Internet

7 Jenis Database yang Umum Digunakan

Jenis database yang umum digunakan pada jaman ini perkembangan komputer dan internet berkembang dengan sangat pesat.

Hampir setiap harinya semua masyarakat baik itu di pedesaan maupun di perkotaan menggunakan Internet sebagai ajang mencari informasi dan berita yang akurat.

Maka dari itu banyak orang yang berlomba-lomba menggunakan internet ini sebagai sarana mencari uang ataupun dengan membuka bisnis online di internet.

Dengan perkembangan internet yang kian berkembang tentunya peran database atau lebih dikenal dengan perangkat berbasis data menjadi alat yang sangat dominan.

Hampir semua kegiatan administratif baik itu di lembaga pemerintahan  ataupun di gedung perkantoraan saat ini di integrasikan ke sistem berbasis komputer dengan menggunakan model database terpadu.

Sama halnya dengan layanan-layanan masyarakat yang berbasisi di internet juga tidak bisa lepas dari peran penting database ini.

Jenis Database

Mungkin anda bertanya-tanya lantas teknologi apakah yang digunakan oleh perangkat database ini? Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan mencoba mengulas beberapa jenis database yang digunakan di masyarakat luas.

Berikut ini Jenis database yang umum digunakan:

1. Apache Derby

Jenis Database

Apache derby yang sebelumnya dikenal dengan nama IBM Cloudscape ini merupakan sebuah aplikasi pengolah data di perangkat database yang umumnya bersifat open source.

Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Apache Software Foundation dan lazim digunakan di program berbasis java script yang difungsikan sebagai pemproses data pada transaksi online di Internet.

2. MySQL

Jenis Database

 

Sama ahalnya dengan Apache Derby, MySQL merupakan salah satu aplikasi pengolah data pada perangkat database yang bersifat open coding / open source.

Aplikasi MySQL ini pertama kali dikembangkan oleh Oracle corporation, dan difungsikan sebagai pengolah database yang banyak digunakan oleh pengguna internet, sebab aplikasi ini sangat cocok jika digunakan sebuah website.

3. Oracle

Jenis Database

Berbeda dengan perangkat data base lainnya, oracle ini merupakan sebuah aplikasi pengolah data yang bersifat komersial, aplikasi ini pertama kali dikembangkan Oracle Corporation pada pertengahan tahun 90an.

Produk utama dari Oracle adalah perangkat lunak database yang dikenal sebagai “Oracle Database.” Oracle Database adalah salah satu sistem manajemen basis data (DBMS) relasional paling kuat dan canggih di dunia.

Baca juga: Begini Cara Install WordPress di Xampp Secara Lengkap

4. Microsoft SQL Server

Jenis Database

Microsoft SQL Server adalah salah satu aplikasi pengolah database yang pertama kali dikembangkan oleh microsoft inc, sama halnya dengan aplikasi Oracle.

Aplikasi pengolah database Microsoft SQL Server ini bersifat komersial, namun yang lebih cangguh ternyata di dalam aplikasi ini tersesia versi freeware yang lazim digunakan pada sistem operasi Microsoft Windows.

5. IBM DB2

Jenis Database

IBM DB2 memiliki 3 varian untuk aplikasi pengolah database yakni IBM DB2 untuk Windows- linux dan sietme operasi Unix , juga DB2 untuk iSeries (OS/400), DB2 untuk z/OS (mainframe).

Sama halnya dengan Microsoft SQL Server, aplikasi IBM DB2 digunakan secara komersial dan lazim digunakan pada operasi sistem berbasis linux dan juga windows.

6. SQLite

Jenis Database

Jenis database yang umum digunakan yang terakhir yaitu SQLite. Sqlite merupakan sebuah aplikasi pengolah database yang bersifat open coding (open source).

Menurut beberapa sumber aplikasi ini pertama kali dirancang oleh D. Richard Hipp, yang merupakan ahli komputer berkebangsaan Amerika.

karena aplikasi ini memiliki ukuran program yang kecil, aplikasi ini cocok sekali ditanamkan pada aplikasi web browser maupun aplikasi komputer yang lain.

7. TimescaleDB

Jenis Database

TimescaleDB adalah jenis database yang dirancang khusus untuk menangani data deret waktu (time-series data). Ini adalah ekstensi open-source untuk database PostgreSQL.

TimescaleDB memiliki beberapa fitur utama, termasuk skalabilitas yang baik, dukungan SQL lengkap, optimasi khusus untuk data deret waktu, kemampuan untuk mengimpor data dari berbagai sumber.

Dengan demikian, TimescaleDB adalah pilihan yang baik untuk aplikasi yang membutuhkan pengelolaan data deret waktu, seperti pemantauan infrastruktur, analisis log, pemantauan perangkat IoT.

Penutup

Jadi seperti itulah beberapa jenis database yang sangat umum digunakan dalam melakukan pekerjaan seperti membuat aplikasi atau website.

Dari ketujuh database yang telah disebutkan diatas, MySQL adalah database yang paling populer dan telah digunakan oleh banyak orang diseluruh dunia.

Jika ada pertanyaan atau tambahan mengenai jenis database diatas, silahkan gunakan kolom komentar dibawah untuk berkomentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *