Aplikasi

Cara Mengatasi Kinemaster Gagal Export Video

Kinemaster gagal export video pasti membuat beberapa orang kebingungan, apalagi jika video yang dibuat telah selesai di edit akan tetapi video tersebut gagal untuk di export.

Proses dari export suatu video dapat memakan waktu yang lumayan lama tergantung dari spesifikasi perangkat yang digunakan serta kualitas dan durasi video selama editing.

Kinemaster sendiri telah menjadi salah satu aplikasi editing video populer yang digunakan oleh banyak orang dalam membuat suatu konten video untuk keperluan pribadi ataupun pekerjaan.

Namun yang kerap menjadi permasalahan oleh pengguna aplikasi Kinemaster yaitu gagalnya proses export pada video yang sudah kita edit.

Permasalahan tersebut tentunya membuat kita merasa kebingungan bukan? Padahal video tersebut sudah kita edit dengan rapih tapi malah gagal pada saat export video.

Nah, buat kalian yang juga mengalami permasalahan Kinemaster gagal export video ini, silahkan simak penjelasan lengkap berikut ini.

Penyebab Kinemaster Gagal Export Video

Kinemaster merupakan salah satu aplikasi pengedit video yang cukup populer digunakan di smartphone. Namun tidak sedikit orang mengalami masalah ketika mencoba untuk mengexport video yang sudah diedit.

Berikut ini penyebab Kinemaster gagal export video :

  • Spesifikasi perangkat yang kurang memadai
  • Resolusi atau kualitas video terlalu tinggi
  • Ruang penyimpanan yang tidak mencukupi
  • Bit rate terlalu tinggi
  • Cache aplikasi yang menumpuk

Penyebab Kinemaster gagal export video bisa bervariasi, dimulai dengan perangkat yang kurang memadai sampai dengan kapasitas ruang penyimpanan yang sudah tidak muncukupi lagi.

Mengatasi Kinemaster Gagal Export

Proses export video merupakan salah satu aspek penting dalam memproduksi suatu video. Akan tetapi terkadang kendala teknis yang sering dialami yaitu gagalnya proses export video tersebut.

Salah satu cara yang paling banyak digunakan untuk mengatasi kinemaster gagal export yaitu dengan membersihkan cache Kinemaster dan mengubah resolusi video yang ingin di export.

Untuk cara lengkapnya, silahkan simak penjelasan berikut ini:

1. Turunkan Resolusi Video

Cara pertama ini sering terjadi pada beberapa smartphone yang memiliki spesifikasi yang bisa dibilang rendah. Sebab proses export dari suatu video memerlukan komponen di dalam smartphone kalian sebagai rendering. Apalagi jika kualitas video terlalu tinggi dan durasi video terlalu panjang.

Sebaiknya kalian bisa menurunkan resolusi dari suatu video yang akan kalian buat terlebih dahulu pada saat akan melakukan export project video.

Namun perlu diketahui apabila kalian menurunkan resolusi video saat melakukan export, maka secara otomatis kualitas dari video kalian akan berkurang.

Namun sisi baiknya ukuran atau size dari video yang akan kalian export akan menjadi lebih kecil dari video aslinya.

Caranya sangat mudah, dimenu export silahkan pilih kualitas video yang ingin kalian turunkan. Disini mimin memilih kualitas 480p, setelah itu silahkan tap Simpan sebagai video.

Kinemaster Gagal Export Video

2. Analisis Kinerja Perangkat

Sebelum melakukan export video dari project video yang akan kalian buat, ada baiknya untuk terlebih dahulu melakukan analisa kinerja dari perangkat yang kalian gunakan untuk editing.

Tujuan dari analisis kinerja perangkat tersebut yaitu untuk mengetahui sajauh mana kualitas maksimal dari suatu video yang didukung dan juga jumlah lapisan video yang didukung oleh perangkat kalian.

Cara analisis kinerja perangkat di kinemaster ini terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Berikut ini mimin akan memberikan langkah-langkahnya.

Langkah 1: Silahkan buka aplikasi Kinemaster terlebih dahulu, lalu pada menu tampilan awal silahkan tap menu pengaturan dengan icon gear yang ada dipojok kanan atas layar.

Kinemaster Gagal Export Video

Langkah 2: Setelah itu akan muncul menu baru, di menu pengaturan ini terdapat banyak menu-menu, tapi disini kita ingin menganalisa kinerja perangkat, jadi silahkan pilih menu Informasi Kinerja Perangkat.

Kinemaster Gagal Export Video

Langkah 3: Didalam menu Informasi Kinerja Perangkat akan muncul spesifikasi dari perangkat yang kalian gunakan, seperti Chipset, Versi android, dan Nomor model perangkat.

Silahkan tap pada tulisan Analisis Kinerja Perangkat yang ada dibagian paling bawah lalu pilih lagi Analisis Kinerja Perangkat dan tunggu selama beberapa menit sampai aplikasi selesai menganalisis perangkat kalian.

Kinemaster Gagal Export Video

Langkah 4: Setelah Analisis Kinerja Perangkat telah selesai, maka akan muncul saran dari aplikasi Kimaster mengenai kualitas video atau resolusi maksimal yang didudung oleh perangkat kalian.

Kinemaster Gagal Export Video

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Capcut tidak Bisa Memuat Efek

3. Hapus Cache Aplikasi

Salah satu cara yang paling simpel digunakan setiap orang dalam mengatasi adanya error pada aplikasi yaitu dengan menghapus cache dari aplikasi tersebut.

Cache yang mungkin telah menumpuk sudah terlalu banyak dapat menyebabkan kenapa Kinemaster gagal export video.

Selain dapat menyebabkan permasalahan tersebut, cache yang menumpuk juga dapat berpengaruh pada performa editing kalian yang menjadi lebih lambat atau patah-patah. Berikut ini cara mengapus cache aplikasi Kinemaster.

Silahkan masuk ke menu pengaturan atau setting. Setelelah itu cara menu Aplikasi lalu scroll sampai kalian menemukan Kinemaster, kemudian pilih Penyimpanan lalu pilih Hapus Cache.

Kinemaster Gagal Export Video

4. Periksa Sisa Ruang Penyimpanan

Sebelum kalian mencoba mengekspor video di Kinemaster, pastikan terlebih dahulu kalau memiliki cukup ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat kalian.

Ruang penyimpanan yang cukup penting untuk memastikan bahwa video yang diekspor dapat disimpan dengan baik tanpa masalah.

Pastikan juga untuk sering-sering memeriksa sisa ruang penyimpanan yang tersedia, terutama jika kalian sering mengedit dan mengekspor video menggunakan Kinemaster.

Kinemaster Gagal Export Video

Penutup

Jadi seperti itulah penyebab dan cara untuk mengatasi Kinemaster gagal export video yang bisa kalian coba untuk lakukan sendiri.

Perlu digaris bawahi, sebaiknya sebelum mengeksport video, pastikan kalau ruang penyimpanan masih cukup dan gunakan juga versi kinemaster yang terbaru untuk mencegah Kinemaster gagal export video.

Semoga beberapa tips diatas dapat berguna bagi kalian yang sering kali mengalami kendala selama melakukan proses editing di aplikasi Kinemaster.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *