sejajar satu sama lain. Ini berarti kedua sisi ini memiliki panjang yang sama atau setidaknya memiliki panjang yang sebanding.
  • Dua sisi lainnya, yang berlawanan dengan sisi sejajar, memiliki panjang yang berbeda.
  • Panjang sisi-sisi trapesium siku-siku dapat bervariasi, tetapi harus memenuhi persyaratan sejajar dan sudut siku-siku.
  • Selain sudut siku-siku, trapesium siku-siku memiliki dua sudut yang lebih besar dari 90 derajat (sudut tumpul) dan dua sudut yang lebih kecil dari 90 derajat (sudut lancip).

Penutup

Jadi kurang lebih seperti itulah macam macam trapesium yang telah dibahas secara lengkap diatas. Semoga saja apa yang dibahas diatas dapat memberikan manfaat untuk para pembaca.

Apabila ada kesahalan maupun kekurangan dalam penulisan macam macam trapesium diatas ataupun ada saran dan kritik yang ingin disampaikan, silahkan gunakan kolom komentar untuk memberikan komentar. Semoga bermanfaat.

Abdul Tora

Tora suka menulis tentang segala hal tentang pendidikan dan berharap dapat menambah makna pada apa yang dibaca orang. Dia adalah seorang expert dalam bidang Matematika dan Bahasa Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *