Android

5 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Charge dengan Powerbank

HP tidak bisa di charge dengan powerbank tentunya membuat kita sangat kebingungan apalagi jika baterai HP sudah habis namun tidak bisa di charge dengan powerbank.

Masalah ini bisa membuat kita merasa bingung dan frustasi, terutama ketika kita sedang dalam perjalanan dan tidak memiliki akses ke sumber daya listrik yang stabil.

Terlepas dari seberapa besar kapasitas dari powerbank kita, terkadang ponsel sepertinya enggan untuk menerima pengisian daya dari powerbank tersebut.

Lantas bagaimana cara mengatasi HP tidak bisa di charge dengan powerbank? Nah, untuk itu silahkan disimak pembahasan pada artikel berikut.

Namun sebelum masuk kedalam inti pembasahan, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab HP tidak bisa di charge dengan powerbank.

Penyebab HP Tidak Bisa di Charge dengan Powerbank

HP Tidak Bisa di Charge dengan Powerbank

HP tidak bisa di charge dengan powerbank dapat disebabkan oleh banyak faktor-faktor, salah satu faktor yang paling sering terjadi yaitu adanya kerusakan pada kabel. Untuk penjelesan lengkapnya, silahkan simak dibawah ini.

1. Kabel Pengisi Daya Rusak

Kabel pengisi daya adalah salah satu komponen kunci dalam proses pengisian daya ponsel Anda. Ketika kabel ini mengalami kerusakan.

Hal itu tentunya bisa menjadi penyebab utama yang menyebabkan mengapa ponsel Anda tidak dapat di-charge dengan powerbank.

2. Powerbank Tidak Mencukupi Daya

Masalah kedua yang sering dihadapi adalah penggunaan powerbank dengan kapasitas daya yang tidak mencukupi untuk mengisi ponsel Anda dengan baik.

Ini dapat mengakibatkan pengisian daya yang lambat atau bahkan ponsel Anda tidak terisi sama sekali. Sebaiknya pantau indikator ini dan pastikan powerbank Anda selalu dalam kondisi terisi penuh sebelum digunakan.

3. Port Charging yang Kotor

Salah satu masalah umum yang dapat menyebabkan HP tidak bisa di charge dengan powerbank adalah kebersihan dari port charging.

Port charging pada ponsel adalah pintu gerbang utama untuk aliran daya dari powerbank ke baterai ponsel Anda. Ketika port ini tercemar oleh debu, kotoran, atau serpihan, itu dapat menghambat aliran daya.

Baca juga: Mengenal Apa itu Split Screen Samsung dan Cara Mengaktifkan

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Charge dengan Powerbank

HP Tidak Bisa di Charge dengan Powerbank

Cara mengatasi HP tidak bisa di charge dengan powerbank tidak sulit untuk dilakukan, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana caranya, silahkan simak penjelasan berikut.

Berikut cara mengatasi HP tidak bisa di charge dengan powerbank:

1. Periksa Kabel Pengisi Daya

Kabel pengisi daya adalah salah satu dari banyak komponen yang paling penting dalam proses pengisian daya ponsel Anda.

Saat menghadapi masalah pengisian daya yang sulit dengan powerbank, langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah memeriksa kabel pengisi daya.

Mulailah dengan memeriksa kondisi fisik kabel pengisi daya Anda. Amati dengan seksama apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti koyak, putus, atau bagian kabel yang terkelupas.

2. Bersihkan Port Charging

Masalah pengisian daya yang sulit dengan powerbank sering kali disebabkan oleh kotoran atau debu yang terakumulasi di dalam port charging ponsel Anda.

Port charging adalah tempat kabel pengisi daya terhubung ke ponsel dan menjadi jalur utama aliran daya. Ketika port ini berdebu atau terhalang, pengisian daya akan menjadi tidak efisien.

Namun pastikan sebelum Anda mulai membersihkan port charging, pastikan untuk mematikan ponsel Anda. Ini akan menghindari risiko korsleting atau kerusakan saat membersihkan port.

3. Restart HP

Jika Anda mengalami masalah pengisian daya yang sulit dengan powerbank, terkadang masalah tersebut dapat diselesaikan dengan melakukan restart pada ponsel Anda.

Restart adalah proses yang bisa dikatakan cukup sederhana dan dapat membantu kita untuk memulihkan fungsi perangkat lunak pada ponsel.

Setelah ponsel mati sepenuhnya, tunggu beberapa detik sebelum menyalakannya kembali. Ini memberikan waktu bagi perangkat untuk berhenti sepenuhnya sebelum dihidupkan kembali.

4. Perbarui Software HP

Terkadang, masalah pengisian daya yang sulit dengan powerbank dapat disebabkan oleh masalah perangkat lunak pada ponsel Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba memperbarui perangkat lunak ponsel Anda.

Ponsel Android dan iPhone biasanya memiliki sistem pemberitahuan untuk pembaruan perangkat lunak. Anda dapat memeriksa pemberitahuan ini untuk mengetahui apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia.

Biasanya, pembaruan perangkat lunak dapat meningkatkan kinerja ponsel dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi, termasuk masalah pengisian daya.

5. Periksa Kompabilitas

Seringkali, masalah pengisian daya yang sulit dengan powerbank dapat disebabkan oleh ketidakcocokan antara powerbank dan ponsel Anda.

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk memastikan bahwa powerbank yang Anda gunakan kompatibel dengan ponsel Anda.

Pastikan bahwa kabel pengisi daya yang Anda gunakan sesuai dengan jenis port charging ponsel Anda. Jika kabel dan port tidak cocok, pengisian daya mungkin tidak akan berfungsi.

Penutup

Jadi begitulah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi HP tidak bisa di charge dengan powerbank yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.

Perlu untuk diingat kalau beberapa powerbank memiliki daya keluaran yang lebih rendah daripada yang lain. Pastikan powerbank Anda memiliki daya keluaran yang cukup untuk mendukung ponsel Anda.

Jika ada pertanyaan yang mau disampaikan terkait artikel diatas, silahkan gunakan kolom komentar yang telah disediakan untuk berkomentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *