Android

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang HP Android Secara Lengkap

Opsi pengembang atau yang biasa disebut dengan developer options adalah sebuah fitur yang tesembunyi pada perangkat Android yang ditujukan untuk melakukan debugging.

Untuk beberapa orang, terutama yang belum memahami tentang HP Android, mungkin belum mengetahui fungsi dari opsi pengembang dan cara mengaktifkan opsi pengembang tersebut.

Padahal opsi pengembang ini memiliki beberapa fungsi yang bermanfaat seperti mengatur kinerja processor, mengatur tampilan perangkat, dan yang paling utama yaitu kita bisa melakukan debugging USB.

Opsi pengembang tidak dimunculkan di menu pengaturan seperti opsi pengaturan-pengaturan lainnya. Opsi pengembang hanya bisa diaktifkan secara manual.

Nah, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan opsi pengembang dan bagaimana cara mengaktifkan opsi pengembang ini? Berikut ini pembasan lengkapnya.

Apa itu Opsi Pengembang

Opsi pengembang atau yang sering disebut dengan developer options adalah suatu fitur khusus yang ada pada perangkat Android yang ditujukan kepada developer android.

Dengan mengaktifkan opsi pengembang, kita bisa mengakses pengaturan-pengaturan tambahan yang tidak tersedia secara langsung dalam pengaturan bawaan dari smartphone Android yang kita gunakan.

Fitur khusus ini dapat memberikan akses kepada pengaturan tambahan yang tidak tersedia pada pengaturan normal suatu perangkat Android seperti debugging USB dan lain sebagainya.

Selain itu, opsi pengembang atau developer options juga memiliki beberapa fitur-fitur lain yang berguna untuk perangkat Android seperti :

  • Mempercepat animasi layar.
  • Mengubah resolusi layar.
  • Membatasi Aplikasi yang berjalan di latar belakang
  • Mengatur kecepatan animasi
  • Mengatur fungsi tombol dan lain sebainya.

Nah, dengan fitur-fitur diatas, kita akan bisa mengoptimalkan kinerja smartphone dan mengatur smartphone Android yang kita gunakan sesuai dengan keinginan sendiri.

Meskipun memiliki beberapa fungsi-fungsi yang bermanfaat, tapi perlu untuk kita ketahui, kalau secara normal opsi pengembang disembunyikan di menu pengaturan.

Untuk dapat mengakses fitur-fitur yang disediakan oleh opsi pengembang, maka dari itu kita perlu mengaktifkannya terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Dengan Mudah

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang

Opsi pengembang sendiri tersedia untuk semua jenis HP Android. Mulai dari Samsung, Realme, Vivo, Oppo, dan lain sebagainya.

Selain berguna untuk developer, kita juga bisa menggunakan fitur opsi pengembang ini untuk keperluan lain seperti USB debugging yang akan membantu kita menghubungkan perangkat Android ke PC.

Nah, berikut ini mimin akan memberikan langkah-langkah bagaimana cara mengaktifkan opsi pengembang yang bisa dicoba pada semua merk HP, berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah 1: Pertama, silahkan buka menu setelan atau pengaturan di HP Android kalian terlebih dahulu.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang HP Android

Langkah 2: Pada halaman setelan tersebut, silahkan scroll kebawah sampai kalian menemukan menu Tentang Ponsel atau About Phone, sesuai dengan bahasa yang digunakan perangkat Android kalian.

Catatan: Apabila kalian menggunakan HP Android maka menu yang akan muncul yaitu Tentang Ponsel dan Jika kalian menggunakan Tablet Android maka menu yang akan muncul yaitu Tentang Tablet.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang HP Android

Langkah 3: Selanjutnya didalam menu tentang ponsel, silahkan cari sampai kalian menumukan tulisan Nomor versi atau Nomor Build.

Selanjutnya ketuk atau tap pada tulisan tersebut sebanyak kurang lebih 7 kali secara berulang.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang HP Android

Jika telah berhasil akan muncul pop up yang bertuliskan “Sekarang Anda adalah seorang developer.” Apabila belum muncul  silahkan ulangi lagi langkah-langkah sebelumnya.

Lankah 4: Berikutnya silahkan kembali ke halaman setelan lalu masuk lagi ke menu setelan tambahan atau menu System dan disana kalian akan melihat menu baru yaitu Opsi pengembang atau Developer options.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang HP Android

Selamat opsi pengembang telah diaktifkan di perangkat Android kalian, selanjutnya kalian bisa mengatur bermacam-macam pengaturan yang ada pada menu opsi pengembang ini.

Cara Menonaktifkan Opsi Pengembang

Bagi kalian yang ingin menonaktifkan opsi pengembang karena khawatir jika nantinya HP kalian akan mengalami error, maka kalian bisa menonaktifkan opsi pengembang kapanpun kalian mau.

Cara menonaktifkan opsi pengembang sangat mudah. Silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Silahkan pergi ke halaman pengaturan atau setelah di HP Android kalian sekali lagi.

Langkah 2: Didalam halaman setelan, silahkan scroll kebawah sampai kalian menemukan menu Aplikasi & notifikasi atau Manajemen aplikasi.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang HP Android

Langkah 3: Berikutnya di halaman aplikasi, silahkan scroll ke bawah sampai kalian menemukan aplikasi Pengaturan dengan icon roda gear.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang HP Android

Langkah 4: Silahkan buka aplikasi Setelan tersebut lalu kemudian masuk kedalam menu Pengguna penyimpanan.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang HP Android

Langkah 5: Nah, didalam menu Penggunaan penyimpanan ini, silahkan tekan Hapus Cache untuk menghapus cache pada aplikasi pengaturan tersebut.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang HP Android

Selesai deh, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah mimin berikan diatas, sekarang opsi pengembang telah kembali tersembunyi di setelan HP Android kalian.

Jika langkah diatas belum berhasil untuk menonaktifkan kembali opsi pengembang, silahkan coba masuk kedalam halaman pengaturan opsi pengembang.

Terkadang disana ada menu pilihan yang memungkinkan kita untuk dapat menyembunyikan atau menonaktifkan kembali opsi pengembang yang aktif tersebut.

Penutup

Seperti itulah pembahasan tentang bagaimana cara mengaktifkan opsi pengembang atau developer options pada HP Android.

Salah satu fungsi penting yang ada pada opsi pengembang ini yaitu dapat memudahkan kita dalam melakukan debugging menggunakan USB.

Perlu di ingat bahwa meskipun opsi pengembang dapat memberikan kita akses yang lebih lanjut ke berbagai pengaturan tambahan, sebaiknya kalian juga perlu berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakannya.

Mungkin di beberapa merk smartphone Android ada perbedaan tata letak menu atau bahasa yang berbeda dengan perangkat kalian.

Namun langkah-langkah cara mengaktifkan opsi pengembang diatas kurang lebih sama untuk setiap HP Android.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *