Internet

3 Cara Mengatasi MySQL Tidak Bisa Running di XAMPP

Cara mengatasi MySQL tidak bisa running di xampp tidak sulit untuk dilakukan terutama bagi Anda yang baru saja belajar XAMPP untuk memasang suatu database dengan menggunakan MySQL.

MySQL adalah sebuah sistem manajemen basis data (DBMS) yang sangat populer dan sering digunakan dalam pengembangan suatu aplikasi web.

MySQL memiliki berbagai fitur yang berguna untuk pengembangan aplikasi, seperti kemampuan untuk mengelola banyak jenis data, dukungan untuk indeks, dan kemampuan untuk menyimpan prosedur dan fungsi dalam basis data.

Namun sering kali kita mengalami permasalahan pada saat kita ingin menjalakankan MySQL di XAMPP tapi MySQL tersebut tidak bisa running sama sekali.

Maka dari itu pada pembahasan kali ini, mimin akan memberikan beberapa cara mengatasi MySQL tidak bisa running di XAMPP sebagai berikut.

Penyebab MySQL Tidak Bisa Running di Xampp

Sebelum kami memberikan bagaimana cara mengatasi MySQL tidak bisa running di XAMPP, penting untuk memahami beberapa penyebab umum yang mungkin menjadi penyebabnya.

Salah satu penyebab utama dari masalah ini adalah adanya konflik port. XAMPP dan MySQL biasanya menggunakan port 3306.

Namun, jika ada program lain yang menggunakan port yang sama, maka akan tentunya terjadi masalah dan MySQL tidak akan berjalan di XAMPP.

Jika ada kesalahan konfigurasi dalam file my.ini atau my.cnf, hal itu juga dapat menyebabkan MySQL tidak berjalan di XAMPP.

Misalnya saja, jika pengaturan username atau password salah dalam file konfigurasi, maka secara otomatis MySQL tidak dapat dijalankan.

Cara Mengatasi MySQL Tidak Bisa Running di Xampp

Cara Mengatasi MySQL Tidak Bisa Running di XAMPP

Terdapat beberapa cara mengatasi MySQL tidak bisa running di XAMPP, salah satu caranya yaitu dengan memeriksa port yang digunakan. Untuk solusi lainnya, silahkan disimak pembahasan dibawah.

Berikut cara mengatasi MySQL tidak bisa running di XAMPP:

1. Memeriksa Konfigurasi MySQL di XAMPP

Sebelum menjalakan MySQL di Xampp, penting untuk memeriksa konfigurasi MySQL di XAMPP terlebih dahulu. Hal ini karena sering kali masalah ini disebabkan oleh konfigurasi yang salah atau tidak sesuai.

Untuk memeriksa konfigurasi MySQL di XAMPP, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka XAMPP Control Panel dan pastikan bahwa Apache dan MySQL sedang berjalan.
  2. Klik pada tombol Config di samping MySQL.
  3. Pilih opsi my.ini untuk membuka berkas konfigurasi MySQL.
  4. Periksa apakah berkas konfigurasi mengandung baris kode skip-networking. Jika ada, hapus baris ini atau nonaktifkan dengan menambahkan tanda pagar (#) di depan baris tersebut.
  5. Periksa juga apakah baris kode bind-address diatur ke alamat IP yang benar. Jika Anda menggunakan MySQL pada localhost, pastikan baris tersebut disetel ke 127.0.0.1 atau localhost.
  6. Simpan perubahan yang telah Anda buat di berkas konfigurasi.

Dengan memeriksa dan memperbaiki konfigurasi MySQL di XAMPP, Anda dapat memastikan bahwa pengaturan MySQL Anda sudah sesuai dan dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Cara Install WordPress di Xampp Secara Lengkap

2. Periksa Port yang Digunakan

Salah satu alasan mengapa MySQL tidak bisa berjalan di XAMPP adalah karena adanya konflik dengan port yang sedang digunakan. Untuk mememeriksa pengaturan port di XAMPP, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka XAMPP Control Panel dan klik tombol Config untuk modul Apache.
  2. Selanjutnya, cari dan klik file httpd.conf dan buka file tersebut menggunakan editor teks seperti Notepad atau Sublime Text. Setelah itu, temukan baris Listen 80.
  3. Ganti port 80 dengan nomor port yang ingin Anda gunakan untuk MySQL. Sebagai contoh, jika Anda ingin menggunakan port 3306, maka ubah baris tersebut menjadi 3306.
  4. Setelah mengubah nomor port, simpan file httpd.conf dan restart Apache di XAMPP Control Panel. Hal ini akan memperbarui port yang digunakan oleh MySQL di XAMPP.

Jika Anda masih mengalami masalah, periksa dan pastikan bahwa tidak ada program atau aplikasi lain yang menggunakan port yang sama seperti yang Anda gunakan untuk MySQL.

3. Restart XAMPP dan MySQL

Untuk memeriksa XAMPP, pastikan semua layanan (Apache, MySQL, dan ProFTPD) sedang berjalan. Anda dapat memeriksa status layanan dengan membuka panel kontrol XAMPP dan melihat status dari masing-masing layanan.

Jika salah satu layanan tidak berjalan, Anda dapat mencoba untuk merestart XAMPP dengan mengklik tombol Start pada layanan yang bermasalah. Setelah itu, coba cek kembali apakah MySQL sudah bisa berjalan dengan normal.

Jika mengalami masalah pada MySQL, maka Anda dapat mencoba untuk memulai ulang layanan MySQL secara manual. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pertama, buka panel kontrol XAMPP dan klik tombol ‘Shell’ yang ada di sebelah kanan. Kemudian ketik perintah mysqladmin -u root -p shutdown.

Langkah 2: Setelah itu, sistem akan meminta Anda memasukkan password root dari MySQL. Setelah memasukkan password, MySQL akan dimatikan. Untuk memulai ulang layanan MySQL, Anda dapat mengetik perintah mysqld.

Dengan mengikuti cara mengatasi MySQL tidak bisa running di XAMPP diatas, Anda dapat memeriksa dan merestart XAMPP dan MySQL.

Jangan lupa untuk memeriksa kembali apakah MySQL sudah bisa berjalan dengan normal setelah melakukan langkah-langkah diatas.

Baca juga: 7 Jenis Database yang Umum Digunakan

Penutup

Jadi begitulah beberapa cara mengatasi MySQL tidak bisa running di XAMPP dengan menggunakan metode konfigurasi, memeriksa port, dan merestart MySQL.

Sebelum mencari solusi, penting untuk memahami apa saja penyebab umum masalah ini, seperti konfigurasi dan port yang digunakan.

Jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan terkait cara mengatasi MySQL tidak bisa running di XAMPP diatas, silahkan gunakan kolom komentar untuk berkomentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *