Windows

Cara Update Windows 11 Secara Otomatis dan Manual

Cara update Windows 11 adalah suatu hal terpenting yang memungkinkan kita untuk mendapatkan fitur-fitur baru dan memperbaiki bug yang ada pada versi Windows 11 sebelumnya.

Stabilitas dari perangkat kita juga akan bertambah secara signifikan. Misalnya dari yang tadinya PC atau laptop kita lemot, bisa menjadi lebih ringan.

Bagi mimin pribadi sih, mengupdate Windows adalah hal yang wajib untuk dilakukan untuk menjaga perangkat kita tetap dalam keadaan optimal.

Lantas bagaimana cara update Windows 11 ke versi terbaru? Berikut ini mimin akan menjelaskan cara-caranya.

Cara Update Windows 11 Versi Terbaru

Untuk mengupdate sistem operasi Windows 11 ini, kalian bisa menggunakan beberapa cara, mulai dari cara manual sampai dengan cara otomatis.

Selain itu, cara yang mimin sediakan juga bisa diterapkan untuk semua versi Windows 11, mulai dari enterprise, home, student, dan pro. Berikut ini cara-caranya:

1. Menggunakan Update Assistant

Cara pertama yaitu kalian bisa menggunakan sebuah tool yang disediakan langsung dari Microsoft untuk mengupdate Windows 11.

Namun apabila kalian ingin menggunakan cara ini, pastikan terlebih dahulu kalau Windows 11 yang kalian gunakan adalah Windows 11 original.

Berikut ini langkah-langkah cara update Windows 11 secara otomatis di laptop dan PC:

Langkah 1: Pertama-tama silahkan install tool Update Assitant untuk Windows 11 yang bisa didapatkan dari website resmi Microsoft.

Langkah 2: Selanjutnya silahkan install Update Assistant tersebut kedalam perangkat laptop atau PC kalian.

Cara Update Windows 11

Langkah 3: Setelah selesai, silahkan buka tool Update Assistant tersebut dengan memberikan akses Administrator. Caranya silahkan klik kanan lalu klik Run as administator.

Langkah 4: Jika sudah silahkan klik Update Now dan tunggu selama beberapa saat sampai proses update Windows 11 selesai.

Langkah 5: Terakhir, silahkan buka kembali Update Assistant Untuk mengecek apakah Windows 11 kalian telah diupdate ke versi paling baru.

Cara Update Windows 11

2. Menggunakan Windows Update

Berikutnya kalian juga bisa mengupdate Windows 11 dengan menggunakan fitur Windows Update yang ada di menu pengaturan Windows.

Berikut ini cara update Windows 11 secara manual melalui Windows Update:

Pertama: Silahkan tekan tombol Windows di keyboard lalu masuk kedalam menu Windows settings.

Cara Update Windows 11

Kedua: Di halaman Windows Settings, silahkan klik Windows Update yang berada di menu paling bawah. Selanjutnya klik Check for updates.

Cara Update Windows 11

Ketiga: Silahkan tunggu beberapa saat sampai sistem Windows selesai memeriksa update yang tersedia untuk perangkat kalian.

Keempat: Apabila ada update baru yang tersedia, silahkan install update tersebut untuk menerapkannya di perangkat kalian.

Tunggu sampai proses update tersebut selesai, biasanya memakan waktu kurang lebih 30 menit, tergantung dari besar ukuran dari file update tersebut.

Catatan: Lama atau cepatnya update ditentukan dari koneksi internet yang kalian gunakan. Pastikan kalian menggunakan koneksi internet yang stabil agar proses update dapat berjalan dengan cepat.

Cara Update Windows 11

Kelima: Selanjutnya setelah update telah selesai, silahkan klik Restart now untuk merestart perangkat kalian sehabis melakukan update.

Cara Update Windows 11

Keenam: Selesai.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi iPhone tidak Terdeteksi di Laptop

3. Melalui Media Creation Tools

Selain menggunakan beberapa cara diatas, kalian juga bisa menggunakan alat tambahan yang telah disediakan oleh Microsoft, yakni dengan menggunakan Media Creation Tools.

Cara untuk menggunakannya juga bisa dibilang cukup mudah sih, dan data-data dari update tersebut bisa juga kita letakkan di penyimpanan lain seperti flashdisk atau hardisk eksternal.

Jika kalian ingin mencoba cara update Windows 11 melalui Media Creation Tool ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Pertama-tama, kalian harus mengetahui terlebih dahulu arsistektur dari Windows 11 yang kalian gunakan. Caranya, tekan shortcut keyboard Win + e > klik kanan pada This PC > lalu klik properties.

Cara Update Windows 11

Disini perangkat mimin menggunakan Windows 11 versi 64-bit. Jika kalian juga menggunakan Windows 11 versi 64-bit yang sama, maka kita bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah 2: Selanjutnya silahkan install Media Creation Tools melalui website resmi Microsoft.

Cara Update Windows 11

Langkah 3: Jika sudah, silahkan jalankan Media Creation Tool dengan menggunakan akses admin.

Cara Update Windows 11

Langkah 4: Selanjutnya klik Accept pada jendela instalasi Windows 11 tersebut.

Cara Update Windows 11

Langkah 5: Berikutnya, kalian harus memilih beberapa opsi untuk dapat melanjutkan proses instalasi update Windows 11. Maka silahkan pilih Language dan Edition, setelah itu klik Next.

Cara Update Windows 11

Langkah 6: Selanjutnya sistem akan memulai proses instalasi Windows 11 kedalam perangkat yang disediakan. Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.

Cara Update Windows 11

Langkah 7: Setelah proses instalasi selesai, kalian akan diminta untuk merestart perangkat kalian dan sistem akan secara otomatis memulai proses update Windows 11 tersebut.

4. Microsoft Update Catalog

Bagi kalian yang ingin mengetahui cara update Windows 11 secara offline, maka kalian bisa menggunakan cara ini.

Tidak hanya bisa digunakan untuk menginstal update sistem operasi, namun Microsoft Update Catalog juga bisa digunakan untuk menginstal driver pada perangkat kita, seperti Driver VGA, Audio, dan lain sebagainya.

Namun sebelum itu, kalian harus menginstall patch Microsoft Update Catalog terlebih dahulu di perangkat kalian. Selain itu, patch tersebut juga disediakan oleh Microsoft secara gratis.

Berikut cara update Windows 11 secara offline menggunakan patch Microsoft Update Catalog:

Langkah 1: Pertama-tama, silahkan kunjung situs Microsoft Update Catalog terlebih dahulu.

Langkah 2: Pada halaman Microsoft Update Catalog, silahkan cara patch yang sesuai dengan Windows 11 yang kalian gunakan.

Misalnya versi 21H2, 22H2, dan 23H2. Selanjutnya simpan file update tersebut kedalam perangkat kalian.

Cara Update Windows 11

Langkah 3: Setelah itu, ekstrak file patch update yang tadi kalian simpan dari Microsoft Update Catalog.

Cara Update Windows 11

Langkah 4: Selanjutnya kalian bisa memulai proses instalasi, dengan double click file berekstensi exe. Jika sudah selesai, silahkan restart PC atau laptop kalian.

Jika kalian sama sekali belum terbiasa atau familiar dengan menggunakan patch ini, sebaiknya pakai beberapa cara yang sudah mimin sediakan diatas.

Sebab, menggunakan patch yang disediakan Microsoft Update Catalog ini, bisa dibilang tidak terlalu praktis dan terkadang ada beberapa file yang terpisah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Local Disk C Penuh Pada Windows

Penutup

Jadi begitulah cara update Windows 11 secara manual dan otomatis dengan menggunakan beberapa tools yang disediakan oleh Microsoft.

Mengupdate Windows 11 merupakan hal yang sangat penting, supaya perangkat kalian bisa berjalan secara optimal dan menghilangkan bug-bug yang ada pada sistem operasi sebelumnya.

Sekian informasi yang bisa mimin sampaikan kali ini. Jika kalian mempunyai pendapat lain atau pertanyaan yang ingin disampaikan, silahkan gunakan kolom komentar untuk sharing dan berdiskusi.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *