Windows

5 Cara Mengatasi Loading LDPlayer Stuck di 50% dan 94%

Loading LDPlayer Stuck memang sangat mengganggu apalagi bila kita ingin menggunakan LDPlayer tersebut untuk bermain game Android ataupun aktivitas lainnya.

LDPlayer sendiri adalah emulator Android populer untuk PC yang memungkinkan Anda memainkan game dan aplikasi Android di laptop atau di PC.

Namun, beberapa pengguna mungkin mengalami masalah saat memuat LDPlayer, di mana loading LDPlayer stuck di 94%, 50%, atau tidak bisa dibuka sama sekali.

Cara Mengatasi Loading LDPlayer Stuck

Bagi kalian yang mengalami permasalahan loading LDPlayer stuck di 94% atau 50% tersebut dan masih belum mengetahui bagaimana cara mengatasinya, silahkan disimak beberapa langkah dibawah ini.

1. Hapus Data Cache LDPlayer

Apa itu Cache? Cache adalah kumpulan sementara file dan data yang disimpan oleh aplikasi (termasuk LDPlayer) untuk mempercepat kinerjanya di kemudian hari.

Misalnya, data cache bisa berisi potongan gambar gim, pengaturan yang sering digunakan, dan lain-lain. Mengapa Cache Bisa Bikin Masalah? Terkadang, data cache bisa rusak atau usang sehingga justru mengganggu kinerja LDPlayer saat loading.

Menghapus cache memaksa LDPlayer membangun ulang data-data yang penting sehingga mungkin menyelesaikan masalah.

Cara menghapus Cache LDPlayer:

  1. Buka LDPlayer.
  2. Klik kanan pada ikon LDPlayer di area pengaturan emulator dan pilih “Pengaturan” (“Settings“).
  3. Pada tab “Umum” (“Advanced“), cari tombol “Hapus Cache” (“Clear Cache“) dan klik.
  4. Konfirmasi proses penghapusan cache.
  5. Tutup dan buka kembali LDPlayer.

Menghapus cache LDPlayer kemungkinan membuat loading awal gim terasa lebih lambat karena proses pembangunan kembali cache. Namun, ini merupakan langkah untuk mengatasi masalah loading LDPlayer stuck di kemudian hari.

2. Instal Ulang LDPlayer

Loading LDPlayer Stuck

 

Jika langkah-langkah sebelumnya belum menyelesaikan masalah loading LDPlayer stuck, ada kemungkinan file inti LDPlayer rusak atau terdapat kesalahan pada proses instalasi sebelumnya.

Instal ulang membantu membangun LDPlayer secara bersih dan mengganti file-file yang bermasalah. Sebaiknya sebelum menginstal ulang LDPlayer, lakukan backup data game-game penting untuk menghindari kehilangan.

Cara instal ulang LDPlayer:

  1. Gunakan fitur “Add or Remove Programs” pada Windows. Cari “LDPlayer” dan ikuti petunjuk untuk menghapus seluruh instalasinya.
  2. Pastikan tidak ada folder sisa dari LDPlayer. Arahkan ke lokasi instalasi sebelumnya (biasanya C:\Program Files\ldplayer). Jika masih ada folder LDPlayer, hapus secara manual.
  3. Jalankan installer yang sudah diunduh sebelumnya dan ikuti petunjuk di layar.

Baca juga: Teka Teki Resident Evil 4 Remake Semua Chapter Lengkap

3. Restart PC atau Laptop

Cara pertama mengatasi loading LDPlayer stuck di 94% atau 50% yaitu dengan melakukan restart pada perangkat yang digunakan. Merestart PC Anda memaksa sistem operasi dan perangkat lunak yang terkait (termasuk LDPlayer) dimuat ulang.

Ini mampu mengatasi gangguan perangkat lunak yang sifatnya sementara, konflik dengan program-program lain, ataupun masalah pada alokasi memori yang bisa membuat loading LDPlayer stuck.

Setelah merestart PC, coba buka LDPlayer kembali. Jika masalah masih terjadi, lanjutkan ke langkah troubleshooting berikutnya.

4. Gunakan Versi LDPlayer yang Lebih Lama

Ada kemungkinan versi LDPlayer terbaru memiliki ketidakcocokan dengan sistem operasi, perangkat keras, atau pengaturan spesifik pada PC Anda. Mencoba versi yang lebih lama terkadang bisa mengatasi masalah loading LDPlayer stuck.

LDPlayer sendiri telah menyediakan halaman arsip versi lama di situs mereka. Carilah versi yang diketahui stabil dan cocok dengan PC Anda.

Sebelum menggunakan versi LDPlayer lama, sebaiknya uninstall dulu LDPlayer yang Anda gunakan untuk menghindari adanya error selama proses instalasi berjalan.

Jika menggunakan versi lama mengatasi masalah, tetap baik untuk memeriksa update berkala di situs LDPlayer. Ada kemungkinan versi baru sudah mengatasi masalah sebelumnya.

5. Aktifkan Virtualisasi Teknologi (VT)

Apa itu Virtualization Technology (VT)? VT adalah fitur pada prosesor (khususnya prosesor Intel dan AMD modern) yang memungkinkan sebuah komputer menjalankan beberapa sistem operasi atau lingkungan virtual secara bersamaan dengan lebih efisien.

Emulator Android seperti LDPlayer sangat bergantung pada VT untuk kinerja yang mulus. LDPlayer, pada dasarnya, menciptakan lingkungan Android virtual di dalam sistem operasi Windows Anda.

VT mempercepat proses ini, memungkinan alokasi sumber daya yang lebih baik untuk LDPlayer. Banyak masalah loading LDPlayer stuck yang berhubungan dengan VT yang belum aktif.

Tips Tambahan

  • Pastikan Anda memiliki spesifikasi PC yang cukup untuk menjalankan LDPlayer.
  • Periksa koneksi internet Anda.
  • Tutup aplikasi lain yang mungkin menggunakan banyak sumber daya.
  • Bergabunglah dengan komunitas LDPlayer untuk mendapatkan bantuan dan tips dari pengguna lain.

Penutup

Jadi kurang lebih seperti itulah beberapa langkah-langkah cara mengatasi loading LDPlayer stuck di 50% dan 94% yang telah mimin berikan diatas.

Semoga saja apa yang telah dijelaskan terkait langkah-langkah diatas, bisa dipahami dengan mudah dan bermanfaat untuk para pembaca.

Apabila ada pertanyaan atau pesan yang ingin disampaikan, silahkan gunakan kolom komentar yang telah disediakan dibawah untuk mengirim komentar. Semoga bermanfaat.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *