iOS

7 Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Tetap Awet

Cara menghemat baterai iPhone mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang yang menggunakan perangkat smartphone buatan Apple yang satu ini.

Baterai sendiri telah menjadi suatu bagian yang sangat penting dari sebuah smarthphone, tidak terkecuali iPhone. Sebab apabila baterai mengalami kerusakan, maka akan berpengaruh ke performa iPhone itu sendiri.

Maka dari itu, menghemat baterai iPhone merupakan hal yang wajib kalian lakukan. Hal ini bertujuan agar iPhone tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Nah, mengenai cara menghemat baterai iPhone sudah mimin rangkum dalam pembahasan artikel ini. Kalian hanya perlu menyimak pembahasan agar iPhone tetap awet.

Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara menghemat baterai iPhone sebenarnya tidaklah sulit. Hanya saja kita kurang dalam memperhatikan hal ini.

Bagi kalian yang ingin menghemat baterai iPhone, silahkan ikuti beberapa cara menghemat baterai iPhone dibawah ini:

1. Menggunakan Dark Mode

Cara Menghemat Baterai iPhone

Pertama-tama kalian bisa mengaktifkan fitur yang ada di iPhone yaitu Dark Mode. Fitur tersebut telah ada sejak IOS 13 dan bisa diaktifkan melalui menu settings.

Secara sederhana, fitur Dark Mode berfungsi untuk membuat tampilan pada iPhone kita menjadi gelap. Jika cahaya yang ditampilkan tidak banyak, maka tentu saja akan menghemat pemakaian baterai iPhone.

Berikut cara mengaktifkan Dark Mode di iPhone:

  1. Buka menu Settings atau Pengaturan di iPhone.
  2. Berikutnya scroll kebawah sampai menemukan menu Tampilan & Kecerahan.
  3. Ganti mode ke gelap untuk mengaktifkan Dark Mode.
  4. Selesai

Jika iPhone kalian belum support fitur Dark Mode ini, kalian juga bisa mengurangi kecerahan layar. Sebab semakin tinggi kecerahan layar, maka akan membuat iPhone menjadi cepat panas.

2. Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi

Cara Menghemat Baterai iPhone

Setiap kali kita menginstal sebuah aplikasi, maka secara otomatis kita akan menerima notifikasi dari aplikasi tersebut. Ada baiknya notifikasi dari sejumlah aplikasi bisa kalian batasi.

Misalkan notifikasi yang tidak dibatasi yaitu dari beberapa aplikasi-aplikasi yang penting saja seperti sosmed dan lainnya. Sedangkan aplikasi yang menurut kalian kurang penting seperti browser dan game bisa di nonaktifkan.

Cara menonaktifkan notifikasi di iPhone bisa disimak dibawah ini:

  1. Buka menu Pengaturan di iPhone.
  2. Berikutnya pilih menu Notifikasi & Pemberitahuan.
  3. Kemudian pilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan notifikasinya.
  4. Selanjutnya, geser ke kiri pada pilihan Izinkan Pemberitahuan.
  5. Selesai.

Silahkan ulangi cara-cara diatas untuk menonaktifkan notifikasi di beberapa aplikasi-aplikasi yang menurut kalian kurang penting.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

3. Mengatur Kunci Otomatis

Cara Menghemat Baterai iPhone

Cara menghemat baterai iPhone berikutnya yaitu dengan mengatur durasi dari kunci otomatis agar menjadi lebih cepat. Sebab apabila kunci otomatis aktif, maka akan bisa menghemat baterai iPhone.

Secara umum, kunci otomatis ini akan menghentikan aktifitas aplikasi yang berjalan di latar belakang kecuali notifikasi. Untuk mengatur durasi kunci otomatis di iPhone, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Silahkan masuk ke dalam menu Pengaturan.
  2. Berikutnya cari menu Tampilan & Kecerahan.
  3. Kemudian tekan menu Kunci Otomatis.
  4. Silahkan atur durasi waktu kunci otomatis ke yang paling kecil, yaitu 30 detik.
  5. Selesai.

4. Nonaktifkan Siri

Cara Menghemat Baterai iPhone

SIRI merupakan VA (Virtual Assistant) yang dikembangkan oleh Apple. SIRI yang terpasang pada iPhone ini sebenarnya memili banyak manfaat.

Namun sangat disayangkan, fitur SIRI ini cukup menguras banyak daya baterai. Sehingga pemakaian baterai akan jauh lebih banyak. Sebaiknya mimin sarankan untuk menonaktifkan saja SIRI ini.

Berikut cara mematikan SIRI di iPhone.

  1. Pertama silahkan buka menu Pengaturan.
  2. Berikutnya pilih Siri & Search.
  3. Setelah itu, nonaktifkan Virtual Assistant tersebut dengan geser ke kiri pada pilihan Listen for “Hey Siri”.
  4. Kemudian akan muncul pop Turn Off Siri, silahkan tekan Turn Off Siri.

5. Nonaktifkan Personal Hotspot dan Bluetooth

Cara Menghemat Baterai iPhone

Sebaiknya gunakan Bluetooth seperlunya saja. Misalkan jika kalian ingin mengkoneksikan Airpods, maka kalian boleh menggunakan Bluetooth. Jika sudah selesai, sebaiknya nonaktifkan kembali.

Selain dari Bluetooth, fitur lainnya yang bisa mengkonsumsi pemakaian baterai yaitu Personal Hotspot. Ketika Personal Hostspot aktif, maka iPhone kita akan menjadi cepat panas dikarenakan adanya perangkat yang terhubung.

Maka dari itu, sebaiknya aktifkan Personal Hotspot dan Bluetooth sesuai dengan yang diperlukan saja. Sebab kedua fitur ini bisa menguras pemakaian baterai menjadi lebih banyak.

6. Jangan Jalankan Banyak Aplikasi Sekaligus

Mungkin kebanyakan dari kita menjalankan beberapa aplikasi sekaligus secara bersamaan. Sebaiknya kurangi melakukan hal tersebut, karena akan membuat pemakaian baterai iPhone menjadi lebih besar.

Apalagi jika aplikasi yang dijalankan secara bersamaan ini tergolong aplikasi berat seperti game dan pengedit video. Sangat disarankan untuk menutup aplikasi jika kalian ingin menjalankan aplikasi baru.

7. Gunakan Charger Original Apple

Selain kalian harus memperhatikan dari segi penggunaan iPhone, kalian juga harus memahami cara menghemat baterai iPhone dari segi pemakaian.

Sebaiknya gunakan charger original bawaan Apple. Sebab jika charger tidak original memiliki tegangan listrik yang berbeda. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi dari kinerja baterai iPhone.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Unfortunately Measure Has Stopped

Penutup

Baterai merupakan komponen yang paling penting yang terdapat di setiap smartphone, tak terkecuali dengan iPhone.

Maka dari itu sebaiknya baterai tersebut dirawat dengan sangat baik dengan mengikuti beberapa cara yang telah mimin berikan diatas.

Namun jika kalian mempunyai cara menghemat baterai iPhone dan ingin dibagikan, sangat diperbolehkan. Atau apabila kalian juga mempunyai pertanyaan, silahkan dikirim melalui kolom komentar dibawah.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *