Laptop

Penyebab dan Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Headset tidak terdeteksi di laptop memanglah membuat kita merasa kebingungan apalagi headset tersebut baru saja kita beli namun tidak terdeteksi atau terbaca di laptop.

Headset sendiri merupakan salah satu aksesoris penting bagi pengguna laptop yang ingin menikmati menikmati suatu hiburan. Namun, terkadang masalah bisa saja muncul, seperti headset tidak terdeteksi oleh laptop kita.

Bagi kalian yang suka memakai headset untuk bermain game atau mendengarkan musik di laptop kalian, apakah kalian pernah mengalami headset tidak terdeteksi di laptop? Jika iya, hal tersebut memang sering dialami oleh kebanyak orang.

Secara umum, penyebab headset tidak terdeteksi di laptop dapat disebabkan karena adanya masalah pada driver audio yang ada di laptop atau bisa juga disebabkan dari headset itu sendiri.

Nah, pada kesempatan kali ini Tafsiran akan memberikan beberapa tips mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop. Penasaran bagaimana caranya? Silahkan simak pembahasan artikel ini sampai tuntas.

Penyebab Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Ada beberapa hal yang menyebabkan kenapa headset tidak terdeteksi di laptop, salah faktornya dapat disebabkan oleh driver yang bermasalah.

Namun jika headset tersebut baru saja kalian beli tapi sudah tidak terdeteksi di laptop, ada baiknya untuk disimak beberapa penyebab headset tidak terdeteksi di laptop dibawah ini.

  • Driver audio bermasalah
  • Kerusakan pada port audio
  • Pengaturan audio yang salah
  • Adanya kerusakan pada headset

Penyebab diatas merupakan beberapa penyebab yang sering terjadi, namun masih ada penyebab lain seperti kerusakan port audio dan lainnya.

Baca juga: Cara Memunculkan Kembali Kursor Laptop Hilang Dengan Mudah

Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Headset telah menjadi alat yang digunakan oleh banyak orang untuk berkomunikasi dan refreshing. Namun, tidak jarang juga terjadi masalah yang dimana headset kita tidak terdeteksi di laptop.

Headset yang tidak terdeteksi di laptop bisa disebabkan oleh berbagai sebab. Mulai dari masalah pada hardware sampai dengan adanya kesalahan pada pengaturan sistem.

Ada beberapa cara yang bisa kalian ikuti, salah satunya dengan memperbaiki driver yang bermasalah. Silahkan disimak penjelasan berikut ini.

1. Update Driver Audio

Seperti yang telah mimin bahas pada tutorial seputar laptop sebelumnya, salah satu cara yang paling banyak digunakan dalam mengatasi gangguan pada perangkat yaitu dengan mengupdate driver.

Maka dari itu sebaiknya cobalah untuk mengupdate driver audio pada perangkat kalian terlebih dahulu, mungkin saja headset yang tidak terdeteksi disebabkan oleh driver yang tidak terupdate. Berikut ini lankah-langkahnya.

Langkah 1: Silahkan buka Device Manager pada windows kalian dengan mengetikkan Device Manager pada kolom pencarian Windows atau bisa juga dengan menggunakan command Win + X.

Langkah 2: Setelah kalian berada didalam halaman Device Manager, silahkan cari dan klik Sound, video and game controllers.

Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Langkah 3: Selanjut klik kanan pada driver audio yang kalian gunakan, umumnya kebanyakan laptop menggunakan Realtek Audio sebagai driver audio.

Jika laptop kalian juga menggunakan Realtek Audio, silahkan klik kanan kemudian klik Update driver lalu klik lagi Search automatically for drivers dan tunggu selama beberapa saat.

Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

2. Scan Hardware

Cara selanjutnya yaitu dengan melakukan scan for hardware changes pada perangkat laptop. Hal ini bertujuan untuk mengetahui hardware apa saja yang telah mengalami perubahan.

Misalnya ada harware yang berhubungan dengan audio yang kalian gunakan sedang bermasalah, maka secara otomatis sistem akan memberitahukan kepada kalian. Untuk melakukannya silahkan di simak langkah berikut.

Pertama: Masih dalam halaman Device Manager, silahkan klik kanan pada menu Sound, video and game controllers lalu pilih Scan for hardware changes.

Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Kedua: Selanjutnya akan muncul pop Windows dimana sistem sedang memeriksa hardware kalian secara menyeluruh. Silahkan tunggu selama beberapa saat sampai proses scan selesai.

3. Mengubah Pengaturan Sound

Cara lainnya yang bisa kalian lakukan yaitu dengan melakukan perubahan pada pengaturan sound seperti mengatur sample rate. Berikut ini langkah-langkah nya.

Langkah 1: Silahkan buka Control Panel terlebih dahulu dengan mengetikkan cpanel pada kolom pencarian Windows yang kalian gunakan.

Langkah 2: Pada menu Control Panel silahkan klik Hardware and Sound lalu kemudian pilih Sound.

Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Langkah 3: Selanjutnya akan muncul jendela baru, silahkan scroll kebawah sampai kalian menemukan menu headphones atau speaker lalu klik kanan pada menu tersebut kemudian pilih Properties.

Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Langkah 4: Berikutnya akan muncul jendela baru lagi untuk pengaturan sound, silahkan pilih tab Advanced lalu pada bagian Default Format silahkan diubah sesuai keinginan.

Jangan lupa untuk menekan tombol Test untuk mengecek apakah headset sudah berfungsi lalu klik Apply.

Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

4. Cek Menggunakan Laptop Lain

Jika kalian masih mengalami kesulitan terkait dengan permasalahan headset tidak terdeteksi di laptop ini, sebaiknya coba untuk mengetes headset tersebut dengan menggunakan laptop lain.

Silahkan hubungkat headset ke laptop lain dan coba tes dengan mendengarkan audio. Jika headset berfungsi normal dan terdeteksi pada laptop lain, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada laptop kalian.

Penutup

Jadi seperti itulah beberapa cara yang bisa mimin sampaikan dalam mengasi headset tidak terdeteksi di laptop yang dapat kalian coba sendiri.

Penyebab headset tidak terdeteksi di laptop pun dapat disebabkan oleh berbagai sebab, maka dari itu mimin sarankan untuk lebih menjaga atau merawat headset agar bertahan lebih lama.

Jika kalian mengikuti langkah-langkah yang telah mimin berikan diatas, kalian harusnya sudah bisa untuk mengatasi permasalahan ini dengan mudah.

Penting juga bagi kalian, sebaiknya coba untuk mengecek kondisi hardware laptop kalian, seperti mengecek port audio dan kondisi headset yang digunakan.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *