Android

7 Cara Mengatasi HP Ngeframe Saat Main Game

Cara mengatasi HP ngeframe pada saat kita main game seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, ataupun Free Fire memang terbilang cukup menyebalkan. Apalagi pada saat kita sedang asik-asiknya bermain, tiba-tiba HP Android jadi langsung ngeframe.

Aktivitas browsing, main game, mendengarkan music serta streaming video memakai hp smartphone memang sangat mengasyikkan.

Anda tau tidak, dari aktivitas tadi secara tidak sengaja kita sudah mengurasa banyak sekali sumber daya seperti waktu, biaya serta usia pakai hp.

Cara Mengatasi HP Ngeframe Saat Main Game

Cara Mengatasi HP Ngeframe

Sehingga jangan heran apabila suatu saat anda mengalami smartphonemu jadi cepat panas dan terasa sangat lamban atau ngeframe.

Terus gimana cara mengatasi HP ngeframe? silahkan simak penjelelasan dibawah ini mengenai cara mengatasi HP ngeframe saat main game.

1. Restart HP

Cara mengatasi HP ngeframe yang pertama adalah dengan melakukan restart pada Hp kalian. Cara ini dapat Anda lakukan sesaat sebelum bermain game.

Biasanya, Hp yang menyala terlalu lama akan menjalankan berbagai macam aplikasi sistem di latar belakang secara otomatis. Hal tersebut dapat menyita ruang pada memori dan kerja dari SoC.

Dengan melakukan restart pada Hp, Sistem pada smartphone Anda akan dimulai ulang dari awal, sehingga tidak akan menjalankan aplikasi dilatar belakang yang tidak perlu.

2. Menonaktifkan Mode Hemat Daya

Mengaktifkan mode hemat daya bisa mengurangi permorma Hp. Kenapa? Sebab mode ini bakal mengurangi performa SoC buat mengolah data, sehingga SoC tidak membutuhkan banyak daya yang diambil dari baterai.

Tentu mode hemat daya ini tidak baik dikala dipakai bermain game. Pada saat bermain game, diperlukan performa optimal dari SoC Hp supaya game jadi lancar tanpa hambatan.

Baca Juga: Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Tetap Awet

3. Membersihkan Cache

Mebersihkan file sampah serta cache bisa melegakan kapasitas memori internal pada Hp. Dengan begitu sehingga transfer data antara penyimpanan serta prosesor jadi semakin efektif.

Di playstore telah ada banyak Aplikasi buat membersihkan file sampah serta cache dengan baik seperti Clean Master ataupun CCleaner.

4. Mengupdate OS

Pada umumnya, Brand Hp bakal memperbarui versi perangkat lunak mereka pada waktu tertentu dengan tujuan untuk membuat sistem yang lebih efektif serta mengatasi bug pada versi sebelumnya.

Dengan memperbarui versi perangkat lunak, Hp kalian bisa bekerja lebih baik serta mungkin memperoleh fitur baru yang bermanfaat.

5. Mengupdate Game

Melakukan update pada Game juga sangat penting dilakukan. Apabila Hp jadi sering lag ataupun patah patah, bisa jadi penyebabnya yaitu tipe games yang telah ketinggalan update.

Tipe game yang lama bisa mengakibatkan beberapa file sudah tidak kompatibel disaat dijalankan. Kalian bisa memperbarui game langsung pada Playstore.

6. Menghentikan Aplikasi di Latar Belakang

Pada saat Kalian bermain game, tanpa sadar sebagian aplikasi yang tidak terpakai masih berjalan di latar belakang.

Misalnya saja Youtube, Maps, Facebook, ataupun browser chrome. Ini bisa berdampak pada beban kerja SoC yang meningkat sebab mengolah banyak data.

Beban kerja SoC bisa mempengaruhi pada performa game. Hal ini diakibatkan oleh data yang lelet direspon oleh SoC.

Tidak hanya itu aplikasi yang berjalan juga menghabiskan memori RAM. Pastikan senantiasa menutup aplikasi di latar belakang saat sebelum bermain game.

7. Hapus Aplikasi yang Tidak di Gunakan

Cara mengatasi HP ngeframe pada saat bermain game yang terakhir yaitu menghapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan, tujuannya cuma satu, supaya memori internal Hp tidak penuh.

Aplikasi yang tidak sering ataupun tidak sempat Kalian gunakan tidak bakal dihapus oleh pembersih file seperti Clean Master ataupun CCleaner. Kalian mesti menghapus sendiri Aplikasi yang dirasa tidak berguna.

Memori yang penuh menyebabkan Pembaruan pada game tidak bisa dilakukan. Bila Hp Kalian mempunyai kapasitas memori internal yang besar, mungkin tidak masalah. Tetapi bila kapasitasnya kecil misalnya 32GB, pasti bakal sangat merepotkan.

Penutup

Begitulah beberapa cara mengatasi HP ngeframe ketika kita sedang bermain game yang bisa Anda coba terapkan.

Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat bermanfaat dan berguna bagi para pembaca yang mengalami ngeframe, lag atau patah-patah pada saat bermain game seperti PUBG Mobile, Mobile Legends atau Free Fire.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *