Laptop

Ciri-ciri dan Penyebab Baterai Laptop Bocor

Baterai laptop bocor memang menjadi suatu kendala utama bagi setiap pengguna laptop, terutama bagi seorang pekerja yang memerlukan laptop untuk melakukan pekerjaan.

Apabila laptop kalian masih baru, tentu saja daya tahan baterainya juga bisa bertahan lebih lama. Akan tetapi buat kalian yang sudah mempunyai laptop dalam waktu lama, tentu saja daya tahan baterainya juga akan menurun drastis.

Penyebab baterai laptop bocor dapat disebabkan oleh beberapa sebab, mungkin bagi kebanyakan pemilik laptop kurang mengetahui bagaimana cara untuk merawat baterai laptop agar tetap awet.

Lantas penyebab apa saja yang menyebabkan baterai laptop bocor? Silahkan simak pembahasan berikut ini.

Penyebab Baterai Laptop Bocor

Ciri-Ciri Baterai Laptop yang Bocor

Baterai laptop merupakan komponen penting dari bagian laptop yang memungkinkan perangkat kita untuk dapat bekerja secara optimal.

Biasanya baterai laptop yang bocor memiliki ciri-ciri yang hampir sama pada semua merk laptop. Berikut ini ciri-ciri baterai laptop yang bocor:

1. Baterai laptop Terlihat Membengkak

Baterai yang bocor mungkin mengalami perubahan bentuk atau bahkan bengkak. Jika Anda melihat baterai laptop Anda menggelembung, ini bisa menjadi tanda kebocoran.

Jangan pernah mengabaikan perubahan bentuk yang drastis pada baterai sebab bukan hanya saja baterai yang bermasalah tetapi bisa juga menjalar laptop.

2. Kerusakan pada Permukaan Baterai

Salah satu tanda paling jelas bahwa baterai laptop kalian mengalami kebocoran adalah adanya kerusakan pada permukaan baterai.

Jika kalian melihat ada retakan, lekukan, atau bahkan adanya cairan yang keluar pada baterai, maka ini merupakan tanda yang sangat jelas bahwa baterai kalian mengalami masalah serius.

3. Performa Laptop Menurun

Baterai laptop bocor tidak hanya berdampak pada fisiknya saja, tetapi juga bisa mempengaruhi dari segi performa secara keseluruhan laptop kalian.

Salah satu tanda umum dari kebocoran baterai adalah penurunan performa yang tidak dapat dijelaskan dengan faktor lain, seperti laptop jadi gampang hang atau lemot padahal hanya membuka sedikit aplikasi.

Nah, ciri-ciri yang mimin sebutkan diatas merupakan tanda apabila ada permasalahan pada baterai laptop kita, seperti baterai laptop yang bocor.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek ke Proyektor

Penyebab Baterai Laptop Bocor

Baterai laptop yang bocor merupakan permasalahan serius yang dapat menyebabkan kerusakan para perangkat apabila tidak ditangani dengan benar.

Tidak sedikit dari pengguna laptop yang mengalami permasalahan ini tanpa mengetahui hal apa saja penyebabnya. Berikut ini penyebab baterai laptop bocor:

Membiarkan Charger Terus Terpasang

Kebiasaan dari kebanyakan para pengguna laptop yaitu membiarkan charger terus terpasang di stop kontak meskipun baterai laptop sudah terisi penuh.

Sebab pengisian baterai yang seharusnya sudah terisi penuh akan terus mengisi dan menyebabkan terjadinya kerusakan pada bagian baterai dan hal ini merupakan penyebab baterai laptop bocor. Sebaiknya setelah baterai laptop terisi penuh, segera untuk melepas charger dari stop kontak.

Memakai Laptop Sambil di Charger

Meskipun kebanyakan laptop jaman sekarang mempunyai fitur untuk memutus otomatis daya ketika baterai sudah penuh, Namun ada beberapa laptop yang tidak memiliki fitur ini.

Menggunakan laptop sambil di charger dapat menurunkan kesehatan baterai pada laptop. Sebab, baterai akan secara terus menerus mengisi dan mengeluarkan daya di saat yang bersamaan.

Sebaiknya apabila kalian ingin menggunakan laptop untuk kebutuhan tertentu, lakukan pengisian baterai terlebih dahulu sampai full sebelum digunakan kembali.

Menggunakan Laptop Dalam Jangka Waktu Lama

Mimin yakin nih kalau kebanyakan dari orang-orang menggunakan laptop mereka dalam jangka waktu yang sangat lama, bahkan ada yang sampai berhari-hari dan tidak di istirahatkan.

Jika iya, maka hal tersebut dapat menyadi penyebab kenapa baterai laptop kalian bocor. Sebab, penggunaan laptop yang terlalu berlebihan akan membuat laptop penjadi overheat dan akan berdampak kepada kesehatan baterai.

Brightness Laptop Terlalu Terang

Mengatur pencahayaan laptop sampai ke tingkat maksimal dapat membuat pemakaian baterai menjadi lebih boros. Apalagi bagi kalian yang hobi bermain game, tentunya pasti akan mengatur pencahayaan ketingkat maksimal.

Sebaiknya atur pencahayaan laptop menjadi normal, yaitu tidak terlalu terang ataupun tidak terlalu redup, hal ini akan membuat baterai laptop kalian tidak cepat bocor.

Membuka Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Terlalu banyak membuka aplikasi dalam waktu bersamaan dapat menjadi penyebab baterai laptop bocor. Selain berdampak pada baterai, kebiasaan ini juga dapat berdampak pada penggunaan RAM dan Processor menjadi berlebihan.

Baiknya untuk segera menutup aplikasi yang sudah tidak lagi digunakan untuk lebih menghemat pemakaian baterai laptop kalian.

Membiarkan Laptop Sampai Lowbat Total

Membiarkan laptop sampai dalam keadaan lowbat total dapat mengakibatkan baterai akan menjadi cepat rusak dan tidak menutup kemungkinan akan bocor.

Untuk mencegah kerusakan pada baterai laptop, sebaiknya untuk segera mengisi daya jika baterai laptop telah mencapai angka kurang lebih 20 persen.

Hal ini akan membuat baterai laptop kalian menjadi jauh lebih awet. Namun perlu diingat pada saat mengisi daya baterai sebaiknya hindari untuk memakai laptop sembari di charger.

Terlalu Sering Melepas Pasang Baterai

Mungkin kebanyakan laptop jaman sekarang sudah memiliki baterai yang tidak bisa dilepas pasang lagi alias baterai tanam. Namun masih ada beberapa laptop yang baterainya bisa dilepas pasang.

Sebaiknya hindari untuk melakukan kebiasaan melepas pasang beterai, sebab hal ini dapat mimicu kerukan pada komponen beterai dan membuat tempat penyimpanan beterai menjadi longgar.

Penutup

Nah, jadi seperti itulah beberapa penyebab kenapa baterai laptop bocor yang sebisa mungkin harus kalian hindari untuk menjaga baterai laptop tetap awet.

Sebaiknya jangan lakukan hal-hal tersebut untuk menghindari adanya kerusakan yang lebih fatal pada baterai laptop kalian.

Hindari kebiasan buruk yang sudah mimin sebutkan diatas agar umur baterai dan laptop bisa bertahan jauh lebih lama.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *