Aplikasi

Penyebab dan Cara Setting PPSSPP Agar Tidak Lag

Cara setting PPSSPP agar tidak lag mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang yang menggunakan emulator ini untuk memainkan game favorit mereka.

Sebelumnya bagi yang belum memilki aplikasi PPSSPP kamu bisa langsung mengunjungi web resmi dari PPSSPP untuk mendapatkan versi terbaru dari aplikasi PPSSPP.

Atau jika Anda menggunakan android bisa juga langsung instal dari Google Play Store dengan memasukan kata kunci PPSSPP di pencarian.

Namun, tidak sedikit dari banyak pengguna menghadapi masalah lag saat menggunakan aplikasi ini, terutama saat sedang bermain game dengan ukuran besar.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara setting PPSSPP agar tidak lag, silahkan simak pembahasan berikut sampai selesai.

Apa Itu PPSSPP

Sebelum kita membahas cara setting PPSSPP agar tidak lag, ada baiknya mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu aplikasi PPSSPP.

PPSSPP adalah emulator open-source yang memungkinkan Anda menjalankan game PlayStation Portable (PSP) di perangkat Android Anda.

Emulator ini memiliki fungsi yang memungkinkan Anda untuk dapat menikmati game konsol PSP favorit Anda secara portabel.

Penyebab PPSSPP Lag

Cara Setting PPSSPP Agar Tidak Lag

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa aplikasi PPSSPP lag, salah satunya yaitu adanya konfigurasi didalam emulator yang tidak sesuai. Berikut ini penyebab PPSSPP lag:

1. Tidak Cukup Resource

Salah satu penyebab umum terjadinya lag pada PPSSPP adalah kekurangan sumber daya perangkat. Ini terjadi ketika perangkat Android tidak memiliki spesifikasi yang cukup tinggi untuk menjalankan game PSP dengan lancar.

Bermain game PSP membutuhkan daya pemrosesan yang cukup besar, dan jika perangkat Anda tidak memenuhi persyaratan minimum, maka Anda mungkin akan menghadapi masalah lag yang mengganggu.

2. Kesalahan Konfigurasi PPSSPP

Faktor lain yang sering menyebabkan lag saat menggunakan aplikasi PPSSPP adalah konfigurasi emulator yang tidak tepat.

Emulator PPSSPP memiliki berbagai pengaturan yang dapat mempengaruhi kinerja permainan, dan jika konfigurasi ini tidak sesuai dengan perangkat Anda, maka lag bisa menjadi masalah yang umum terjadi.

3. File ISO Rusak

Masalah lain yang dapat menyebabkan lag saat menggunakan aplikasi PPSSPP adalah file ISO yang rusak atau tidak sempurna. File ISO adalah salinan dari game PSP yang digunakan oleh emulator untuk menjalankan game.

Jika file ISO yang Anda gunakan mengalami kerusakan atau rusak, maka ini dapat mengakibatkan masalah kinerja saat bermain game.

Baca juga: Cara Membuat Server Discord yang Benar

Cara Setting PPSSPP Agar Tidak Lag

Cara Setting PPSSPP Agar Tidak Lag

Cara setting PPSSPP agar tidak lag tidak sulit untuk dilakukan. Bagi Anda yang penasaran bagaimana caranya, berikut cara setting PPSSPP agar tidak lag:

1. Periksa Spesifikasi Perangkat

Salah satu penyebab umum terjadinya lag saat menggunakan aplikasi PPSSPP adalah perangkat Android yang tidak memiliki spesifikasi yang memadai.

Dalam hal ini, penting untuk memeriksa spesifikasi perangkat Anda sebelum bermain game di PPSSPP, seperti memeriksa ram, kapasitas penyimpanan dan lain sebagainya.

2. Update PPSSPP

Penting untuk selalu menjaga emulator PPSSPP Anda tetap diperbarui ke versi terbaru. Ini karena pengembang terus memperbaiki kinerja emulator, mengatasi bug, dan menambahkan fitur baru.

Jika Anda menggunakan versi emulator yang sudah lama, Anda mungkin akan menghadapi masalah lag dan masalah kinerja lainnya.

3. Konfigurasi Grafis PPSSPP

Mengatur konfigurasi grafis yang optimal adalah langkah penting dalam mengatasi masalah lag saat menggunakan emulator PPSSPP.

Dengan melakukan penyesuaian yang benar, Anda dapat meningkatkan kinerja permainan tanpa harus mengorbankan kualitas grafis yang terlalu banyak.

4. Periksa File ISO Game

Selain memeriksa spesifikasi perangkat dan mengatur konfigurasi emulator, penting juga untuk memeriksa kondisi file game yang Anda gunakan dalam emulator PPSSPP.

File game yang rusak atau tidak sempurna dapat menjadi penyebab masalah lag dan kinerja buruk saat bermain game PSP di perangkat Anda.

5. Aktifkan Mode Performa Tinggi

Salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah lag saat menggunakan aplikasi PPSSPP adalah dengan mengaktifkan mode performa tinggi pada perangkat Android Anda.

Mode ini memprioritaskan kinerja perangkat dan dapat membantu meningkatkan kinerja emulator PPSSPP, sehingga game PSP dapat berjalan lebih lancar. Berikut caranya:

  1. Buka Pengaturan Perangkat.
  2. Cari Mode Performa atau Mode Kinerja Tinggi.
  3. Aktifkan Mode Performa Tinggi.
  4. Uji Kinerja Emulator.
  5. Selesai.

Namun, penting untuk diingat bahwa mengaktifkan mode performa tinggi dapat meningkatkan konsumsi daya baterai perangkat Anda.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan mode ini saat Anda bermain game dan matikan setelah selesai bermain game.

Baca juga: Cara Nobar di Discord Lewat PC dan HP

Cara Menambah FPS PPSSPP

Cara Setting PPSSPP Agar Tidak Lag

Apabila Anda telah melakukan cara setting PPSSPP agar tidak lag diatas, namun jika Anda masih juga merasa bahwa pengaturan tersebut kurang pas atau masih juga mengalami lag, maka Anda juga masih bisa memaksimalkan FPS.

Berikut ini cara memaksimalkan FPS PPSSPP :

  1. Silahkan masuk ke menu setting PPSSPP
  2. Atur frame skipping menjadi 1 atau 2
  3. Jika speed masih kurang maksimal sekarang cobalah untuk menaikan CPU speed pada menu system naikan angka change emulated PSP’s CPU clock antara 30-60.

Kami yakin jika Anda mau mencoba-coba settingan dengan sabar pasti akan menemukan konfigurasi yang pas untuk bermain game di PPSSPP tanpa lemot.

Penutup

Jadi begitulah pembahasan mengenai bagaimana cara setting PPSSPP agar tidak lag dengan menggunakan beberapa metode yang bisa dibilang cukup mudah dilakukan

Walaupun spesifikasi handphone yang digunakan masih dibawah standar. Semoga dengan melakukan cara setting PPSSPP agar tidak lag seperti langkah diatas anda tidak akan lagi mengalami masalah.

Permasalahan tersebut menyangkut ppsspp gambar berhenti, gambar ppsspp patah-patah, ppsspp suara hilang, ppsspp lambat atau sayangnya ppsspp telah berhenti dan lain-lain.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *