Laptop

4 Cara Mengatasi iPhone tidak Terdeteksi di Laptop

iPhone tidak terdeteksi di laptop memang membuat kita merasa kebingungan apalagi kalian pasti sering sekali mengalami iPhone/iPad kalian ketika dicolokkan ke usb laptop, perangkat kalian tidak terdeteksi.

Padahal cuman untuk ambil video atau foto di android tidaklah serumit itu, tentunya ini karena produsen iPhone atau iPad ingin melindungi data si pemakai agar tidak dengan mudah bisa di akses orang tanpa hak.

Situasi tersebut tentunya bisa sangat merepotkan bukan? Apalagi kita ingin mentransfer data dari iPhone ke laptop untuk keperluan pribadi atau pekerjaan.

Seperti yang pernah mimin alami, ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa iPhone tidak terdeteksi di laptop, seperti kabel yang digunakan, adanya software yang bermasalah dan lain sebagainya.

Namun bagaimana jika iPhone tidak terdeteksi di laptop atau PC? Hal tersebut kadang disebabkan karena adanya masalah pada driver yang menyebabkan iPhone tidak terdeteksi di laptop.

Penyebab iPhone Tidak Terdeteksi di Laptop

Perihal tersebut membuat kalian merasa kebingungan kan? padahal kabel usb kalian sama sekali tidak bermasalah tetapi tetap saja iPhone tidak terdeteksi di laptop.

Nah, berikut ini Tafsiran Media akan membagikan penyebab apa saja yang menyebabkan iphone tidak terdeteksi di laptop, berikut ini penyebab nya:

Beberapa hal yang dapat membuat masalah iPhone tidak terdeteksi di komputer atau laptop kalian:

  • Tidak menggunakan kabel data original atau berkualitas baik sehingga muncul tulisan belum tersertifikasi, uncertified.
  • Kualitas kabel USB yang buruk.
  • Belum atau lupa menekan tombol trust pada layar iPhone setelah dicolokkan.
  • Driver tidak terupdate.
  • Port USB longgar juga bisa menjadi penyebab iPhone tidak terdeteksi.

Dari beberapa penyebab-penyebab diatas, bisanya penyebab iPhone tidak terdeteksi di laptop yang paling sering terjadi yaitu berasal dari driver. Untuk cara mengatasi permasalahan silahkan disimak penjelasan berikut.

Baca juga: Cara Mengatasi WiFi Hilang di Windows 11

Mengatasi iPhone Tidak Terdeteksi di Laptop

Ada beberapa cara mengatasi permasalahan iPhone yang tidak terdeteksi di laptop yang dimana caranya cukup mudah untuk dilakukan, salah satunya yaitu dengan mengecek driver pada perangkat kalian.

Selain mengecek driver, ada beberapa cara juga yang bisa menjadi pertimbangan untuk dicoba dalam mengatasi permasalahan iPhone yang tidak terbaca di laptop ini. Berikut ini cara-caranya:

1. Periksa Driver yang Terpasang

Cara pertama yang bisa kalian lakukan yaitu dengan memeriksa apakah driver untuk perangkat iPhone kalian sudah terpasang pada laptop atau PC. Untuk memeriksanya, berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pertama-tama silahkan masuk ke dalam Device Manager, dengan mengetikkan Device Manager pada kolom pencarian Windows.

iPhone tidak Terdeteksi di Laptop

Langkah 2: Didalam halaman Device Manager, silahkan cari menu Portable Devices, kemudian klik tanda > yang ada di sebelah kiri menu tersebut.

iPhone tidak Terdeteksi di Laptop

Langkah 3: Setelah itu kalian akan melihat perangkat iPhone yang berada dimenu Portable Devices, silahkan klik kanan pada perangkat iPhone kalian lalu klik Disable device lalu klik OK.

iPhone tidak Terdeteksi di Laptop

Langkah 4: Setelah selesai mendisable device, silahkan tunggu beberapa saat lalu klik kanan lagi para perangkat iPhone kalian lalu klik lagi Enable device.

iPhone tidak Terdeteksi di Laptop

Langkah 5: Sampai disini seharusnya iPhone kalian sudah terdeteksi di laptop, untuk mengeceknya silahkan buka iTunes yang sudah terinstal pada laptop kalian.

iPhone tidak Terdeteksi di Laptop

2. Tekan Trust di iPhone

Kadang hal kecil seperti belum atau lupa menekan trust pada perangkat iPhone dapat membuat kita merasa kebingungan kenapa iPhone kita tidak terdeteksi di laptop.

Pada saat kita baru saja mencolokkan USB ke laptop, maka di layar iPhone kita akan muncul pop notifikasi “Trust This Computer?”.

Nah, sebaiknya ketika kalian mencolokkan USB yang sudah terhubung ke iPhone, periksa juga iPhone kalian untuk melihat notifikasi pesan yang muncul lalu tekan Trust untuk memberikan iPhone akses ke laptop.

iPhone tidak Terdeteksi di Laptop

3. Nonaktifkan Mode Do Not Disturb

Ketika mode Do Not Disturb atau Jangan Ganggu dalam keadaan aktif pada iPhone kalian, maka perangkat akan menghentikan notifikasi dan panggilan masuk agar tidak mengganggu.

Akan tetapi, terkadang mode Do Not Disturb ini juga dapat mempengaruhi koneksi antara iPhone dan laptop sehingga menyebabkan iPhone tidak tersedeteksi di laptop.

Akibatnya pada saat kita mencolokkan USB dari iPhone ke laptop, maka tidak ada notifikasi Trust yang muncul pada layar iPhone kita.

Untuk cara menonaktifkan mode Do Not Disturb ini, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah:

Pertama: Silahkan masuk ke menu settings iPhone kalian lalu scroll sampai kalian menemukan menu Focus. Buka menu focus tersebut lalu pilih Do Not Disturb.

iPhone tidak Terdeteksi di Laptop

Kedua: Pada menu Do Not Disturb, silahkan pilih Options lalu nontaktifkan semua pilihan yang ada pada halaman Notification Options.

iPhone tidak Terdeteksi di Laptop

4. Cek Kondisi Kabel USB

Terkadang penyebab iPhone tidak terdeteksi di laptop dapat disebabkan oleh kabel USB yang bermasalah atau mengalami kerusakan.

Kabel USB yang rusak bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti sering terlipat, cara menggulung kabel yang salah, kabel USB tidak original dan lain sebagainya.

Untuk mengatasinya, sebaiknya kalian menggunakan kabel USB original bawaan dari iPhone ketika kita baru saja membeli iPhone tersebut.

Sebab jika kita menggunakan kabel USB yang bukan original, maka akan rentan mengalami kerusakan. Tidak hanya kabel USB yang cepat rusak, tapi juga akan berpengaruh ke iPhone kalian.

Penutup

Begitulah kira-kira tutorial cara mengatasi masalah iPhone tidak terdeteksi di laptop dengan menggunakan windows yang bisa kalian coba ikuti.

Seharusnya dengan mengikuti beberapa cara yang mimin berikan diatas, iPhone kalian sudah bisa terdeteksi di laptop dan di iTunes.

Perlu juga diingat, sebaiknya gunakan kabel USB yang original bawaan dari Apple, karena jika menggunakan kabel yang bukan original maka akan cepat mengalami kerusakan.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *