Aplikasi

Cara Share Screen di Zoom Meeting di Laptop dan HP

Cara share screen di zoom terbilang sangat gampang untuk dilakukan terutama bagi Anda yang ingin membagikan layar pada saat meeting atau saat sedang melakukan proses belajar mengajar.

Apalagi di zaman ini, segala sesuatu bentuk kegiatan dilakukan secara daring atau online, baik itu untuk urusan pekerjaan, seminar, diskusi serta belajar.

Selain dapat digunakan di segala perangkat Zoom meeting juga menyediakan berbagai macam fitur yang dapat menunjang kegiatan daring, salah satunya yaitu fitur share screen.

Lantas bagaimana cara share screen di Zoom meeting, silahkan simak pembahasan artikel yang akan dibahas sampai selesai.

Apa itu Zoom Meeting

Zoom Meeting adalah sebuah platform video konferensi yang telah menjadi salah satu alat paling penting dalam dunia pertemuan virtual dan komunikasi online.

Platform ini memungkinkan orang-orang dari berbagai lokasi, baik di dalam maupun di luar negeri, untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung, seolah-olah mereka berada dalam satu ruangan.

Salah satu fitur utama Zoom Meeting adalah kemampuannya untuk mengadakan pertemuan melalui video, yang memungkinkan peserta melihat dan mendengar satu sama lain dengan jelas.

Ini sangat berguna dalam berbagai situasi, seperti rapat bisnis, pelatihan karyawan, kuliah online, konsultasi medis jarak jauh, atau bahkan pertemuan keluarga dan teman-teman.

Zoom Meeting juga memiliki kemampuan untuk merekam pertemuan, sehingga peserta yang tidak dapat menghadiri secara langsung dapat menonton rekaman pertemuan tersebut nanti.

Cara Share Screen di Zoom Meeting

Fitur share screen Zoom berfungsi untuk menampilkan atau membagikan tampilan layar laptop atau hp kepada peserta Zoom meeting lainnya.

Biasa nya Share Screen digunakan pada saat melakukan presentasi, seminar ataupun pada saat mengikuti ujian skripsi secara online.

Nah, bagi Anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara share screen di zoom, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Berikut cara share screen di Zoom meeting melalui laptop dan HP:

Cara Share Screen Zoom di Laptop

Supaya Anda dapat membagikan layar di Zoom kepada para peserta lain, maka Anda haruslah menjadi Host di meeting, akan tetapi peserta juga dapat membagikan layarnya apabila telah mendapatkan izin dari Host meeting.

Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pertama-tama silahkan buka aplikasi Zoom meeting di laptop.

Langkah 2: Selanjutnya pada dashboard Zoom, klik Share Screen.

Cara Share Screen di Zoom Meeting

Langkah 3: Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan ID meeting. lalu masukkan ID dan Password untuk bergabung kedalam meeting.

Cara Share Screen di Zoom Meeting

Langkah 4: Nanti akan terlihat beberapa pilihan layar yang dapat Anda bagikan seperti aplikasi yang sedang Anda jalankan atau whiteboard.

Langkah 5: Setelah selesai memilih layar, kemudian klik Share.

Langkah 6: Apabila Anda sebelumnya telah bergabung ke dalam meeting, maka Anda hanya tinggal mengklik tombol Share Screen yang terdapat pada bagian bawah layar meeting.

Baca juga: Cara Membuat Meeting Zoom di Laptop dan HP

Cara Share Screen Zoom di HP

Cara share screen zoom di hp sangat mudah dan simpel untuk dilakukan dan cara nya pun tidak jauh berbeda dengan di laptop.

Perbedaannya yaitu Anda dapat dengan mudah melakukan meeting Zoom dimana saja dan kapan saja melalui smartphone Android ataupun Iphone.

Berikut ini cara share screen Zoom di hp:

Pertama: Langkah pertama yaitu jalankan aplikasi Zoom meeting melalui smartphone Android atau iPhone.

Kedua: Pada layar menu utama zoom HP, tekan Share Screen, untuk membagikan layar.

Cara Share Screen di Zoom Meeting

Ketiga: Selanjutnya, silahkan masukkan kembali Sharing key atau Meeting ID serta password meeting room.

Cara Share Screen di Zoom Meeting

Keempat: Langkah Terakhir yaitu silahkan tekan Start Now untuk mulai membagikan layar ke para peserta Zoom meeting.

Langkah-langkah di atas tersebut dapat Anda gunakan untuk segala jenis smartphone Android ataupun Iphone, sebab aplikasi Zoom telah mendukung segala jenis perangkat smartphone.

Penutup

Jadi begitulah pembahasan mengenai bagaimana cara share screen di Zoom meeting dengan menggunakan laptop dan juga melalui HP.

Sekiranya dengan mengikuti langkah-langkah cara share screen di Zoom meeting diatas, dapat membantu Anda untuk membagikan layar yang akan digunakan dalam meeting.

Apabila ada pertanyaan atau pesan yang ingin disampaikan terkait pembahasan artikel diatas, silahkan kirim komentar menggunakan kolom komentar yang telah disediakan dibawah.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *