Aplikasi

Penyebab dan Cara Mengatasi Capcut tidak Bisa Memuat Efek

Capcut tidak bisa memuat efek menjadi salah satu permasalahan pada salah satu aplikasi editing video ini. Terlebih lagi pada saat kita akan menambahkan efek dari video yang kita edit, namun efek tersebut tidak dapat muncul.

Capcut sendiri menjadi salah satu dari sekian banyak aplikasi editing video yang sangat populer di kalangan orang-orang untuk membuat konten yang akan di publikasikan di Tiktok ataupun Instagram.

Seperti yang telah kita ketahui, Capcut merupakan salah satu aplikasi pengedit video, dimana dengan menggunakan aplikasi Capcut kita bisa dengan mudah membuat konten yang akan dibagikan di sosial media.

Akan tetapi masih ada beberapa kendala yang sering ditemui di aplikasi Capcut, salah satunya yaitu Capcut tidak bisa memuat efek.

Namun tidak perlu khawatir, karena pada pembahasan kali ini mimin akan membahas penyebab dan cara mengatasi capcut tidak bisa memuat efek. Berikut ini pembahasannya.

Penyebab Capcut tidak Bisa Memuat Efek

Sebelum kita membahas cara mengatasi Capcut tidak bisa memuat efek, penting juga bagi kita untuk mengetahui penyebab-penyebab apa saja yang menyebabkan Capcut tidak bisa memuat efek.

Berikut ini penyebab Capcut tidak bisa memuat efek :

  • Aplikasi yang digunakan masih versi lama
  • Koneksi internet tidak stabil
  • Ruang penyimpanan penuh
  • Adanya bug pada aplikasi terbaru
  • Gambar atau video mengalami kerusakan

Dari penyebab capcut tidak bisa memuat efek diatas, salah satu penyebab yang paling krusial yaitu ruang penyimpanan yang penuh.

Sebab jika ruang penyimpanan penuh, maka secara otomatis efek video tidak bisa memuat, karena sudah tidak ada lagi space yang bisa digunakan di ruang penyimpanan.

Baca juga: Cara Membuat Animasi di Canva Bagi Pemula

Cara Mengatasi Capcut tidak Bisa Memuat Efek

Efek-efek video yang ada pada aplikasi Capcut dapat membuat kesan keren dan profesional pada video yang akan kalian buat.

Namun apa jadinya jika kita sama sekali tidak bisa menggunakan efek-efek video tersebut karena tidak bisa termuat di aplikasi Capcut. Untuk mengatasi hal tersebut silahkan disimak langkah-langkah berikut:

1. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan yaitu mengupdate aplikasi Capcut kalian ke versi yang terbaru. Sebab apabila kalian masih menggunakan aplikasi versi lama, kalian tidak akan mendapatkan update dari aplikasi tersebut.

Hal ini tentu saja dapat menyebabkan berbagai error yang sering dialami pada saat sedang melakukan pengeditan video ditambah dengan tidak aktifnya fitur auto update aplikasi.

Cara mengupdate aplikasi capcut sangatlah mudah, silahkan buka Google Playstore jika menggunakan Android atau silahkan buka App Store jika menggunakan IOS. Selanjutnya ketikkan Capcut di kolom pencarian, lalu pilih update.

Capcut tidak Bisa Memuat Efek

2. Gunakan Koneksi Internet Stabil

Sebelum kalian akan melakukan pengeditan video, ada baiknya untuk memeriksa koneksi internet yang kalian gunakan terlebih dahulu.

Sebab Capcut sendiri memerlukan penggunaan data internet untuk dapat mengakses efek-efek video. Sehingga diperlukan koneksi internet yang stabil.

Mimin sendiri merekomendasikan untuk mengubah jaringan yang kalian gunakan. Misalnya apabila kalian menggunakan jaringan dari paket data namun tetap saja masih mengalami error, sebaiknya gunakan koneksi jaringan Wi-fi yang stabil.

Capcut tidak Bisa Memuat Efek

3. Mengecek Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan yang penuh bisa membuat Capcut tidak bisa memuat efek, sebab hasil dari editing video yang telah kalian edit akan secara otomatis disimpan ke ruang penyimpanan.

Jika ruang penyimpanan kalian penuh, maka Capcut tidak dapat menyimpan file-file yang telah kalian install di dalam aplikasi seperti efek-efek video, teks, dan lain sebagainya.

Sebaiknya hapus beberapa file yang menurut kalian tidak lagi digunakan, atau kalian juga bisa membackup file-file penting terlebih dahulu ke Google Drive jika menggunakan Android ataupun ICloud jika menggunakan IOS.

Capcut tidak Bisa Memuat Efek

4. Ganti Video dengan Video Lain

Pada saat Capcut tidak bisa memuat efek video di video yang kalian gunakan, sebaiknya kalian coba untuk mengetes menggunakan video lain.

Soalnya, kadang hal tersebut juga bisa berpengaruh karena video atau foto yang ingin kalian edit mengalami kerusakan sehingga efek tersebut tidak dapat dimuat.

Mimin sendiri menyarankan untuk sebelum mengedit video kalian di aplikasi Capcut, sebaiknya periksa kembali video yang ingin kalian edit apakah mengalami kerusakan atau tidak.

Capcut tidak Bisa Memuat Efek

5. Aplikasi Mengalami Bug

Permasalahan bug pada aplikasi Capcut sendiri sangat jangan sekali terjadi, sebab pihak developer sendiri telah mengecek apakah adanya bug pada aplikasi mereka.

Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan kalau masih bisa terjadi bug pada aplikasi pengedit video sekelas Capcut.

Jika memang terdapat adanya bug, maka hal yang bisa kalian lakukan hanyalah menunggu sampai adanya update terbaru dari pihak developer.

Capcut tidak Bisa Memuat Efek

6. Hubungi Bantuan Teknis

Jika semua langkah-langkah mengatasi capcut tidak bisa memuat efek di atas belum berhasil dalam mengatasi masalah memuat efek pada Capcut, langkah terakhir adalah menghubungi dukungan layanan teknis aplikasi.

Ini adalah langkah yang penting untuk mendapatkan bantuan yang lebih mendalam terkait permasalahan yang kita alami. Silahkan hubungi support dari aplikasi Capcut kemudian jelaskan permasalahan yang sedang kalian alami.

Penutup

Selain disebabkan oleh beberapa penyebab diatas, permasalahan Capcut tidak bisa memuat efek bisa juga dikarenakan ruang penyimpanan yang sudah terlalu penuh.

Oleh sebab itu sebelum memulai untuk mengedit video, pastikan terlebih dahulu kalau ruang penyimpanan masih tersisa untuk memuat efek agar aplikasi dapat berjalan secara optimal.

Sekian dulu artikel mengenai penyebab dan cara mengatasi Cappcut tidak dapat memuat efek. Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *