Aplikasi

Cara Setting OBS untuk Recording yang Benar

Cara setting OBS untuk recording sangatlah mudah untuk dilakukan, khususnya bagi kalian yang seorang content creator dan ingin menyetting OBS untuk keperluan recording.

OBS sering sekali digunakan bagi para content creator untuk merecord display capture dari layar perangkat untuk merecord gameplay ataupun membuat konten.

Tentu saja pada saat kalian melakukan recording menggunakan aplikasi OBS, pastinya kalian menginginkan kualitas video yang bagus dan tidak lag bukan? Maka dari itu kita perlu melakukan setting OBS sebelum recording.

Menggunakan settingan default dari OBS memang jauh lebih praktis, namun masih ada cara setting OBS untuk recording lain yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan OBS saat kita sedang melakukan recording.

Apa itu OBS

Open Broadcast Software atau yang sering disebut OBS Studio adalah suatu aplikasi open source yang dapat diakses oleh semua orang secara gratis.

OBS sendiri telah menjadi software untuk melakukan kegiatan recording ataupun live streaming yang sangat populer di kalangan para conten creator.

Aplikasi ini sering digunakan untuk melakukan recording sebagai keperluan konten seperti video Youtube, Instagram, dan platform lainnya.

Terlepas dari itu, yang membuat OBS begitu istimewa yaitu OBS memiliki kemampuan untuk menangkap gambar dan suara dalam kualitas tinggi, serta memberikan kalian kontrol penuh selama proses recording.

OBS dapat digunakan di perangkat berbasis Windows, Mac, dan berbagai jenis perangkat lainnya. Cara penggunaan nya pun cukup mudah, kalian hanya harus menginstall OBS di perangkat kalian.

Baca juga: Cara Membuat Server Discord yang Benar

Cara Setting OBS untuk Recording

Pada saat kalian baru saja menginstal OBS, maka settingan yang ada pada aplikasi OBS akan di set ke mode default dan disesuaikan dengan spesifikasi perangkat kalian.

Namun tidak sedikit orang yang menggunakan settingan default ini ketika melakukan recording, hasil dari recording tersebut akan lag atau patah-patah.

Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena pada pembahasan kali ini mimin akan menjelaskan langkah-langkah bagaimana cara setting OBS untuk recording. Berikut ini cara-caranya:

1. Mengatur Pengaturan General

Pengaturan general yang ada di OBS Studio sangat pengting dan tidak boleh dilewatkan, sebab pengaturan general ini akan mempengaruhi pengaturan lainnya. Berikut ini cara mengatur nya:

Langkah 1: Silahkan buka OBS Studio lalu pilih Settings yang terletak di menu paling kanan di bawah menu Controls.

Cara Setting OBS untuk Recording

Langkah 2: Didalam menu Settings, silahkan klik menu General yang ada dipaling atas. Kemudian dimenu general akan muncul beberapa opsi yang bisa kalian atur.

Mimin sendiri menyarankan untuk ceklis pada Automatically check for update on startup yang ada di menu Updates, agar OBS dapat melakukan pengecekan update yang ada pada OBS Studio kalian.

Pada menu Source Alignment Snapping, silahkan ceklis juga Snap Sources to edge of screen dan Snap Sources to other sources.

Cara Setting OBS untuk Recording

2. Mengatur Output

Pada pengaturan output ini kalian bisa mengatur tempat rekaman video yang akan disimpan di perangkat kalian, selain itu, kalian juga bisa mengatur format video yang akan digunakan sebagai output. Berikut ini langkahnya.

Langkah 1: Masih didalam menu Settings, silahkan pilih menu Output, lalu pada output mode silahkan ubah pengaturan dari Simple ke mode Advanced.

Hal tersebut bertujuan agar kalian bisa melakukan pengaturan lanjutan untuk keperluan seperti streaming ataupun recording pada OBS Studio.

Cara Setting OBS untuk Recording

Langkah 2: Setelah selesai mengubah ke mode Advance, selanjutnya silahkan pilih tab Recording. Di dalam tab recording kalian bisa memlih Type menjadi Standart.

Sedangkan untuk Recording Path kalian bisa menentukan dimana lokasi video yang telah kalian rekam akan tersimpan dan untuk Recording Format silahkan ubah dari MKV ke MP4 agar ukuran video tidak terlalu besar.

Selanjutnya pada bagian Encoder, silahkan diubah ke X264 jika spesikasi perangkat yang kalian gunakan standart dan untuk setelan lainnya dibiarkan default.

Cara Setting OBS untuk Recording

3. Mengatur Kualitas Video

Melakukan setting pada kualitas video merupakan cara setting OBS untuk recording yang paling berpengaruh, sebab settingan dari kualitas video OBS sendiri berdampak pada video yang akan di record.

Selain itu settingan tersebut dapat berpengaruh dengan kualitas dan kelancaran video yang akan kalian rekam seperti resolusi dan FPS pada video kalian. Berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah 1: Pada menu Settings, silahkan klik menu Video. Didalam menu video kalian akan melihat beberapa opsi seperti Base resolution, Output resolusion, dan Common FPS Value.

Cara Setting OBS untuk Recording

Langkah 2: Pada opsi-opsi tersebut silahkan kalian sesuaikan sesuai dengan spesifikasi perangkat yang kalian gunakan. Jika spesifikasi perangkat kalian cukup tinggi, sebaiknya atur resolusinya ke 1920×1080 dan FPS di set ke 60 FPS.

Apabila spesifikasi perangkat kalian standar, silahkan untuk mengatur dan mengubah resolusi video ke 1280×720 dan jangan lupa Common FPS Values di set ke 30 FPS.

Cara Setting OBS untuk Recording

Penutup

Seperti itulah beberapa tips yang bisa kalian coba terapkan sebagai cara setting OBS untuk recording. Perlu diketahui kalau spesifikasi dari suatu perangkat sangat berpengaruh dari settingan tersebut.

Selain kualitas recording yang diatur agar video yang di export lebih jernih tanpa lag, ukuran atau size dari video yang di export juga lebih kecil.

Jangan ragu untuk mengkonfigurasi berbagai pengaturan cara setting OBS untuk recording yang telah dijelaskan diatas untuk mendapatkan hasil recording yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan kalian.

Menurut mimin sendiri sih, cara setting OBS untuk recording diatas merupakan settingan OBS yang optimal untuk memaksimalkan performa dalam melakukan recording.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *