Aplikasi

Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Kode verifikasi Whatsapp Tidak Muncul kadang membuat kita pusing apalagi permasalahan tersebut muncul ketika kalian baru mengganti handphone atau menginstall ulang aplikasi Whatsapp karna sering eror.

WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi kirim pesan paling populer di dunia. Namun, ada kalanya pengguna mengalami masalah saat menerima kode verifikasi dari WhatsApp.

Permasalah tersebut tentunya membuat kalian cukup kesulitan, terutama bagi kalian yang ada kepentingan penting tetapi nomor Whatsapp yang kalian gunakan tidak mendapatkan kode verifikasi.

Nah, pada artikel berikut ini Tafsiran.com akan membahas penyebab serta bagaimana cara mengatasi kode verifikasi Whatsapp yang tidak muncul.

Penyebab Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Penyebab mengapa kode verifikasi whatsapp tidak masuk dapat disebabkan oleh beberapa hal, hal-hal tersebut dapat berupa hal sederhana ataupun hal yang serius.

Penyebab yang paling umum yang menyebabkan kenapa kode verifikasi Whatsapp tidak muncul biasanya disebabkan oleh typo dalam memasukkan nomor telepon.

Berikut ini beberapa penyebab kenapa kode verifikasi Whatsapp tidak muncul:

1. Gangguan Jaringan

Koneksi internet yang bermasalah dapat menjadi penyebab utama kode verifikasi Whatsapp tidak muncul. Jaringan yang lemah atau tidak stabil bisa menghambat pengiriman pesan teks berisi kode tersebut.

Pastikan kalian berada dalam area dengan sinyal yang kuat atau terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil sebelum mencoba verifikasi ulang.

2. Nomor Telepon Salah atau Tidak Terdaftar

Salah satu penyebab kenapa kode verifikasi WhatsApp tidak muncul adalah jika nomor telepon yang kalian masukkan tidak benar atau belum terdaftar di platform WhatsApp.

Pastikan nomor telepon yang akan kalian daftarkan pada saat memasukkan nomor di WhatsApp adalah nomor yang masih aktif.

3. Perangkat Tidak Terhubung ke Internet

WhatsApp sendiri membutuhkan koneksi internet untuk dapat mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon kita.

Pastikan perangkat kalian terhubung dengan internet, entah itu melalui data seluler atau Wi-Fi, sebelum kalian mencoba verifikasi.

4. Bug Aplikasi

Versi aplikasi WhatsApp yang tidak diupdate atau masalah teknis pada aplikasi bisa menjadi alasan lain kode verifikasi WhatsApp tidak muncul.

Pastikan kalian telah mengupdate aplikasi ke versi terbaru dari aplikasi WhatsApp dan, jika perlu, coba restart aplikasi atau smartphone kalian.

5. Pengaturan Waktu dan Tanggal yang Salah

Kadang-kadang, masalah sederhana seperti pengaturan waktu dan tanggal yang salah pada perangkat kalian dapat menjadi penyebab tidak munculnya kode verifikasi WhatsApp.

Hal ini dapat terjadi ketika perangkat kalian tidak menampilkan waktu dan tanggal yang akurat. Meskipun tampak sepele, kesalahan ini dapat memengaruhi proses sinkronisasi dengan server WhatsApp.

Mengatasi Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Setelah kalian telah mengetahui penyebab mengapa kode verifikasi Whatsapp tidak muncul, selanjutnya mari kita membahas cara mengatasi masalah tersebut.

1. Mengecek Kartu SIM

Pastikan kartu SIM yang kalian gunakan dalam keadaan aktif atau tidak dalam masa tenggang. karena kartu SIM yang dalam masa tenggang biasanya akan sulit menerima pesan (berdasarkan pengalaman pribadi).

Oleh karena itu kalian perlu memastikan terlebih dahulu apakah kartu SIM yang kalian gunakan benar-benar tidak dalam keadaan masa tenggang ataupun sudah expired.

Sebab apabila kartu SIM yang digunakan dalam keadaan masa tenggang ataupun Expired, maka akan sulit untuk menerima pesan SMS kode verifikasi dari Whatsapp.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

2. Periksa Kotak SMS

Terkadang pesan SMS yang sudah bertumpuk di smartphone kalian bisa menjadi penyebab utama kenapa kode verifikasi Whatsapp kalian tidak masuk.

Baiknya cek terlebih dahulu kotak pesan SMS di smartphone kalian, jika kalian melihat SMS yang terlalu banyak, sebaiknya hapus beberapa SMS yang menurut kalian kurang penting.

Karena jika terlalu banyak SMS yang menumpuk, maka ada kemungkinan kode verifikasi Whatsapp susah masuk. setelah itu kalian dapat mencoba lagi mengirimkan kode verifikasi Whatsapp.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

3. Periksa Kembali Nomor Telepon

Sebelum kalian memasukkan nomor telepon verifikasi di Whatsapp, pastikan kalian memeriksa nomor telepon yang kalian masukan dengan teliti.

Sebab, jika kalian salah atau typo dalam memasukkan nomor telepon, otomatis kode verifikasi tidak masuk atau malah masuk ke nomor orang lain.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

4. Gunakan Koneksi Internet Stabil

Pastikan koneksi internet yang kalian gunakan sebelum memasukkan nomor telepon di Whatsapp cukup stabil Pada saat kita mengimput nomor telepon ke aplikasi Whatsapp.

Hal tersebut tentunya akan meminta Whatsapp untuk mengirimkan kode verifikasi ke nomor yang kita gunakan. Apabila jaringan internet yang kita gunakan lemot, maka kode request yang dikirimkan oleh Whatsapp akan susah masuk.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

5. Mengubah Metode Verifikasi

Pada saat kalian meminta verifikasi ke whatsapp, ada 2 metode yang verifikasi yang bisa kalian gunakan, yang pertama yaitu melalui SMS dan yang kedua melalui panggilan telepon.

Apabila kalian sudah mencoba metode verifikasi melalui SMS namun kode tersebut masih belum masuk, maka sebaiknya kalian gunakan metode verifikasi melalui panggilan telepon.

Cara menerima verifikasi menggunakan panggilan telepon sangat mudah. Kalian hanya perlu tap pada tulisan Tidak menerima kode? , lalu kemudian pilih panggil saya.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

6. Menghubungi Support Whatsapp

Apabila kalian telah melakukan semua cara-cara diatas dan kalian masih belum juga menerima kode verifikasi Whatsapp, maka langkah terakhir yang perlu kalian lakukan adalah meminta bantuan dari support Whatsapp.

Dengan menggunakan fitur support yang ada pada aplikasi Whatsapp kalian, kalian akan mendapatkan panduan untuk mendapatkan kode verifikasi Whatsapp kalian.

Berikut ini langkah-langkah cara menghubungi support Whatsapp :

Langkah 1: silahkan tap pada titik 3 yang ada di aplikasi Whatsapp kemudian pilih bantuan.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Langkah 2: Selanjutnya, silahkan kalian pilih menu paling bawah yang bertuliskan Ini tidak menjawab pertanyaan saya.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Langkah 3: Setelah itu, kalian jelaskan masalah yang kalian alami, dalam contoh ini yaitu kode verifikasi whatsapp tidak muncul dan jangan lupa untuk memberikan screenshoot. lalu klik lanjut.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Langkah 4: Kemudian, kalian akan dibawa ke menu Telusuri Pusat Bantuan yang berisikan beberapa jawaban terkait atas pertanyaan kalian.

Apabila kalian tidak melihat jawaban pertanyaan kalian, silahkan tap pada tulisan Ini tidak menjawab pertanyaan saya.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Langkah 5: Berikutnya, kalian bisa memilih menghubungi melaui email.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Langkah 6: Langkah terakhir, kalian akan dipersilahkan untuk mengirim email ke support Whatsapp dengan menggunakan format yang telah disediakan berdasarkan pertanyaan kalian.

Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Langkah 7: Kalian bisa menunggu sampai email yang kalian telah kirim mendapatkan balasan oleh pihak Whatsapp.

Penutup

Nah, seperti itulah beberapa cara untuk mengatasi kode verifikasi Whatsapp tidak muncul yang bisa kalian coba praktekkan sendiri.

Mengatasi masalah di mana kode verifikasi WhatsApp tidak muncul bisa menjadi hal yang membingungkan, tetapi dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian harusnya sudah dapat mengatasi masalah tersebut.

Sebaiknya sebelum memasukkan nomor telepon, periksa terlebih dahulu nomor telepon yang kalian masukkan untuk menghindari salah input.

Penting untuk diingat, sebaiknya gunakan kartu SIM yang aktif dan koneksi internet yang stabil pada saat kalian ingin mendaftarkan nomor telepon kalian di Whatsapp.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *