iOS

Cara Mudah Mengatasi Penyimpanan iPhone Penuh

Penyimpanan iPhone penuh memanglah membuat beberapa pengguna smartphone ini pasti merasa kebingungan, apalagi file atau foto-foto yang tersimpan cuman sedikit namun penyimpanan iPhone penuh.

Ketika kalian mempunyai iPhone, pasti salah satu masalah umum yang mungkin kalian hadapi adalah penyimpanan penuh.

Memori penyimpanan yang penuh pada smartphone berbasis IOS ini memanglah sangat mengusik, terlebih lagi ketika kita ingin menginstall suatu aplikasi, menyimpan dokumen ataupun melakukan update IOS.

Penyimpanan iPhone penuh memang sangat menganggu, apalagi ketika kita ingin menginstal suatu aplikasi atau ingin mengambil foto.

Supaya kita bisa lebih memahami permasalahan penyimpanan iPhone penuh dengan baik, sebaiknya kita perlu memahami hal apa saja yang menyebabkan penyimpanan iPhone penuh.

Penyebab Penyimpanan iPhone penuh

Ada beberapa hal yang dapat menjadi faktor yang menyebabkan kenapa penyimpanan iPhone penuh seperti terlalu banyak foto-foto ataupun cache yang menumpuk terlalu besar.

Berikut ini penyebab penyimpanan iPhone penuh :

  • File cache yang menumpuk
  • Kapasitas ruang penyimpanan yang terbatas
  • Terlalu banyak aplikasi yang terpasang
  • Foto dan video dengan ukuran besar

Selain dari beberapa penyebab diatas, fitur seperti auto backup chat di aplikasi seperti Whatsapp, Line, dan lain sebagainya dapat juga mengakibatkan penyimpanan iPhone cepat penuh.

Akan tetapi bagaimana cara untuk mengatasi permasalahan penyimpanan iPhone penuh tersebut? Silahkan simak pembahasan berikut.

Baca juga: Cara Mengatasi Tidak Dapat Terhubung Ke App Store

Mengatasi Penyimpanan iPhone Penuh

Terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi penyimpanan iPhone penuh ini yang bisa kalian lakukan sendiri tanpa menggunakan bantuan orang lain.

Berikut ini akan kami jelaskan beberapa cara untuk mengatasi penyimpanan iPhone penuh, silahkan untuk disimak pembahasan berikut.

1. Membersihkan Penyimpanan iPhone

Salah satu cara yang bisa kalian lakukan yaitu dengan membersihkan penyimpanan iPhone kalian. Penyimpanan yang penuh dapat disebabkan oleh cache browser Safari yang sudah menumpuk terlalu banyak.

Selain dapat menghapus file-file sampah yang bertumpuk, cara tersebut juga dapat memperlancar dan mempercepat kinerja iPhone kalian. Berikut ini langkah-langkah cara membersihkan penyimpanan iPhone dan Ipad.

Langkah 1: Silahkan buka Pengaturan atau Settings pada perangkat kalian apabila menggunakan iPhone atau IPad.

Langkah 2: Didalam menu settings silahkan scroll kebawah sampai kalian menemukan browser Safari, silahkan tekan pada menu Safari.

Penyimpanan IPhone Penuh

Langkah 3: Dimenu Safari silahkan scroll lagi kebawah sampai kalian menemukan tulisan Clear History and Website Data lalu tekan Clear.

Penyimpanan IPhone Penuh

2. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Seperti yang telah dibahas mengenai penyebab penyimpanan iPhone penuh, salah satu penyebab permasalahan ini yaitu ada banyak aplikasi yang terinstall pada perangkat.

Aplikasi-aplikasi tersebut pastinya memakan banyak ruang penyimpanan. Apalagi kalau ada banyak aplikasi yang terinstal ada iPhone atau iPad kalian.

Sebaiknya hapus atau sortir aplikasi yang sudah tidak kalian gunakan lagi, hal ini akan memberikan space yang lebih pada penyimpanan iPhone atau iPad kalian.

Penyimpanan IPhone Penuh

3. Memindahkan Foto dan Video ke ICloud

Foto-foto atau video yang sudah terlalu banyak tersimpan pada penyimpanan iPhone atau iPad kalian dapat menjadi penyebab utama kenapa penyimpanan iPhone penuh.

Apalagi jika ukuran atau resolusi dari foto & video tersebut sangat besar, sebaiknya disarankan untuk memindahkan sebagian atau beberapa foto dan video ke penyimpanan iCloud kalian.

Selain dapat membebaskan space penyimpanan, hal ini juga dapat menjadi media penyimpanan sementara jika suatu saat nanti kalian ingin mengganti iPhone kalian dan ingin merestore foto dari iPhone lama kalian.

Berikut ini cara memindahkan foto ke penyimpanan iCloud:

Langkah 1: Buka menu Settings atau Pengaturan lalu dalam menu pengaturan silahkan tap pada Apple ID yang ada paling atas di menu pengaturan.

Langkah 2: Pada menu tersebut silahkan tap pada iCloud lalu pada iCloud Drive di set ke on untuk mengaktifkan penyimpanan iCloud dan iCloud Backup juga diset ke on.

Penyimpanan IPhone Penuh

Secara otomatis iCloud akan membackup foto-foto dan video ke dalam penyimpanan iCloud. Namun perlu diingat kalau penyimpanan iCloud tersebut memiliki batas kapasitas penyimpanan jadi gunakan dengan bijak.

4. Menonaktifkan Auto Update

Auto update berfungsi sebagai sarana jika ada update IOS terbaru, maka fitur auto update akan secara otomatis akan menginstall IOS versi terbaru ke dalam perangkat kalian.

Apabila perangkat kalian mempunyai penyimpanan yang terbilang cukup kecil, maka sebaiknya fitur auto update ini dinonaktifkan, sebab update IOS juga mengambil space penyimpanan yang lumayan banyak.

Namun resikonya kalian tidak akan mendapatkan fitur-fitur dari IOS terbaru. jadi sebaiknya dipikir pikir terlebih dahulu sebelum menonaktifkan auto update ini.

Cara untuk menonaktifkan auto update ini sangat mudah, silahkan masuk ke menu Setting selanjutnya pilih menu General lalu pilih Software Update dan ubah Automatic Updates menjadi Off.

Penyimpanan IPhone Penuh

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Gagal Update IOS

Penutup

Begitulah cara-cara yang umum digunakan dalam mengatasi penyimpanan iPhone yang penuh, semoga dengan mengikuti cara-cara diatas dapat mengatasi permasalahan kalian.

Dengan rutin membersihkan file yang tidak perlu dan mengelola ruang penyimpanan dengan baik, kalian bisa memastikan bahwa iPhone kalian tetap berjalan secara lancar dan normal.

Perlu juga diingat, sebaiknya rutin juga untuk memindahkan foto-foto atau video kedalam penyimpanan iCloud untuk membuat ruang penyimpanan iPhone kalian menjadi legah.

Cara-cara yang sudah mimin bahas diatas, tentu akan sangat berguna bagi user iPhone yang masih kebingungan untuk mencari solusi mengatasi penyimpanan iPhone yang penuh.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *