Laptop

7 Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi

Baterai laptop tidak mengisi memanglah membuat kita merasa sangat kebingungan, padahal laptop tersebut sudah lama di charge tetapi tetap saja tidak mengisi.

Secara umum, baterai laptop bisa bertahan kurang lebih sampai dengan lima tahunan, dengan penggunaan laptop yang normal dan tidak terlalu dibebani.

Apabila baterai laptop tidak mengisi pada saat kita melakukan pengisian daya, maka sebaiknya kalian melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu.

Semisal memeriksa kondisi kabel yang digunakan, memeriksa kondisi baterai, sampai dengan memeriksa port charger pada laptop kalian.

Jika semua kondisi tersebut normal dan tidak terjadi kerusakan namun tetap saja baterai laptop tidak mengisi, maka pasti ada penyebab lain yang menyebabkan kenapa baterai laptop tidak mengisi.

Penyebabnya diantaranya terlalu lama mengisi baterai padahal baterai tersebut sudah 100%, terlalu lama menggunakan laptop sampai lowbat total, dan lain sebagainya.

Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi

Saat baterai laptop tidak mengisi, maka kinerja dari laptop kita akan otomatis menjadi tidak optimal, yang menyebabkan performa laptop kita sering terasa lambat.

Baterai sendiri merupakan bagian yang sangat penting dari laptop. Apabila terjadi permasalahan pada baterai, maka laptop tersebut tidak bisa bekerja secara maksimal atau bahkan tidak bisa menyala sama sekali.

Terdapat beberapa cara mengatasi baterai laptop tidak mengisi yang bisa kalian coba lakukan sendiri. Berikut ini mimin akan menjelaskan beberapa cara-caranya:

1. Periksa Stop Kontak

Baterai Laptop Tidak Mengisi

Hal pertama yang perlu untuk dicek pada saat baterai laptop tidak mengisi yaitu dengan memeriksa sumber tegangang listrik atau stop kontak.

Jika stop kontak yang kalian gunakan mengalami kerusakan, maka hal tersebut tentu saja dapat menyebabkan tidak ada daya yang mengalir ke laptop.

Kalian juga bisa melakukan pengecekan apakah stop kontak tersebut rusak atau tidak dengan mengisi daya perangkat lain, semisalnya mengisi daya smartphone kalian.

2. Mengecek Kondisi Charger

Baterai Laptop Tidak Mengisi

Sebaiknya kalian jangan lupa untuk memeriksa kondisi charger laptop yang kalian gunakan, perhatikan apakah kabel charger tersebut longgar atau rusak.

Jangan lupa untuk mengecek juga bagian port untuk mencolok charger ke laptop, barangkali tertutup oleh debu sehingga membuat laptop tidak mengisi saat di charger.

Jika memang port charger ditutupi oleh debu, sebaiknya bersihkan port charger tersebut secara perlahan menggunakan cotton bud.

3. Melepaskan Baterai

Baterai Laptop Tidak Mengisi

Cara ini bisa kalian lakukan terkhusunya bagi kalian yang mempunyai laptop yang dimana baterainya bisa dilepas pasang.

Caranya yaitu, matikan laptop terlebih dahulu > lepaskan baterai > sambungkan charger dengan baterai yang belum terpasang > lalu nyalakan laptop.

Jika laptop dapat menyala dalam keadaan baterai yang tidak terpasang, maka bisa dipastikan kalau kerusakan tersebut berasal dari baterainya.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

4. Istirahatkan Laptop

Baterai Laptop Tidak Mengisi

Jika kalian sering kali menggunakan laptop kalian seharian penuh sambil dicharger, maka ada kemungkinan laptop kalian mengalami overheat dan dapat mempengaruhi ke baterai.

Baterai laptop sangat sensitif dengan suhu panas dan bisa mempengaruhi kinerjanya, sehingga baterai tersebut sulit untuk mengisi daya atau bahkan tidak bisa mengisi daya sama sekali.

Sebaiknya istirahatkan dulu laptop kalian selama beberapa jam sampai suhu baterai tersebut dingin. Pastikan juga kalau ventilasi laptop kalian tidak berdebu.

Jika memang kalian memiliki pekerjaan yang dimana harus menggunakan laptop dalam keadaan lama, mimin sendiri merekomendasikan untuk menggunakan kipas eksternal yang dapat mendinginkan laptop.

5. Coba Gunakan Charger Lain

Baterai Laptop Tidak Mengisi

Baterai laptop tidak mengisi mungkin bisa disebabkan oleh kerusakan dari charger laptop itu sendiri. Oleh sebab itu coba gunakan charger lain untuk mengisi daya laptop kalian.

Jika laptop tersebut dapat mengisi daya dengan menggunakan charger lain, maka bisa dipastikan kalau permasalahan tersebut berasal dari charger yang kalian gunakan.

Sebaiknya gunakan charger original untuk laptop kalian, sebab jika tidak menggunakan charger original maka charger tersebut rentan mengalami kerusakan.

6. Tutup Beberapa Aplikasi yang Jalan di Latar Belakang

Baterai Laptop Tidak Mengisi

Baterai laptop yang tidak dapat mengisi terkadang dapat disebabkan karena terlalu banyak aplikasi yang bejalan di latar belakang atau di task manager.

Sebab aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang tersebut dapat menguras pemakaian baterai dalam jumlah yang banyak, sehingga pada saat laptop sedang mengisi daya maka akan berkurang lagi.

Maka dari itu, sebaiknya tutup beberapa aplikasi yang berjalan dilatar belakang untuk mengurasi beban pada baterai laptop kalian pada saat mengisi.

7. Mengupdate Windows

Salah satu cara penting untuk mengoptimalkan performa baterai laptop adalah dengan mengupdate sistem operasi yang kita gunakan.

Update sistem operasi tidak hanya menyediakan fitur-fitur terbaru, tetapi juga seringkali mencakup perbaikan bug dan masalah yang bisa memengaruhi daya tahan dari sebuah baterai laptop.

Berikut ini cara update Windows:

  • Pertama silahkan masuk ke dalam menu setting Windows dengan menekan shortcut keyboard Win + I
  • Pada halaman settings silahkan klik Windows Update, biasanya menunya terletak di paling bawah
  • Selanjutnya silahkan klik Check for updates
  • Jika ada update baru yang tersedia, silahkan langsung saja klik Updates

Baterai Laptop Tidak Mengisi

Penutup

Jadi itulah beberapa cara dalam mengatasi baterai laptop tidak mengisi yang bisa mimin bahas dan bisa kalian coba untuk lakukan sendiri.

Terlepas dari itu, penting juga untuk diingat, sebaiknya jangan lupa untuk mengistirahatkan laptop kalian apabila dirasa kalau laptop sudah sangat panas dan melambat.

Sebab laptop yang terus menyala nonstop dapat berpengaruh ke baterai laptop tersebut, sehingga akan menyebabkan baterai cepat rusak.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *