Editing

Cara Merubah Warna Objek di Photoshop Dengan Mudah

Cara merubah warna objek di photoshop mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang, khususnya bagi Anda yang baru saja menggunakan software editing satu ini.

Dalam dunia fotografi dan desain grafis, Adobe Photoshop adalah salah satu perangkat lunak yang paling populer dan kuat. Dengan Photoshop, Anda dapat melakukan berbagai perubahan pada gambar dan objek, termasuk mengubah warna objek.

Anda mungkin pernah melihat gambar-gambar menakjubkan di mana warna sebuah objek berbeda dari latar belakangnya. Itu semua dapat dicapai dengan menggunakan software yang serbaguna ini.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara merubah warna objek di Photoshop, silahkan disimak pembahasan artikel berikut ini.

Cara Merubah Warna Objek di Photoshop

Cara Merubah Warna Objek di Photoshop

 

Cara merubah warna objek di Photoshop tidaklah sulit untuk dilakukan, salah satu caranya yaitu dengan melakukan seleksi background dan merubah warnanya.

Berikut cara merubah warna objek di Photoshop:

1. Siapkan Gambar

Langkah pertama dalam proses mengubah warna objek di Photoshop adalah membuka gambar yang ingin Anda edit. Adobe Photoshop software yang sangat fleksibel yang support dengan berbagai jenis file gambar, termasuk JPEG, PNG, dan banyak lagi.

Bagi Anda yang masih belum tahu cara membuka gambar di Photoshop, berikut caranya:

  1. Jalankan software Adobe Photoshop di perangkat Anda.
  2. Setelah software Photoshop terbuka, pilih menu file di sebelah kiri atas lalu klik Open, atau bisa juga menggunakan shortcut CTRL + O.
  3. Pilih gambar yang ingin diubah warna objeknya.
  4. Selesai.

Pastikan untuk memilih gambar yang memiliki objek atau elemen yang ingin Anda rubah warnanya.

2. Pilih Objek Gambar

Setelah Anda berhasil membuka gambar yang ingin Anda edit di Photoshop, cara merubah warna objek di Photoshop selanjutnya adalah memilih objek atau elemen yang akan diubah warnanya.

Photoshop menyediakan berbagai alat seleksi untuk membantu Anda melakukan ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Di dalam tool panel di sebelah kiri jendela Photoshop, silahkan pilih Elliptical Marquee Tool atau Rectangular Marquee Tool.
  2. Gunakan alat seleksi yang Anda pilih untuk mengelilingi objek atau elemen yang ingin Anda ubah warnanya.
  3. Setelah Anda membuat seleksi, periksa dengan seksama apakah semua bagian dari objek tersebut telah tercakup dalam seleksi.
  4. Seleksi Selesai.

Baca juga: Cara Hapus Objek di Photoshop Untuk Pemula

3. Buat Salinan Layer

Setelah Anda berhasil memilih objek yang akan Anda ubah warnanya, langkah selanjutnya mengenai cara merubah warna objek di Photoshop adalah membuat salinan layer.

Mengapa ini penting? Karena dengan membuat salinan layer, Anda akan memiliki cadangan warna asli objek yang dapat Anda kembalikan jika diperlukan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Untuk memulai, pergilah ke panel layers di sebelah kanan jendela Photoshop. Jika Anda tidak melihat panel ini, Anda dapat mengaktifkannya dengan pergi ke Window di menu atas dan memilih Layers.

Langkah 2: Pada panel layers, Anda akan melihat layer yang mengandung gambar yang telah Anda buka. Klik kanan pada layer tersebut, dan pilih opsi Duplicate Layer dari menu yang muncul.

Langkah 3: Setelah Anda memilih Duplicate Layer, akan muncul jendela pop-up yang memungkinkan Anda memberikan nama baru untuk layer ini.

Anda dapat memberikan nama yang deskriptif, seperti”Layer Warna Baru atau nama lain yang membantu Anda mengidentifikasi layer ini nantinya. Namun, ini adalah langkah opsional.

Langkah 4: Setelah Anda memberikan nama atau membiarkannya tanpa nama, klik tombol OK untuk membuat salinan layer.

4. Ubah Warna Objek

Setelah Anda membuat salinan layer dan memiliki cadangan warna asli objek, saatnya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya dalam proses mengubah warna objek di Photoshop, yaitu mengubah mode warna.

Dalam langkah ini, Anda akan mengatur mode warna pada layer salinan untuk mencapai efek perubahan warna yang diinginkan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan layer salinan objek yang ingin diubah warnanya telah dipilih. Ini dilakukan dengan mengklik layer tersebut di panel layers.
  2. Di bagian atas jendela Photoshop, klik menu Image.
  3. Dalam submenu Adjustments, pilih opsi penyesuaian warna yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Contohnya, Hue/Saturation untuk mengubah warna secara umum.
  4. Gunakan slider atau kotak pengaturan untuk mengubah warna objek sesuai keinginan Anda.
  5. Setelah puas, klik OK atau Apply untuk menerapkan perubahan warna pada layer salinan.
  6. Selesai.

Langkah ini merupakan inti dari proses cara menrubah warna objek di Photoshop. Dengan pengaturan yang tepat, Anda dapat mencapai efek perubahan warna yang halus sesuai kebutuhan Anda.

Akhir Kata

Jadi kurang lebih seperti itulah cara merubah warna objek di Photoshop dengan menggunakan penyesuaian dari warna gambar melalui Hue/Saturation.

Dalam proses mengubah warna objek di Adobe Photoshop, Anda telah melalui serangkaian langkah yang dapat mengubah tampilan dan estetika gambar Anda dengan cara yang menakjubkan.

Jika ada pertanyaan yang terkait pembahasan cara merubah warna objek di Photoshop, silahkan gunakan kolom komentar untuk berkomentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *