Laptop

Cara Memunculkan Kembali Kursor Laptop Hilang Dengan Mudah

Kursor laptop hilang memanglah membuat kita merasa sangat kebingungan, apalagi ketika kita ingin menggunakan laptop kita untuk mengerjakan suatu pekerjaan, namun kursor laptop tiba-tiba saja hilang.

Biasanya kursor laptop hilang terjadi pada saat kita baru saja menyalakan perangkat kita untuk pertama kali yang menyebabkan menyebabkan kursor tersebut hilang, namun setelah beberapa saat akan muncul kembali.

Namun apa jadinya jika kursor laptop hilang tersebut tidak muncul kembali? Nah, tidak perlu khawatir karena pada pembahasan kali ini mimin akan menjelaskan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa kursor laptop hilang. Tapi pada umumnya hal tersebut terjadi karena adanya suatu sistem yang tidak berfungsi secara semestinya.

Untuk penyebab lengkapnya, silahkan disimak penjelasan berikut.

Penyebab Kursor Laptop Hilang

Kursor laptop yang tiba-tiba saja menghilang pastinya sangat menganggu kita bukan? Permasalahan ini bisa menghambat produktivitas dari pekerjaan kita.

Beberapa faktor dibawah ini mungkin bisa menjadi penyebab mengapa kursor laptop hilang.

  • Touchpad tidak berfungsi dengan baik.
  • Adanya masalah pada driver mouse.
  • Terjadi masalah pada sistem operasi laptop.
  • Mouse tidak mendapatkan respon dari sistem.

Penyebab diatas hanyalah beberapa penyebab umum yang sering terjadi pada beberapa pengguna laptop termasuk mimin sendiri. Nah, untuk caranya mengatasi kendala ini, silahkan disimak penjelasan berikut.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Memunculkan Kursor Laptop yang Hilang

Ketika kursor laptop hilang, reaksi pertama kalian mungkin adalah cemas atau panik. Bayangkan saja ketika kita sedang mengerjakan tugas penting atau lagi asyik browsing di internet, dan tiba-tiba kursor laptop hilang begitu saja.

Namun, daripada langsung panik, penting untuk tetap tenang dan lakukan cara-cara yang tepat untuk mengembalikan kembali kursor kalian.

Cara untuk memunculkan kembali kursor laptop yang hilang juga bisa dibilang cukup simpel dan sangat mudah untuk dilakukan sendiri.

Sebelum membawa laptop ke tempat service, silahkan simak pembahasan berikut ini.

1. Merestart Laptop

Cara pertama ini sangatlah simpel, kalian hanya perlu melakukan restart pada perangkat laptop kalian. Dengan merestart tersebut bertujuan untuk merefresh sistem keadaan semula.

Berhubung kalian tidak bisa menggunakan kursor untuk melakukan restart pada laptop kalian, maka silahkan gunakan shortcut keyboard berikut ini.

Pertama: Silahkan pencet tombol Alt + F4 pada keyboard laptop kalian, selanjutnya tekan tombol Arrow bawah sampai kalian menemukan menu restart.

Kedua: Jika kalian sudah menemukan menu restart, silahkan tekan Enter untuk melakukan restart pada laptop kalian.

Kursor Laptop Hilang

2. Mengaktifkan Touchpad yang Terkunci

Biasanya kursor laptop hilang bisa terjadi karena touchpad pada laptop kalian dalam keadaan terkunci. Hal tersebut dapat terjadi karena salah pencet shortcut di keyboard.

Untuk membuka kembali touchpad laptop yang terkunci, kalian cukup mencari tombol untuk membuka kembali kunci touchpad tersebut.

Silahkan lihat baris tombol shortcut dengan icon touchpad mulai dari F1 sampai dengan F12. Selanjutnya tekan tombol tersebut bersamaan dengan Fn, Misalnya Fn + F7 untuk merk laptop Asus.

Tombol shortcut diatas hanyalah beberapa dari merk laptop yang mimin ketahui. Jika merk laptop kalian tidak ada diatas, silahkan untuk membaca buku manual setting ataupun bisa searching di internet.

3. Mengupdate Driver

Driver touchpad yang tidak terupdate seringkali menyebabkan beberapa gangguan pada touchpad laptop kalian, tak terkecuali dengan kursor laptop yang tiba-tiba saja menghilang.

Maka dari itu mimin sendiri menyarankan sebaiknya untuk memeriksa apakah driver touchpad kalian perlu untuk diupdate. Berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah 1: Silahkan pergi pergi ke pengaturan Device Manager, caranya ketikkan Device Manager pada kolom pencarian atau bisa juga dengan mengetikkan Device Manager di search bar windows kalian.

Langkah 2: Didalam halaman Device Maganer, silahkan kalian cari menu Mice and other pointing devices. Selanjutnya klik kanan pada menu terebut kemudian pilih Update Driver.

Kursor Laptop Hilang

Langkah 3: Selanjutnya akan muncul jendela baru dimana kalian akan diberikan 2 pilihan. Pilihan tersebut berupa menginstall driver secara otomatis atau menginstal driver melalui perangkat jika driver sudah ada diperangkat.

Sebaiknya pilih install driver secara otomatis, agar sistem dapat mencarikan dan menemukan driver yang support atau kompitabel dengan laptop kalian.

Kursor Laptop Hilang

4. Install Ulang Laptop

Cara ini merupakan solusi paling terakhir yang bisa mimin berikan. Apabila kalian telah melakukan semua cara diatas, namun kursor laptop kalian masih saja menghilang, sebaiknya pertimbangan untuk instal ulang.

Instal ulang ini bertujuan untuk untuk dapat memperbaiki sistem pada laptop kalian yang sedang mengalami gangguan atau kerusakan.

Selain itu dengan melakukan instal ulang laptop ini, laptop kalian akan kembali lagi kedalam kondisi optimal seperti pertama kali kalian beli.

Penutup

Itulah cara yang bisa kalian ikuti untuk memunculkan kursor laptop hilang secara tiba-tiba yang bisa kalian coba sendiri dirumah.

Mengatasi masalah kursor laptop yang hilang mungkin memerlukan sedikit kesabaran, tetapi dengan mengikuti cara-cara yang mimin berikan di atas, kalian seharusnya sudah bisa untuk memperbaikinya.

Perlu diingat untuk cara terakhir jika kalian tidak mengetahui caranya, sebaiknya konsultasikan kepada ahlinya sebelum melakukan penginstalan ulang tersebut untuk menghindari adanya kendala.

Karena jika kita melakukan penginstalan ulang pada laptop, maka seluruh data yang ada di drive C akan terhapus. Jadi sebelum melakukannya sebaiknya backup data-data penting terlebih dahulu.

Apabila ada pertanyaan yang ingin kalian sampaikan seputar artikel yang kami bahas ini, dipersilahkan untuk berkomentar di kolom komentar. Akhir kata terimakasih.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *