Matematika

Macam Macam Segitiga: Jenis, Sifat, Rumus Serta Gambar

Macam Macam Segitiga – Pembahasan ini akan membahas mengenai jenis jenis segitiga disertai dengan gambar lengkap dan juga rumusnya.

Macam macam bangun datar segitiga akan dibahas secara detail sebagai berikut ini.

Macam Macam Segitiga dan Gambar

Ada beberapa bentuk dari sebuah segitiga, namun secara umumnya jenis segitiga dapat kita bedakan berdasarkan panjang sisi serta besar sudut dari segitiga tersebut.

Segitiga Menurut Panjang Sisi

Jenis-jenis segitiga yang menurut dengan panjang sisi terkategori menjadi segitiga sama sisi, segitiga sama kaki dan juga segitiga sembarang.

Berikut ini disebutkan macam macam segitiga yang akan dijelaskan secara lengkap.

Segitiga Sama Kaki

Macam Macam Segitiga

Segitiga sama kaki adalah segitiga yang memiliki dua sisi yang memiliki panjang yang sama dan satu sisi yang berbeda.

Sifat segitiga sama kaki adalah sebagai berikut:

  • Dua sisi yang sejajar memiliki panjang yang sama.
  • Dua sudut yang berdekatan memiliki besar yang sama.
  • Sudut di antara dua sisi yang sejajar memiliki besar yang sama.
  • Jarak dari titik tengah basis ke puncak segitiga adalah garis simetri, sehingga membagi segitiga menjadi dua segitiga sama kaki yang lebih kecil.
  • Keliling segitiga sama kaki dapat dihitung dengan rumus: K = 2s + b, di mana K adalah keliling, s adalah panjang sisi yang sama kaki, dan b adalah panjang basis (sisi yang berbeda).

Segitiga Sama Sisi

Gambar Segitiga Sama Sisi

Segitiga sama sisi adalah segitiga yang memiliki tiga sisi dengan panjang yang sama. Ini berarti ketiga sisinya memiliki panjang yang setara, dan sudut antara setiap dua sisi juga memiliki ukuran yang sama.

Sifat segitiga sama sisi adalah sebagai berikut:

  • Ketiga sisi segitiga sama sisi memiliki panjang yang sama, sehingga disebut juga segitiga equilateral.
  • Ketiga sudut segitiga sama sisi memiliki ukuran yang sama besar, yaitu 60 derajat.
  • Dalam segitiga, jika semua sisinya sama panjang, maka luasnya akan menjadi maksimum jika dibandingkan dengan segitiga lain yang memiliki panjang sisi yang sama.
  • Segitiga ini memiliki banyak sifat simetri, termasuk simetri rotasi dan simetri refleksi.
  • Ketiga sisi segitiga sama sisi akan selalu membentuk segitiga yang tertutup.

Segitiga Sembarang

Gambar Segitiga Sembarang

Segitiga sembarang adalah segitiga yang sisi-sisinya memiliki panjang yang tidak sama dan sudut-sudutnya juga tidak sama besar.

Sifat segitiga sembarang adalah sebagai berikut:

  • Sisi-sisi dan sudut-sudut segitiga sembarang tidak memiliki kesamaan yang signifikan. Panjang sisi-sisi dan besar sudut-sudutnya dapat bervariasi secara bebas.
  • Jumlah sudut-sudut dalam segitiga sembarang selalu sama yaitu 180 derajat. Ini dikenal sebagai sifat jumlah sudut dalam segitiga.
  • Dalam segitiga sembarang, panjang sisi-sisi tidak sama, yang berarti ada sisi yang lebih pendek dan sisi yang lebih panjang.
  • Sudut-sudut dalam segitiga sembarang juga tidak sama besar. Ada sudut yang lebih besar dan sudut yang lebih kecil.
  • Segitiga sembarang dapat memiliki sudut tumpul, yaitu sudut yang lebih besar dari 90 derajat. Ini adalah kasus di mana salah satu sudut segitiga melebihi 90 derajat.

Segitiga Menurut Besar Sudut

Gambar jenis jenis segitiga menuru besar sudut dikategorikan menjadi segitiga siku siku, segitiga lancip serta segitiga tumpul.

Macam macam segitiga beserta sudutnya akan dibahas lebih detail dibawah ini.

Segitiga Siku Siku

Gambar Segitiga Siku Siku

Segitiga siku-siku adalah jenis segitiga yang memiliki salah satu sudutnya merupakan sudut siku-siku, yaitu sudut sekitar 90 derajat.

Sifat segitiga siku siku adalah sebagai berikut:

  • Segitiga ini memiliki satu sudut yang berukuran 90 derajat (sudut siku-siku).
  • Dalam segitiga siku-siku, panjang sisi hipotenusa kuadrat (sisi berlawanan sudut siku-siku) sama dengan jumlah kuadrat panjang kedua sisi kaki.
  • Dua sisi kaki segitiga siku-siku adalah sisi-sisi yang berseberangan dengan sudut siku-siku. Sisi kaki tidak memiliki panjang yang sama, tetapi mereka saling berhubungan dengan Teorema Pythagoras.
  • Selain sudut siku-siku, dua sudut lainnya adalah sudut-sudut tumpul. Sudut-sudut ini selalu berjumlah 90 derajat, karena jumlah sudut dalam segitiga adalah 180 derajat.
  • Segitiga siku-siku sering digunakan dalam trigonometri. Sinus, kosinus, dan tangen dari sudut-sudut dalam segitiga dapat dihitung dengan mudah menggunakan panjang sisi-sisi.

Segitiga Tumpul

Gambar Segitiga Tumpul

Segitiga tumpul adalah segitiga yang memiliki sudut tumpul. Sudut tumpul adalah sudut yang lebih besar dari 90 derajat, dan segitiga ini memiliki setidaknya satu sudut tumpul.

Sifat segitiga tumpul adalah sebagai berikut:

  • Sifat utama segitiga tumpul adalah memiliki setidaknya satu sudut tumpul, yaitu sudut yang lebih besar dari 90 derajat. Sudut tumpul ini memisahkan segitiga ini dari segitiga-segitiga lainnya.
  • Seperti segitiga pada umumnya, jumlah total sudut dalam segitiga tumpul selalu sama dengan 180 derajat. Ini berarti, jika satu sudutnya lebih besar dari 90 derajat, maka dua sudut lainnya harus lebih kecil untuk menjumlahkan menjadi 180 derajat.
  • Sisi yang berlawanan dengan sudut tumpul dapat menjadi lebih panjang daripada dua sisi lainnya. Dalam kasus ini, sisi yang lebih panjang disebut “sisi sejajar” dengan sudut tumpul.
  • Meskipun segitiga tumpul memiliki setidaknya satu sudut tumpul, tidak mungkin memiliki lebih dari satu sudut tumpul.
  • Sisi yang berlawanan dengan sudut tumpul cenderung menjadi sisi terpanjang. Ini berarti panjang sisi tersebut lebih besar daripada panjang dua sisi lainnya.

Segitiga Lancip

Gambar Segitiga Lancip

Segitiga lancip adalah segitiga yang memiliki satu sudut yang lebih kecil dari 90 derajat. Segitiga lancip, semua tiga sudutnya kurang dari 90 derajat.

Sifat segitiga lancip adalah sebagai berikut:

  • Semua sudut dalam segitiga lancip kurang dari 90 derajat. Sudut-sudut ini disebut sudut lancip.
  • Sisi-sisi segitiga lancip memiliki panjang yang berbeda-beda, tetapi semua lebih pendek daripada sisi segitiga tumpul.
  • Sudut terbesar dalam segitiga lancip kurang dari 90 derajat, dan berada di antara dua sisi yang lebih panjang.
  • Sudut-sudut lainnya dalam segitiga lancip lebih kecil dari sudut tumpul (90 derajat) dan sudut siku-siku (90 derajat).
  • Jumlah dari ketiga sudut dalam segitiga selalu sama dengan 180 derajat.

Macam Macam Segitiga dan Rumusnya

Macam macam segitiga telah dibahas secara detail diatas. Berikutnya akan kami berikan rumus dari semua segitiga diatas untuk lebih mengetahui tentang bangun segitiga.

Meskipun mempunyai bentuk dan ciri-ciri yang berbeda-beda, namun dari setiap segitiga mempunyai rumus yang sama untuk mencari keliling, luas dan lain sebgainya.

Macam macam rumus segitiga adalah sebagai berikut:

Rumus Alas Segitiga : a = (2 × Luas) ÷ t

Rumus Luas Segitiga : L = ½ × a × t

Rumus Tinggi Segitiga : t = (2 × Luas) ÷ a

Rumus Keliling Segitiga : K = a + b + c

Macam Macam Garis Segitiga

Segitiga mempunyai 5 jenis garis yaitu garis simetri, garis median, garis bisector, garis basis dan garis tinggi. Untuk lebih memahami penjelasan lebih lengkap mengenai garis-garis tersebut, silahkan simak penjelasan berikut.

Garis Simetri

Garis simetri adalah garis yang membagi segitiga menjadi dua bagian yang simetris. Dalam segitiga sama sisi, garis simetri adalah garis tengah yang menghubungkan dua titik tengah sisi.

Garis Median

Garis median adalah garis yang menghubungkan titik tengah satu sisi segitiga dengan titik tengah sisi yang berlawanan. Segitiga memiliki tiga median yang bersimpangan di titik tengah segitiga.

Garis Bisector

Garis ini adalah garis yang membagi sudut di dalam segitiga menjadi dua sudut yang sama besar. Terdapat tiga garis bisector dalam segitiga, yaitu garis bisector sudut dalam, garis bisector sudut luar, dan garis bisector sisi.

Garis Basis

Garis basis adalah sisi segitiga yang menjadi dasar atau alasnya. Panjang basis dapat bervariasi, tergantung pada jenis segitiga yang dimaksud (segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, atau segitiga sembarang).

Garis Tinggi

Garis ini adalah garis tegak lurus yang ditarik dari sudut segitiga ke sisi yang berlawanan. Tinggi membagi segitiga menjadi dua segitiga kecil dengan luas yang sama.

Penutup

Begitulah kurang lebihnya macam macam bentuk segitiga yang telah dibahas secara lengkap diatas. Semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat dan berguna untuk pembaca.

Apabila ada kesalahan dalam penulisan atau ada pesan dan saran yang mau disampaikan, silahkan gunakan kolom komentar yang telah disediakan untuk mengirim komentar. Semoga bermanfaat.

Abdul Tora

Tora suka menulis tentang segala hal tentang pendidikan dan berharap dapat menambah makna pada apa yang dibaca orang. Dia adalah seorang expert dalam bidang Matematika dan Bahasa Indonesia.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *