Android

7 Cara Mengatasi Kamera Xiaomi tidak Terhubung

Cara mengatasi kamera xiaomi tidak terhubung tidaklah sulit untuk dilakukan terkhususnya bagi Anda yang sedang mengalami permasalahan tersebut.

Kamera sendiri merupakan salah satu fitur terpenting pada smartphone, apalagi untuk ponsel pintar seperti Xiaomi yang mengandalkan kualitas fotografi.

Namun, adakalanya pengguna Xiaomi mengalami masalah yaitu kamera Xiaomi tidak terhubung atau pesan error serupa. Masalah ini tentu sangat mengganggu, terutama saat ingin mengabadikan momen-momen spesial.

Namun jangan panik dulu! Ada beberapa cara mengatasi kamera xiaomi tidak terhubung yang patut dilakukan untuk mengatasi kamera Xiaomi yang tidak terhubung.

Sebelum itu, ada baiknya untuk mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan kamera Xiaomi tidak terhubung yang akan mimin jelaskan dibawah ini.

Penyebab Kamera Xiaomi tidak Terhubung

Sebelum beralih ke langkah cara mengatasi kamera xiaomi tidak terhubung, mari kita pahami beberapa faktor yang dapat menyebabkan kamera Xiaomi Anda tidak terhubung:

  • Cache kamera menumpuk
  • Aplikasi lain mengganggu
  • Bug sistem
  • Pembaruan yang belum sempurna
  • Kerusakan perangkat keras

Dari beberapa penyebab kamera Xiaomi tidak terhubung diatas, penyebab yang paling sering dialami yaitu dikarenakan sudah terlalu banyak cache yang menumpuk ataupun bisa disebabkan adanya bug pada sistem operasi itu sendiri.

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi tidak Terhubung

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang menyebabkan kamera Xiaomi tidak terhubung yang telah mimin sebutkan diatas, selanjutnya mimin akan memberikan beberapa cara untuk mengatasinya.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dicoba untuk memulihkan kamera Xiaomi Anda.

1. Paksa Berhenti Aplikasi Kamera

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi tidak Terhubung

Cara mengatasi kamera xiaomi tidak terhubung yang pertama yaitu mem-force close aplikasi kamera. kadang-kadang, aplikasi kamera Xiaomi mungkin mengalami error kecil atau macet sementara.

Memaksa berhenti aplikasi adalah cara untuk “me-restart” aplikasi secara paksa. Ini seringkali dapat menyelesaikan masalah ringan yang membuat kamera tidak dapat terhubung.

Berikut adalah langkahnya:

  • Pergi ke menu “Pengaturan” pada ponsel Xiaomi Anda. Biasanya, ikonnya berbentuk roda gigi.
  • Temukan opsi “Aplikasi” atau “Kelola Aplikasi” dalam Pengaturan.
  • Gulir daftar aplikasi hingga Anda menemukan aplikasi “Kamera”. Ketuk aplikasinya.
  • Anda akan menemukan tombol “Paksa Berhenti” (biasanya di bagian bawah). Ketuk tombol tersebut.
  • Setelah memaksa berhenti, kembali ke layar utama Anda dan coba buka kembali aplikasi kamera.

Mem-force stop aplikasi tidak akan menghapus data atau foto apapun di galeri Anda. Ini hanya menghentikan aplikasi yang sedang berjalan agar dapat memulai ulang secara bersih.

2. Hapus Cache Kamera

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi tidak Terhubung

Cara mengatasi kamera xiaomi tidak terhubung yang selanjutnya yaitu dengan menghapus cache dari kamera. Cache adalah kumpulan data sementara yang disimpan aplikasi agar bisa bekerja lebih cepat saat digunakan lagi.

Namun, terkadang cache yang menumpuk, usang, atau rusak bisa malah mengganggu kinerja aplikasi, termasuk kamera. Menghapus cache aplikasi kamera adalah solusi yang bagus untuk mengatasi gangguan-gangguan potensial ini.

Cara menghapus cache kamera Xiaomi:

  • Sama seperti cara me-force stop, masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi.
  • Scroll sampai menemukan aplikasi “Kamera” dan ketuk.
  • Biasanya akan ada opsi “Penggunaan Penyimpanan” atau cukup “Penyimpanan”. Ketuk opsi tersebut.
  • Anda akan melihat dua tombol: “Hapus Data” dan “Hapus Cache”. Ketuk tombol “Hapus Cache”.

Menghapus cache tidak akan menghapus foto atau video di galeri Anda. Ini hanya membersihkan file-file sementara yang digunakan oleh aplikasi kamera.

Namun, pilihlah “Hapus Data” dengan sangat hati-hati karena ini akan mereset aplikasi kamera ke pengaturan awal (seperti menghapus pengaturan kamera yang telah disesuaikan).

3. Restart Ponsel

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi tidak Terhubung

Mematikan dan menghidupkan kembali ponsel mungkin terkesan sederhana, namun sebenarnya sangat efektif dalam mengatasi berbagai masalah teknis.

Proses restart ini me-refresh sistem operasi dan aplikasi yang sedang berjalan di Xiaomi Anda. Ini bisa termasuk mengatasi glitch kecil pada kamera.

Cara restart Xiaomi:

  • Cari tombol daya (power button) di sisi ponsel Anda. Tekan dan tahan selama beberapa detik.
  • Menu atau pop-up akan muncul dengan pilihan seperti “Matikan” (Power off), “Restart”, dan terkadang “Mode Pesawat”. Ketuk pilihan “Restart”.
  • Ponsel Xiaomi Anda akan mati sejenak dan melakukan boot ulang secara otomatis. Setelah proses boot selesai, coba buka kembali aplikasi kamera Anda.

Jika tombol daya Anda tidak berfungsi dengan baik, biasanya Anda masih bisa melakukan restart lewat opsi di layar. Caranya mungkin sedikit berbeda tergantung versi MIUI. Cari opsi “Restart” di menu cepat yang muncul saat Anda swipe layar dari atas ke bawah atau dalam pengaturan sistem.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Xiaomi Redmi Tidak Terdeteksi di PC

4. Update MIUI

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi tidak Terhubung

MIUI adalah sistem operasi khas Xiaomi yang dibangun di atas inti Android. Memperbarui MIUI secara rutin penting untuk memastikan Anda mendapatkan perbaikan bug terbaru, fitur-fitur baru, dan peningkatan keamanan.

Pembaruan MIUI seringkali berisi solusi terhadap gangguan-gangguan umum, termasuk yang mungkin mempengaruhi aplikasi kamera.

Berikut cara update MIUI:

  • Akses menu “Pengaturan” di Xiaomi Anda.
  • Temukan opsi “Tentang Ponsel” atau “Versi MIUI” dan ketuk.
  • Biasanya, akan ada opsi “Pembaruan Sistem” atau sejenisnya. Ketuk untuk memeriksa apakah ada pembaruan yang tersedia.
  • Jika pembaruan MIUI tersedia, ketuk tombol “Unduh” atau “Download”. Ikuti instruksi pada layar untuk menyelesaikan proses instalasi. Pastikan baterai Anda cukup dan memiliki koneksi internet yang stabil.

5. Cek Izin Aplikasi

Agar berbagai fitur di ponsel Xiaomi berfungsi dengan baik, aplikasi-aplikasi memerlukan izin tertentu. Aplikasi kamera jelas membutuhkan izin mengakses komponen kamera agar bisa mengambil foto dan video.

Jika izinnya tidak diberikan, Anda mungkin akan mendapat pesan error atau kamera tidak akan terbuka sama sekali.

Berikut ini cara memeriksa dan mengatur izin aplikasi Kamera:

  • Buka Pengaturan > Aplikasi > Kelola Aplikasi.
  • Scroll hingga Anda menemukan aplikasi “Kamera” dan ketuk.
  • Cari opsi “Izin” atau “Izin Aplikasi” dan ketuk.
  • Anda akan melihat daftar izin. Pastikan izin “Kamera” sudah dalam kondisi aktif yang biasanya ditandai dengan switch/toggle berwarna biru atau hijau. Bila tidak, aktifkan izin tersebut.
  • Kamera mungkin memerlukan izin tambahan seperti “Lokasi” jika Anda memakai fitur geotagging foto. Perhatikan izin lainnya dan aktifkan jika diperlukan.

6. Reset Pengaturan Aplikasi

Opsi ini akan mereset preferensi dan izin untuk semua aplikasi yang terinstal di ponsel Xiaomi Anda ke pengaturan awal (default). Ini bisa bermanfaat jika masalah kamera disebabkan oleh pengaturan atau konflik izin aplikasi.

Penting untuk dipahami perbedaannya dengan “Factory Reset” yang lebih menyeluruh. Mereset pengaturan aplikasi akan menghapus izin khusus yang diberikan kepada aplikasi.

7. Mencoba Safe Mode

Cara mengatasi kamera xiaomi tidak terhubung yang terakhir yaitu dengan menggunakan Safe Mode. Safe Mode adalah mode diagnostik khusus di ponsel Android, termasuk Xiaomi.

Saat ponsel Anda berjalan dalam Safe Mode, hanya aplikasi bawaan dan sistem inti yang dimuat. Ini adalah strategi ampuh untuk menentukan apakah masalah kamera Anda disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang Anda instal.

Cara Mengaktifkan Safe Mode di Xiaomi:

  • Tekan dan tahan tombol daya hingga menu opsi muncul. Pilih “Matikan” atau “Power Off”.
  • Setelah ponsel mati sepenuhnya, tekan dan tahan tombol daya untuk menyalakannya kembali. Segera setelah Anda melihat logo Xiaomi muncul, tekan dan tahan tombol Volume Bawah.
  • Jika Anda berhasil, tulisan “Safe Mode” akan muncul di pojok kiri bawah layar ponsel Anda.

Jika kamera tetap tidak berfungsi bahkan dalam Safe Mode, kemungkinan besar ada masalah perangkat keras dengan ponsel Xiaomi Anda. Disarankan untuk membawa ponsel ke pusat layanan Xiaomi resmi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Cara Relock Bootloader Xiaomi Tanpa Ribet

Penutup

Jadi kurang lebih begitulah penyebab dan cara mengatasi kamera xiaomi tidak terhubung yang telah mimin bahas diatas. Semoga pembahasan mengenai cara mengatasi kamera xiaomi tidak terhubung dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

Jika ada pesan atau saran yang ingin disampaikan, silahkan gunakan kolom komentar yang telah disediakan untuk mengirim komentar. Semoga bermanfaat.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *