Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

iPhone cepat panas merupakan salah satu permasalahan yang sering kali dialami oleh kebanyakan orang dalam menggunakan produk milik Apple ini.

iPhone yang cepat panas bisa juga menjadi penyebab kerusakan komponen yang ada pada perangkat iPhone kita, misalnya kerusakan di baterai.

Permasalahan iPhone cepat panas ini mempunyai beberapa penyebab yang menyebabkan kenapa iPhone cepat panas. Penyebab tersebut harus kalian pahami agar pemakaian iPhone dapat digunakan dalam waktu lama.

Lantas apa yang menyebabkan kenapa iPhone cepat panas? Dan bagaimana cara mengatasinya? Silahkan simak penjelasan artikel berikut.

Penyebab iPhone Cepat Panas

iPhone Cepat Panas

Setiap masalah yang sering muncul di iPhone pasti juga memiliki penyebabnya, penyebab tersebut dimulai dari pemakaian sampai dengan tidak dirawatnya perangkat tersebut.

Apabila hal-hal tersebut tetap kalian lakukan dalam jangka waktu lama, tentu saja dapat mempercepat kerusakan dari iPhone kalian.

Agar hal tersebut tidak terjadi, mimin sudah merangkum beberapa penyebab yang menyebabkan kenapa iPhone cepat panas, yang bisa kalian lihat dibawah ini:

1. Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Semakin tinggi tingkat kecerahan layar pada suatu smartphone, maka pemakaian daya yang dikeluarkan juga akan semakin besar. Tak terkecuali dengan iPhone itu sendiri yang menyebabkannya cepat panas.

Solusinya yaitu kalian bisa menurunkan kecerahan layar, tidak sampai menjadi gelap total, tapi turunkan secukupnya saja.

Mimin juga menyarankan untuk menggunakan fitur Dark Mode yang berfungsi mengubah tampilan iPhone menjadi gelap. Selain itu, mode Dark Mode ini juga dikatakan dapat menghemat pemakaian baterai.

2. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Kadang-kadang tanpa sadari kita telah membuka banyak sekali aplikasi pada perangkat iPhone yang berjalan secara bersamaan.

Namun semakin kita membuka banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang secara bersamaan, maka iPhone juga akan bekerja dengan sangat ekstra, yang membuat kenapa iPhone tiba-tiba panas.

Maka dari itu, sebaiknya hindari untuk membuka banyak aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Sebaiknya tutup aplikasi yang sudah tidak digunakan untuk menjaga performa iPhone tetap stabil.

3. Mengaktifkan Banyak Fitur Secara Bersamaan

Mengaktifkan banyak fitur secara bersamaan dan tetap aktif dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kenapa iPhone cepat panas.

Disini fitur-fitur yang mimin maksud seperti Bluetooth, Personal Hotspot, SIRI, dan lain-lain. Sebaiknya nonaktifkan fitur tersebut jika memang kalian sedang tidak menggunakannya, dan aktifkan kembali jika memang sudah diperlukan.

4. Penggunaan Prosesor yang berlebihan

Penggunaan iPhone untuk menjalakan aktivitas berat yang membutuhkan prosesor yang berlebih dapat memicu iPhone cepat panas.

Prosesor yang ada di dalam iPhone sendiri dirancang untuk menjalankan berbagai tugas, tetapi aktivitas yang memerlukan kinerja prosesor yang berlebih dan menggunakan grafis tinggi dapat membuat prosesor bekerja keras.

Misalnya, bermain game berat dengan settingan grafis yang tinggi atau melakukan editing video dan merender video tersebut, dapat mengakibatkan penggunaan daya yang tinggi yang meningkatkan suhu pada iPhone kalian.

5. Berada di Lingkungan Panas

Panas yang terjadi pada iPhone tidak hanya terjadi karena faktor dari pemakaian saja. Tetapi juga bisa disebabkan ketika kita berada diluar ruangan dengan suhu yang cukup tinggi.

Secara umum iPhone akan secara otomatis meningkatkan kecerahan layar pada saat kita sedang berada diluar ruangan. Ditambah lagi dengan lingkungan yang panas, maka iPhone kita akan menjadi semakin panas.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi USB HP Tidak Terbaca di Laptop

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Apabila suhu iPhone terlalu panas, maka tentu saja akan berpengaruh dalam segi performanya. Meskipun iPhone dikenal unggul dari segi performa, namun tetap saja suhu panas yang berlebih akan menurunkan performa tersebut.

Mengatasi iPhone cepat panas tidaklah sulit untuk dilakukan. Ada beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi permasahan ini. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak pembahas berikut:

1. Turunkan Kecerahan Layar

Seperti yang sudah mimin jelaskan diatas, kalau kecerahan layar yang terlalu tinggi dapat membuat iPhone kita menjadi cepat panas.

Layar yang terlalu cerah dapat menghasilkan panas tambahan pada iPhone kita. Dengan menurunkan kecerahan layar, kalian bisa mengurangi suhu iPhone kalian.

Sebaiknya turunkan sedikit kecerahan layar di perangkat iPhone kalian. Selain untuk menjaga suhu iPhone agar tetap stabil, menurunkan kecerahan layar juga bagus untuk kesehatan mata.

iPhone Cepat Panas

2. Tutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Aplikasi yang terlalu banyak berjalan di latar belakang dapat membuat iPhone cepat panas. Sebab aplikasi-aplikasi tersebut tetap berjalan dan menggunakan banyak daya.

Terkadang aplikasi-aplikasi berat yang berjalan dilatar belakang dapat mempengaruhi kinerja dan suhu pada iPhone kalian.

Sebaiknya tutup beberapa aplikasi yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi. Untuk melakukannya, silahkan cukup pergi ke menu utama lalu scroll layar dari bawah keatas lalu tutup aplikasi tersebut.

iPhone Cepat Panas

3. Gunakan Mode Daya Rendah

Menggunakan mode daya rendah adalah salah satu cara mengatasi masalah iPhone cepat panas yang bisa dibilang cukup efektif.

Mode ini tidak hanya membantu mengurangi suhu panas pada perangkat iPhone kita, tetapi juga dapat memperpanjang umur baterai iPhone kalian.

Namun dalam menggunakan mode daya rendah ini memiliki sedikit kekurangan, yaitu ketika kita bermain game dengan mode daya rendah yang aktif, maka kita akan mengalami sedikit lag.

iPhone Cepat Panas

4. Gunakan Casing yang Berkualitas

Bagi beberapa orang mungkin menganggap sepele dari penggunaan casing yang sama sekali tidak berpengaruh pada kinerja iPhone.

Namun salah satu cara mengatasi iPhone cepat panas yaitu dengan melepas casing atau menggunakan casing dengan bahan yang berkualitas.

Sebaiknya pada saat kalian membeli casing iPhone, perhatikan bahan yang digunakan oleh casing tersebut serta sirkulasi udara yang ada pada casing agar iPhone tetap dingin.

5. Hindari Suhu Panas yang Tinggi

Menghindari paparan suhu panas secara langsung adalah salah satu cara untuk mengatasi permasalahan iPhone cepat panas ini.

Perangkat elektronik, tak terkecuali iPhone, akan jauh lebih rentan terhadap suhu panas yang berlebih pada saat digunakan dalam lingkungan yang panas.

Saat suhu lingkungan terlalu tinggi, iPhone harus bekerja lebih keras untuk menjaga agar suhunya tetap stabil. Hal ini dapat menyebabkan pemanasan berlebih dan bahkan memengaruhi kinerja iPhone itu sendiri.

Penutup

Kurang lebih itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi iPhone cepat panas. Selain beberapa hal yang telah mimin sebutkan diatas, pastikan juga kalau kalian menggunakan charger original bawaan Apple.

Sebab jika kalian menggunakan charger yang tidak sesuai dengan standar iPhone, maka hal tersebut dapat membuat iPhone menjadi panas saat di charge.

Jika kalian telah mencoba semua solusi diatas, namun permasalahan iPhone cepat panas masih berlanjut, sebaiknya kunjungi layanan perbaikan resmi Apple untuk mendapatkan bantuan dari teknisi.

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau pesan terkait pembahasan diatas, silahkan kirim pertanyaan melalui kolom komentar yang sudah disediakan.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

2 pemikiran pada “Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas”

Tinggalkan komentar

Artikel Terkait