Android

Cara Unlock Bootloader Asus Semua Tipe

Cara unlock bootloader asus umumnya pengguna melakukan proses Unlock bootloader atau UBL bertujuan agar bisa mendapatkan akses penuh pada device atau perangkat yang mereka miliki.

Namun yang menjadi masalah sebelum melakukan proses ini adalah Bootloader. Padahal akses sistem boot yang terbuka menjadi syarat utama agar bisa melakukan Aksesbilitas penuh pada device.

Salah satu vendor smartphone yang melakukan unlock bootloader adalah merk Asus. Tentunya ini membuat kamu sebagai pengguna tidak bisa melakukan kustomisasi ROM, recovery, root, overclocking, dan sebagainya.

Langkah yang tepat dalam mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan cara unlock bootloader Asus seperti penjelasan dibawah.

Apa itu Bootloader

Sebelum kita memulai proses cara unlock bootloader Asus, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu bootloader. Bootloader adalah program yang berjalan pada perangkat Anda saat booting.

Ini memeriksa integritas sistem dan memuat sistem operasi. Saat Anda membeli ponsel Asus baru, bootloader biasanya dikunci oleh produsen untuk mencegah penggunaan sistem yang tidak resmi.

Secara sederhana, bootloader bertindak sebagai pengawas yang mengatur proses booting perangkat Anda. Ketika Anda menyalakan ponsel Asus Anda, bootloader pertama-tama melakukan pemeriksaan penting terhadap komponen.

Ini termasuk memeriksa integritas sistem, mengidentifikasi perangkat keras yang terhubung, dan memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik. Setelah itu, bootloader akan memuat sistem operasi yang telah diinstal perangkat.

Namun, pada perangkat Asus dan banyak perangkat lainnya, bootloader ini biasanya dikunci oleh pabrikan. Ini berarti bahwa perangkat hanya akan memuat sistem operasi resmi yang telah diberikan oleh produsen.

Cara Unlock Bootloader Asus

Cara Unlock Bootloader Asus

Bootloader merupakan sebuah sistem yang disematkan untuk setiap perangkat smartphone Android. Bentuk dari sistem ini menyerupai kode yang berjalan pada saat proses boot dilakukan.

Adanya kode ini berfungsi untuk menginisialisasi beberapa hardware, lalu memuat kernel dan ramdisk agar proses boot dapat berjalan secara maksimal tanpa terjadi masalah.

Langkah yang tentu saja bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara unlock Bootloader HP Asus.

Dalam melakukan cara unlock bootloader Asus ini tersedia dua cara yang bisa kamu gunakan, yakni menggunakan Aplikasi Unlock Bootloader secara langsung atau dengan menggunakan bantuan PC.

Nah, sebelum itu ada baiknya untuk memasikan terlebih dahulu kalau USB Debugging Asus telah aktif sebelumnya di perangkat Anda.

Berikut ini cara unlock bootloader Asus semua tipe:

  1. Anda bisa menyiapkan dan memindahkan berkas TWRP yang khusus untuk perangkat kamu ke dalam folder Unlock (hasil ekstrak Tools UBL)
  2. Kemudian ubah file name tersebut menjadi twrp.img.
  3. Selanjutnya, masuk ke dalam Mode Fastboot dengan cara menahan tombol Volume Up dan Power secara bersamaan.
  4. Pilih folder Unlock dan buka melalui Open Command Window Here.
  5. Masukan intruksi fastboot flash recovery twrp.img pada tampilan CMD.
  6. Tekan tombol Enter untuk melakukan proses installasi TWRP Recovery.
  7. Selanjutnya, masuk ke bagian TWRP Recovery perangkat dengan cara menahan tombol kombinasi Volume Down dan Power.
  8. Pilih Swipe to Allow Modification untuk beralih ke menu awal TWRP.
  9. Selanjutnya, masuk ke menu Install, lalu Select Storage, dan pilih Micro SD. Setelah itu, masuk ke dalam file decrypt.zip.
  10. Kemudian pilih Reebot System dan pilih “Do Not Install” secara otomatis perangkat akan melakukan reboot.
  11. Jika smartphone sudah menyala, berarti proses pemasangan TWRP berhasil dilakukan.

Dalam melakukan proses pasang TWRP, kamu perlu menunggu waktu yang lumayan cukup lama. Hal ini dikarenakan TWRP melakukan Reset Factory, yaitu menghapus semua data yang ada di device atau perangkat smartphone.

Penutup

Kurang lebih seperti itulah pembahasan mengenai bagaimana cara unlock bootloader Asus semua tipe yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.

Pertama, penting untuk diingat bahwa langkah-langkah yang kami bagikan di sini adalah prosedur yang berisiko. Unlock bootloader akan menghapus semua data dari perangkat Anda, dan tindakan ini bisa membatalkan garansi.

Selanjutnya, setelah Anda berhasil unlock bootloader, Anda akan memiliki akses ke berbagai kemungkinan baru. Anda dapat menginstal ROM kustom yang memberikan kontrol lebih besar atas tampilan dan kinerja perangkat Anda.

Terakhir, perlu diingat bahwa unlock bootloader dapat mempengaruhi keamanan perangkat Anda. Setelah Anda membuka kunci bootloader, perangkat Anda menjadi lebih rentan terhadap serangan virus.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *