Windows

Cara Mengatasi Local Disk C Penuh Pada Windows

Local disk C adalah disk yang sering digunakan untuk menyimpan data-data dari program aplikasi yang terinstal pada sistem. Secara default semua program yang terinstal akan langsung masuk ke local disk C.

Local disk C sendiri mempunyai peran yang sangat penting pada perangkat PC atau laptop yang kita gunakan. Sebab, apabila local disk C penuh, tentu akan membuat performa PC atau laptop kita menjadi lambat.

Selain itu, ketika local disk C penuh, kita tidak lagi dapat menyimpan file baru, menginstal program tambahan, atau bahkan tidak bisa menjalankan update sistem yang diperlukan.

Untuk mengatasi atau mencegah hal tersebut, kita harus membersihkan local disk C kalau memang sudah sangat penuh.

Maka dari itu pada pembahasan kali ini, Tafsiran Media akan membahas bagaimana cara mengatasi local dick C penuh pada Windows.

Namun sebelum itu, ada baiknya bagi kalian untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab apa saja yang membuat local disk C menjadi penuh. Berikut penjelasannya:

Penyebab Local Disk C Penuh

Local disk C penuh merupakan masalah umum yang dihadapi oleh banyak pengguna PC atau Laptop, permalahan ini tentunya dapat mengganggu produktivitas dan kenyamanan kita dalam menggunakan perangkat.

Local disk C yang tiba-tiba penuh dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor tersebut yaitu terlalu banyak cache dari sebuah program yang menumpuk pada local disk C.

Karena cache tersebut tersimpan secara otomatis di disk C, maka lama kelamaan akan membuat disk C menjadi semakin penuh.

Berikut penyebab lainnya:

  • Aplikasi atau game yang terinstal berukuran terlalu besar
  • Terlalu banyak menyimpan file berukuran besar di disk C
  • Temporary file
  • Dan lain sebagainya

Baca juga: Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi

Cara Membersihkan Local Disk C yang Penuh

Cara membersihkan local disk C ini sudah sering mimin lakukan sendiri dan caranya tidak sulit untuk dilakukan sendiri dirumah.

Tapi sebelum itu sebaiknya periksa terlebih dahulu file-file yang tersimpan di local disk C sebelum melakukan pembersihan.

Tujuannya untuk menghindari adanya file-file atau data-data penting yang tidak sengaja terhapus pada saat kita membersihkan local disk C.

Cara membersihkan local disk C ini bisa dilakukan disemua Windows, baik itu windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Windows 11. Sebab langkah-langkah nya tidak jauh berbeda dari setiap versi Windows.

1. Pindahkan File Pribadi

Solusi yang pertama yaitu dengan memindahkan file pribadi yang menurut kalian penting ke disk lain. Kalian bisa memilih-milih file-file penting mana saja yang ingin dipindahkan ke disk lain.

Biasanya file-file tersebut tersimpan di Dokumen, Pictures, Music, dan Video. Seiring dengan aktivitas kita dalam menggunakan perangkan PC atau laptop, tanpa kita sadari file-file tersebut sudah mengambil banyak sekali space dari local disk C.

Jadi sebaiknya pindahkan file-file penting ke disk atau penyimpanan yang lain. Atau kalian juga bisa menghapus beberapa file yang tidak lagi digunakan untuk menghemat local disk C.

Local Disk C Penuh

2. Menghapus File Temp

Semakin lama dari penggunakan suatu perangkat PC atau Laptop, maka cache di perangkat tersebut akan semakin bertumpuk.

Maka dari itu, kebanyakan orang akan merasa heran ketika local disk C penuh padahal aplikasi atau program yang terinstal hanya sedikit.

Nah, Berikut ini langkah-langkah cara menghapus file temp pada sistem:

Langkah 1: Pertama silahkan tekan tombol Windows + R pada keyboard lalu ketikkan Temp kemudian OK.

Local Disk C Penuh

Langkah 2: Selanjutnya akan muncul jendela baru, dimana kalian akan melihat file-file temp yang sudah menumpuk lama di local disk C kalian. Silahkan hapus semua file-file tersebut.

Local Disk C Penuh

Langkah 3: Setelah itu ulangi lagi dengan menekan tombol Win + R kemudian ketiikan %temp% lalu OK lalu Silahkan hapus semua file-file temporary yang ada disana.

Local Disk C Penuh

3. Hapus Cache Web Browser

Seperti halnya dengan sebuah system, web browser juga dapat menyimpan cache secara otomatis, pada saat kalian mengunjungi suatu website.

Kondisi ini dapat terjadi dikarenakan web browser yang kalian gunakan telah menyimpan cache dari website yang sering kalian kunjungi.

Akibatnya browser tersebut menyimpan cache yang akan terus menumpuk semakin banyak dan mengambil space local disk C kalian.

Untuk mencegahnya, silahkan ikuti langkah berikut ini :

Pertama: Silahkan buka web browser yang paling sering kalian gunakan. Disini mimin memberikan contoh dengan menggunakan Google Chrome.

Selanjutnya silahkan klik icon titik tiga yang ada dipojok kanan untuk masuk ke dalam menu pengaturan web browser.

Local Disk C Penuh

Kedua: Berikutnya didalam halaman Settings silahkan klik menu Privacy and security. Selanjutnya dalam menu Privacy and security silahkan klik Clear browsing data.

Local Disk C Penuh

Ketiga: Setelah itu akan muncul jendela baru dimana kalian bisa memilih untuk menghapus data browsing mulai dari satu jam terakhir sampai dengan sepanjang waktu.

Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika sudah, silahkan klik Clear data untuk menhapus semua cache yang ada pada browser.

Local Disk C Penuh

Penutup

Seperti itulah tutorial cara mengatasi local disk C penuh yang bisa dicoba sendiri. Sebenarnya masih ada beberapa cara lainnya, seperti menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Namun mimin rasa cara-cara diatas tersebut sudah mencukupi untuk membuat local disk C penuh kalian menjadi kembali legah.

Sebaiknya jangan lupa untuk sering-sering membersihkan cache agar mencegah penumpukan cache yang bisa membuat local disk C menjadi cepat penuh.

Dengan secara rutin membersihkan cache dan menghapus program yang tidak lagi digunakan, kalian bisa menjaga local disk C pada perangkat kalian tetap berjalan dengan optimal.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *