Laptop

4 Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Ribet

Cara merekam layar laptop adalah cara yang canggih untuk mengabadikan aktivitas apa saja yang terjadi di layar laptop Anda.

Sederhananya, merekam layar laptop adalah proses yang memungkinkan Anda untuk membuat video atau gambar dari apa yang ditampilkan di layar Anda.

Dengan kata lain, Anda bisa merekam segala sesuatu yang terjadi di monitor laptop Anda, entah itu untuk keperluan pembuatan tutorial, berbagi momen saat bermain game.

Dalam artikel kali ini, mimin akan membahas bagaimana cara merekam layar laptop. Kami akan membahas cara merekam layar laptop di Windows 10, khususnya menggunakan fitur bawaan sistem operasi ini.

Selain itu, kami akan menjelaskan cara merekam layar laptop Asus, yaitu salah satu merek laptop yang populer. Anda juga akan menemukan tutorial tentang cara merekam layar laptop di Windows 7, bagi anda yang masih setia dengan sistem operasi yang lebih lama.

Cara Merekam Layar Laptop

Cara Merekam Layar Laptop

Merekam layar laptop merupakan merekam segala sesuatu yang terjadi di monitor laptop Anda, entah itu untuk keperluan pembuatan tutorial, berbagi momen bermain game.

Nah, berikut ini beberapa cara merekam layar laptop:

Cara Merekam Layar Laptop di Windows 10

Bagi pengguna Windows 10, Anda beruntung karena sistem operasi ini dilengkapi dengan fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk merekam layar laptop dengan mudah.

Anda bahkan tidak perlu mengunduh atau menginstal aplikasi tambahan. Berikut adalah langkah-langkah cara merekam layar laptop di Windows 10:

  1. Kombinasi tombol Win + G ini adalah kunci untuk membuka Game Bar, sebuah alat bawaan Windows 10 yang dirancang untuk merekam aktivitas permainan Anda, tetapi juga dapat digunakan untuk merekam layar secara umum.
  2. Setelah Anda membuka Game Bar, Anda akan melihat berbagai opsi, termasuk Merekam. Klik tombol ini untuk memulai proses merekam.
  3. Windows 10 mungkin akan menampilkan pemberitahuan saat Anda memulai perekaman. Anda dapat mengabaikannya jika Anda tidak ingin merekam pemberitahuan tersebut.
  4. Ketika Anda selesai merekam, Anda dapat mengklik tombol Hentikan pada Game Bar atau menggunakan kombinasi tombol Windows + Alt + R untuk menghentikan perekaman.

Setelah Anda menghentikan perekaman, file video Anda akan disimpan secara otomatis dalam folder “DVR Gamedata” di folder “Video” pada komputer Anda.

Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur bawaan, Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk merekam layar di Windows 10.

Beberapa aplikasi populer termasuk OBS Studio dan Bandicam. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

  1. Kunjungi situs web resmi aplikasi yang Anda pilih, unduh installer, dan instal aplikasinya.
  2. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi merekam layar yang telah diinstal.
  3. Sebelum Anda mulai merekam, atur pengaturan seperti resolusi layar, frame rate, dan sumber audio.
  4. Klik tombol Mulai atau Rekam“dalam aplikasi untuk memulai proses merekam layar. Anda juga biasanya dapat menghentikan perekaman dengan mengklik tombol Hentikan.

Dengan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat memiliki lebih banyak kendali atas proses merekam dan dapat menyesuaikan pengaturan sesuai kebutuhan Anda.

Ini adalah pilihan yang baik jika Anda memerlukan fleksibilitas tambahan dalam merekam layar laptop Anda di Windows 10.

Baca juga: Cara Mematikan Laptop yang Baik dan Benar

Cara Merekam Layar Laptop di Windows 7

Meskipun Windows 7 adalah sistem operasi yang lebih lama dan tidak memiliki fitur bawaan yang sama seperti Windows 10, Anda masih dapat merekam layar laptop dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Berikut adalah langkah-langkah bagaimana cara merekam layar laptop di Windows 7:

  1. Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi perekaman layar pihak ketiga. Beberapa aplikasi yang populer untuk Windows 7 adalah CamStudio, ShareX, atau OBS Studio.
  2. Setelah Anda berhasil menginstal aplikasi, buka program tersebut dari menu Start atau desktop Anda.
  3. Sebelum mulai merekam, pastikan untuk mengatur pengaturan sesuai kebutuhan Anda. Ini termasuk resolusi layar, frame rate, dan sumber audio.
  4. Klik tombol Mulai atau Rekam, atau tombol serupa yang ada dalam aplikasi perekaman layar. Aplikasi akan mulai merekam layar Anda.
  5. Selama proses merekam, Anda dapat menjalankan aktivitas apa pun di layar laptop Anda. Aplikasi akan merekam semua yang terjadi.
  6. Setelah selesai merekam, klik tombol Stop dalam aplikasi perekaman atau gunakan pintasan keyboard yang disediakan oleh aplikasi tersebut.
  7. Setelah Anda menghentikan perekaman, Anda dapat menyimpan video rekaman dalam format yang diinginkan.

Ingatlah bahwa performa merekam layar di Windows 7 mungkin dapat memengaruhi kinerja laptop Anda, terutama jika komputer Anda memiliki spesifikasi yang lebih rendah.

Pastikan untuk menyesuaikan pengaturan perekaman agar sesuai dengan kemampuan perangkat Anda.

Meskipun Windows 7 tidak memiliki fitur bawaan seperti Windows 10, dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, Anda masih dapat dengan mudah merekam layar laptop dan membuat video sesuai kebutuhan.

Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi

Mungkin bagi Anda yang masih belum mengetahui bagaimana cara merekam layar laptop tanpa aplikasi tambahan.

Windows memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk melakukan ini dengan menggunakan fungsi pencitraan layar.

Berikut cara merekam layar laptop tanpa aplikasi:

  1. Sebelum Anda mulai merekam layar tanpa aplikasi, tentukan apa yang ingin Anda rekam. Apakah itu pesan, gambar, atau aktivitas tertentu di layar?
  2. Pada sebagian besar keyboard, Anda akan menemukan tombol PrtScn atau Print Screen yang terletak di bagian atas, biasanya di sebelah kanan.
  3. Untuk mengambil tangkapan layar seluruh layar laptop, cukup tekan tombol PrtScn saja. Ini akan mengambil gambar layar dan menyimpannya ke clipboard.
  4. Jika Anda hanya ingin merekam bagian tertentu dari layar, tekan tombol Alt + PrtScn. Kemudian, gunakan aplikasi pengeditan gambar seperti Paint untuk menempel dan mengedit tangkapan layar tersebut.
  5. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, Anda dapat membukanya dengan aplikasi pengeditan gambar seperti Paint atau Photoshop.

Jika Anda ingin membuat video dari serangkaian tangkapan layar, Anda dapat menggunakan aplikasi pengeditan video seperti Windows Movie Maker atau aplikasi pihak ketiga seperti Camtasia.

Meskipun cara merekam layar laptop tanpa aplikasi ini tidak sekomprehensif seperti menggunakan aplikasi khusus merekam layar, ini adalah alternatif yang efektif untuk merekam layar tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

Cara Merekam Layar Laptop Asus

Jika Anda menggunakan laptop merk Asus, Anda juga dapat dengan mudah merekam layar pada laptop Asus Anda.

Asus memiliki berbagai perangkat yang sangat populer, dan berikut adalah langkah-langkah cara rekam layar laptop Asus:

  1. Sebagian laptop Asus dilengkapi dengan fitur bawaan untuk merekam layar. Cari tahu apakah laptop Anda memiliki fitur ini dengan melihat manual atau situs web resmi Asus.
  2. Jika laptop Asus Anda memiliki fitur perekaman layar bawaan, biasanya ada pintasan keyboard yang dapat Anda gunakan. Cobalah tekan kombinasi tombol yang mungkin, seperti Fn + F12 atau Fn + PrtScn, untuk memulai perekaman layar.
  3. Setelah Anda memulai perekaman, mungkin Anda akan diberikan opsi untuk mengatur pengaturan perekaman, seperti resolusi, frame rate, dan sumber audio. Sesuaikan pengaturan ini sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Setelah Anda mengatur pengaturan, klik tombol “Mulai” atau “Rekam” yang biasanya tersedia. Laptop Asus Anda akan mulai merekam layar.
  5. Ketika Anda selesai merekam, klik tombol “Hentikan” atau gunakan pintasan keyboard yang disediakan untuk mengakhiri perekaman.
  6. Video rekaman Anda biasanya akan disimpan di folder yang ditentukan oleh perangkat Asus Anda. Pastikan untuk menyimpannya di lokasi yang mudah ditemukan.

Penting untuk mencatat bahwa setiap model laptop Asus mungkin memiliki fitur perekaman layar yang berbeda, jadi pastikan untuk merujuk ke panduan pengguna laptop Anda atau situs web resmi Asus untuk informasi yang lebih spesifik.

Jika laptop Anda tidak memiliki fitur bawaan untuk merekam layar, Anda masih dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dalam panduan ini.

Baca juga: Cara Download Aplikasi di Laptop Dengan Mudah

Penutup

Merekam layar laptop telah menjadi keahlian yang sangat berguna dalam dunia digital yang terus berkembang. Dalam tutorial ini, mimin telah menjelaskan berbagai cara merekam layar di laptop.

Mulai dari menggunakan fitur bawaan hingga aplikasi pihak ketiga, serta panduan khusus untuk laptop Asus. Kami juga membahas cara merekam layar di Windows 7 dan Windows 10, serta bagaimana mengaktifkan suara saat merekam.

Merekam layar juga dapat membantu Anda dalam mendokumentasikan masalah teknis atau memberikan penjelasan yang lebih baik kepada orang lain.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *