Aplikasi

5 Cara Mengatasi Lokasi Google Maps Tidak Akurat

Lokasi Google Maps tidak akurat mungkin membuat kita merasa cukup frustasi terutama ketika kita sedang bepergian dan mengandalkan Google Maps ini sebagai petunjuk arah.

Terlebih lagi buat Anda yang terbiasa beraktifitas diluar rumah tentunya sering sekali memanfaatkan aplikasi Google Maps yang ada pada smartphone Anda.

Selain aplikasi ini memang sudah menjadi aplikasi bawaan dari android, akurasi dari aplikasi ini juga sangat baik dan yang terpenting gratis tanpa harus membeli device tambahan untuk menampilkan peta dan GPS.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi lokasi Google Maps tidak akurat, silahkan disimak pembahasan artikel berikut.

Penyebab Lokasi Google Maps Tidak Akurat

Cara Mengatasi Lokasi Google Maps Tidak Akurat

Seiring berjalanya waktu terkadang aplikasi google maps sering mengalami ganggguan pada saat dibuka, terutama gangguan pada lokasi yang tidak akurat.

Penyebab lokasi Google Maps tidak akurat dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan lokasi google maps tidak akurat.

1. Ketidakakuratan Data GPS

Lokasi yang ditentukan oleh Google Maps didasarkan pada sinyal GPS dari perangkat Anda. Jika perangkat Anda tidak memiliki akses yang baik ke sinyal GPS atau sinyalnya lemah.

Akurasi penentuan lokasi akan terpengaruh. Hal ini sering terjadi di dalam ruangan, di daerah yang tertutup, atau di tempat dengan banyak gangguan sinyal.

2. Gangguan Sinyal

Sinyal GPS dapat terganggu oleh beberapa faktor eksternal. Cuaca buruk, seperti hujan lebat atau badai, bisa menghalangi sinyal GPS mencapai perangkat Anda dengan baik.

Penyebab ganggguan sinyal ini beragam seperti bangunan tinggi, terowongan, atau pepohonan yang lebat juga dapat menghambat sinyal GPS, mengurangi akurasi lokasi.

3. Kalibrasi GPS yang Tidak Tepat

Beberapa perangkat memerlukan kalibrasi GPS yang akurat agar dapat menentukan lokasi dengan baik. Kalibrasi yang tidak tepat dapat mengakibatkan penentuan lokasi yang kurang akurat.

Pastikan untuk mengikuti panduan kalibrasi yang disediakan oleh produsen perangkat Anda untuk mendapatkan lokasi GPS yang lebih akurat.

4. Pembaruan Data Peta yang Kurang

Google Maps terus-menerus memperbarui data peta mereka. Jika Anda menggunakan versi yang sudah lama atau jarang melakukan pembaruan.

Beberapa informasi seperti jalan-jalan baru atau perubahan lain dalam infrastruktur mungkin tidak akan tercermin dengan benar dalam aplikasi. Pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru Google Maps.

5. Masalah dengan Perangkat atau Aplikasi

Kadang-kadang, masalah perangkat keras atau perangkat lunak pada perangkat Anda atau dalam aplikasi Google Maps dapat memengaruhi akurasi lokasi.

Mungkin perlu memperbarui aplikasi Google Maps atau memeriksa perangkat Anda untuk memastikan tidak ada masalah yang mengganggu kinerja GPS.

Untuk meningkatkan akurasi lokasi di Google Maps, pastikan Anda berada di area dengan sinyal GPS yang kuat, perbarui aplikasi dan data peta secara teratur, dan periksa pengaturan privasi dan izin di perangkat Anda.

Baca juga: Cara Daftar Yowhatsapp Versi Terbaru

Cara Mengatasi Lokasi Google Maps Tidak Akurat

Cara Mengatasi Lokasi Google Maps Tidak Akurat

Cara mengatasi lokasi Google Maps tidak akurat sangat mudah untuk dilakukan, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut, silahkan simak penjelasan berikut.

Berikut cara mengatasi lokasi Google Maps tidak akurat:

1. Pastikan Sinyal GPS Kuat

Ketika Anda menggunakan Google Maps, pastikan Anda berada di luar atau di area terbuka di mana sinyal GPS dapat terdeteksi dengan baik.

Jika Anda berada di dalam gedung atau di daerah dengan bangunan tinggi yang menghalangi sinyal GPS, ini dapat mengakibatkan ketidakakuratan lokasi.

2. Perbarui Aplikasi Google Maps

Selalu pastikan Anda memiliki versi terbaru aplikasi Google Maps di perangkat Anda. Pembaruan terbaru seringkali mengatasi bug dan masalah yang dapat memengaruhi akurasi lokasi.

Anda dapat memeriksa pembaruan Google Maps di Google Play Store (untuk perangkat Android) atau App Store (untuk perangkat iOS).

3. Perbarui Data Peta

Buka aplikasi Google Maps secara berkala dan perbarui data peta. Ini akan memastikan bahwa informasi seperti perubahan jalan atau lokasi baru tercermin secara akurat dalam aplikasi.

Data peta yang telah di update ke versi yang lebih baru akan membantu aplikasi Google Maps untuk meningkatkan akurasi penentuan lokasi.

4. Kalibrasi GPS

Beberapa perangkat memungkinkan Anda untuk mengkalibrasi GPS. Jika Anda merasa bahwa lokasi yang ditampilkan tidak akurat.

Pastikan Anda telah mengikuti panduan kalibrasi yang diberikan oleh produsen perangkat Anda. Kalibrasi yang tepat akan membantu meningkatkan akurasi.

5. Periksa Pengaturan Privasi

Buka pengaturan privasi di perangkat Anda dan pastikan aplikasi Google Maps memiliki izin untuk mengakses lokasi Anda.

Jika izin lokasi dimatikan atau dibatasi, aplikasi mungkin tidak dapat menentukan lokasi Anda dengan baik dan secara otomatis data dari Google Maps tidak dapat terbaca.

Penutup

Jadi kurang lebih seperti itulah pembahasan mengenai bagaimana cara mengatasi lokasi Google Maps tidak akurat, baik itu untuk perangkat Andaroid ataupun iPhone.

Perlu diketahui, sebaiknya sebelum menggunakan aplikasi Google Maps, ada baiknya untuk memeriksa apakah koneksi internet yang Anda gunakan stabil.

Jika ada pertanyaan atau pesan yang mau disampaikan terkait pembahasan diatas, silahkan gunakan kolom komentar dibawah untuk berkomentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *