Editing

Cara Mencerahkan Wajah di Photoshop Secara Natural

Cara mencerahkan wajah di Photoshop mungkin belum banyak orang-orang ketahui tentang fitur yang ada di software Adobe Photoshop ini.

Dalam dunia digital yang semakin berkembang, penggunaan foto menjadi semakin penting dalam kehidupan kita. Foto adalah cara yang efektif untuk menyampaikan pesan, mengabadikan momen, dan mengekspresikan diri.

Salah satu elemen utama dalam menjadikan foto yang bagus adalah tampilan wajah yang cerah dan segar. Sayangnya, tidak semua foto memiliki pencahayaan yang sempurna, dan ini bisa memengaruhi tampilan kulit pada wajah.

Namun, jangan khawatir! Dengan bantuan software seperti Adobe Photoshop, Anda dapat mengatasi masalah ini dan membuat kulit wajah tampak lebih cerah dalam waktu singkat.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara mencerahkan wajah di Photoshop, silahkan disimak pembahasan artikel ini sampai selesai.

Cara Mencerahkan Wajah di Photoshop

Cara Mencerahkan Wajah di Photoshop

Cara mencerahkan wajah di Photoshop tidak sulit untuk dilakukan, terkhususnya bagi Anda yang seorang pemula dalam menggunakan software editing Photoshop.

Berikut langkah-langkah cara mencerahkan wajah di Photoshop:

1. Siapkan Foto

Sebelum memulai tutorial cara mencerahkan wajah di Photoshop, pastikan terlebih dahulu kalau foto yang ingin dicerahkan. Bagi Anda yang belum tahu cara memasukkan foto ke Photoshop, berikut cara-caranya:

  1. Buka software Adobe Photoshop
  2. Dalam Software Photoshop, klik File di bagian atas layar. Kemudian pilih Open dari menu dropdown yang muncul.
  3. Pilih foto yang ingin dicerahkan wajahnya.
  4. Klik Open.

Dengan foto yang sudah terbuka di Photoshop, Anda sudah siap untuk melanjutkan ke langkah-langkah berikutnya dalam proses mencerahkan wajah. Simpan foto asli Anda dengan nama yang berbeda agar Anda memiliki cadangan jika diperlukan.

2. Duplikat Layer Wajah

Langkah ini sangat penting untuk memastikan bahwa Anda dapat mengedit wajah tanpa mengubah lapisan asli foto Anda. Berikut adalah cara melakukan duplikasi lapisan wajah:

  1. Di jendela Photoshop, pastikan Anda memiliki lapisan wajah yang terpilih. Anda dapat melihat lapisan mana yang sedang terpilih dengan melihat tampilan di panel Layers.
  2. Untuk menduplikat lapisan wajah, klik kanan pada lapisan tersebut di panel Layers” dan pilih Duplicate Layer.
  3. Agar lebih teratur, Anda dapat memberi nama lapisan duplikat dengan cara mengklik dua kali pada nama lapisan dan menggantinya sesuai keinginan Anda.

Dengan lapisan wajah yang sudah diduplikat, Anda sekarang dapat melanjutkan proses mencerahkan wajah dengan aman tanpa merusak foto asli Anda.

3. Gunakan Dodge Tool

Dodge Tool adalah kunci untuk mencerahkan wajah. Pilih tools ini dari panel tools Photoshop. Kemudian, atur ukuran kuas dan opacity sesuai kebutuhan. Pastikan untuk tidak berlebihan agar hasilnya tetap terlihat alami.

Berikut cara mencerahkan wajah di Photoshop menggunakan Dodge Tool:

  1. Pilih tools Dodge Tool.
  2. Di bagian atas layar, Anda akan menemukan opsi untuk mengatur ukuran kuas. Ukuran kuas yang tepat akan tergantung pada area yang ingin Anda mencerahkan.
  3. Atur Opacity misalnya 20-30%, untuk hasil yang lebih alami.
  4. Sekarang, klik dan tahan mouse di atas area wajah yang ingin Anda cerahkan.

Baca juga: Cara Merubah Warna Objek di Photoshop Dengan Mudah

4. Sesuaikan Tingkat Kecerahan

Setelah Anda menggunakan alat “Dodge Tool” untuk mencerahkan area wajah yang perlu diperbaiki, langkah berikutnya adalah menyesuaikan tingkat kecerahan secara keseluruhan pada foto.

Langkah ini berguna untuk memastikan bahwa keseluruhan tampilan foto tetap seimbang dan cerah. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Di bagian atas jendela Photoshop, temukan menu Image dan klik pada menu ini.
  2. Setelah Anda mengklik Image, pilih opsi Adjustments dari menu dropdown yang muncul. Ini akan membuka daftar opsi penyesuaian.
  3. Dalam daftar opsi penyesuaian, klik Brightness/Contrast.
  4. Geser slider Brightness ke kanan untuk meningkatkan kecerahan.

5. Seimbangkan Warna Kulit

Setelah Anda mengatur tingkat kecerahan pada foto, langkah penting berikutnya adalah menyeimbangkan warna kulit dari foto yang sudah di edit sebelumnya.

Ini akan membantu menciptakan tampilan wajah yang lebih alami dan menyamarkan ketidakseimbangan warna yang mungkin ada. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kembali ke menu Image di bagian atas jendela Photoshop.
  2. Klik Adjustments lagi, seperti yang Anda lakukan pada langkah sebelumnya.
  3. Dalam daftar opsi penyesuaian, pilih Color Balance.
  4. Silahkan geser ketiga slider untuk mengatur warna kulit agar terlihat lebih alami
  5. Selesai.

Menyeimbangkan warna kulit adalah langkah penting dalam mengedit foto wajah agar terlihat alami dan profesional. Pengaturan warna yang tepat akan meningkatkan kualitas foto Anda.

Baca juga: Cara Hapus Objek di Photoshop Untuk Pemula

Akhir Kata

Jadi begitulah pembahan artikel cara mencerahkan wajah di Photoshop dengan menggunakan bantuan tools Dodge Tools, serta mengatur color balance agar hasil lebih natural.

Menyesuaikan warna kulit adalah langkah penting dalam menghasilkan tampilan wajah yang alami. Dengan mengatur warna biru, merah, kuning, dan hijau, Anda dapat mencapai tampilan kulit yang lebih seimbang.

Apabila ada pesan atau pertanyaan yang ingin Anda sampaikan terkait pembahasan cara mencerahkan wajah di Photoshop diatas, bisa menggunakan kolom komentar untuk berkomentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *