Editing

Cara Mempertajam Foto di Photoshop Untuk Pemula

Cara mempertajam foto di Photoshop mungkin belum banyak diketahui oleh orang-orang yang menggunakan aplikasi ini untuk mengedit sebuah gambar menjadi lebih tajam.

Dalam era digital saat ini, fotografi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Semua orang dengan smartphone dapat dengan mudah mengambil gambar yang indah.

Namun, terkadang kita ingin lebih dari sekadar gambar biasa. Kita ingin mempertajam dan meningkatkan kualitas foto-foto kita.

Itulah mengapa Adobe Photoshop adalah alat yang sangat populer di kalangan fotografer dan penggemar fotografi yang digunakan untuk mengedit foto.

Dalam artikel ini, kami akan membahas dengan detail cara mempertajam foto di Photoshop menggunakan berbagai alat dan teknik yang tersedia dalam Photoshop.

Jika Anda pernah mengalami frustrasi karena gambar Anda terlihat kabur atau kurang tajam, maka pembahasan kali ini mimin akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Cara Mempertajam Foto di Photoshop

Photoshop adalah software pengeditan gambar yang sangat populer. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai macam perubahan pada foto, termasuk pemotongan, pencahayaan, dan tentu saja, mempertajam gambar.

Mengedit foto dengan Adobe Photoshop adalah salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kualitas gambar Anda. Salah satu teknik yang sering dicari adalah cara mempertajam foto di Photoshop.

Berikut ini cara mempertajam foto di Photoshop:

1. Buka Foto di Photoshop

Langkah cara mempertajam foto di Photoshop pertama yang sangat penting dalam proses mempertajam foto di Photoshop adalah membuka foto yang ingin Anda edit di dalam software ini.

Adobe Photoshop adalah salah satu alat terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengedit gambar, dan untuk memulai, Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pertama, pastikan Anda telah menginstal Adobe Photoshop di komputer Anda. Setelah itu, buka aplikasi Photoshop dengan mengklik ikonnya di desktop atau mencarinya di menu aplikasi Anda.

Langkah 2: Jika Anda ingin membuat proyek baru dan mulai dari awal, Anda dapat membuat dokumen baru dengan mengklik File di bagian atas layar, lalu pilih New.

Cara Mempertajam Foto di Photoshop

Ini akan membuka jendela di mana Anda dapat menentukan ukuran dan resolusi dokumen baru Anda. Namun, jika Anda hanya ingin mengedit foto yang sudah ada, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 3: Untuk membuka foto yang ingin Anda edit, klik File di bagian atas layar, lalu pilih Open. Ini akan membuka jendela pencarian file di mana Anda dapat menavigasi ke tempat foto Anda disimpan.

Setelah menemukannya, klik foto tersebut dan kemudian tekan Open di jendela tersebut.

Cara Mempertajam Foto di Photoshop

Langkah 4: Sekarang, gambar Anda akan terbuka di dalam jendela Photoshop. Anda akan melihat gambar tersebut di area kerja Photoshop.

Cara Mempertajam Foto di Photoshop

Langkah 5: Setelah Anda membuka foto, Anda siap untuk memulai proses editing. Anda dapat melanjutkan dengan langkah-langkah cara mempertajam foto di Photoshop selanjutnya.

2. Duplikat Layer

Cara Mempertajam Foto di Photoshop

Setelah Anda berhasil membuka foto yang ingin Anda pertajam di Adobe Photoshop, cara mempertajam foto di Photoshop berikutnya adalah membuat salinan lapisan (layer) dari gambar tersebut.

Mengapa kita perlu melakukannya? Membuat salinan layer adalah langkah penting karena kita akan bekerja pada salinan foto ini, sehingga gambar asli tetap utuh dan tidak akan berubah.

Berikut cara duplikat layer Photoshop:

  • Pertama, pastikan Anda telah memilih lapisan gambar yang aktif. Anda dapat melihat lapisan yang aktif dengan melihat tab Layers di sebelah kanan bawah layar.
  • Setelah lapisan yang tepat dipilih, klik kanan pada lapisan tersebut di panel Layers. Ini akan membuka menu kontekstual. Dalam menu ini, cari opsi yang mengatakan Duplicate Layer atau Duplicate. Klik opsi ini.
  • Setelah menggandakan lapisan, Anda dapat memberikan nama pada lapisan baru jika Anda menginginkannya. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi lapisan mana yang merupakan salinan.
  • Sekarang, Anda akan melihat bahwa ada dua lapisan yang identik dalam panel Layers. Salah satunya adalah gambar asli, dan yang lainnya adalah salinan yang akan Anda edit.
  • Pastikan lapisan yang Anda inginkan untuk diedit adalah yang aktif. Ini ditandai dengan lapisan yang terlihat lebih cerah di dalam panel Layers.

Dengan menggandakan lapisan gambar ini, Anda telah menyiapkan diri untuk mengedit gambar tanpa mengubah gambar aslinya.

Jika ada kesalahan atau perubahan yang tidak diinginkan, Anda selalu dapat kembali ke gambar asli yang tidak terpengaruh.

3. Buat Layer Penyesuaian

Cara Mempertajam Foto di Photoshop

Setelah Anda berhasil menduplikasi layer, langkah cara mempertajam foto di Photoshop berikutnya adalah membuat lapisan penyesuaian. Lapisan penyesuaian memungkinkan Anda untuk mengendalikan efek penajaman dengan lebih detail.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama: Pastikan Anda telah memilih lapisan yang berisi gambar yang ingin Anda pertajam. Ini adalah lapisan yang telah Anda duplikat pada Langkah 2. Pastikan lapisan ini yang aktif di dalam panel Layers.

Kedua: Untuk membuat lapisan penyesuaian, pergilah ke bagian bawah panel Layers dan cari ikon yang terlihat seperti setumpuk kotak. Klik ikon ini untuk membuat lapisan penyesuaian baru.

Ketiga: Setelah Anda membuat lapisan penyesuaian, akan muncul jendela yang memungkinkan Anda memilih tipe penyesuaian yang ingin Anda terapkan.

Beberapa tipe yang berguna untuk mempertajam foto adalah Brightness/Contrast dan Smart Sharpen. Pilih salah satu opsi ini sesuai kebutuhan Anda.

Keempat: Setelah Anda memilih tipe penyesuaian, Anda akan melihat pengaturan yang berkaitan dengan penyesuaian tersebut. Misalnya, jika Anda memilih Brightness/Contrast, Anda dapat menggeser slider untuk mengatur kecerahan dan kontras.

Untuk Smart Sharpen, Anda dapat mengatur jumlah penajaman dan radius. Eksperimenlah dengan pengaturan ini hingga Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Setelah Anda mengatur pengaturan penyesuaian sesuai preferensi Anda, klik OK atau Apply untuk menerapkan penyesuaian tersebut ke lapisan gambar yang Anda inginkan.

Keenam: Setelah Anda menerapkan penyesuaian, Anda akan melihat lapisan penyesuaian baru muncul di dalam panel Layers. Ini adalah lapisan yang mengendalikan efek penajaman yang telah Anda atur sebelumnya.

Dengan membuat laayer penyesuaian, Anda memiliki kontrol penuh atas efek penajaman yang Anda terapkan pada foto. Anda dapat mengubah pengaturan ini kapan saja jika perlu.

Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan dengan mengatur kontras dan kecerahan yang lebih baik untuk mencapai hasil yang diinginkan.

4. Atur Kontras dan Kecerahan

Setelah Anda berhasil membuat lapisan penyesuaian di langkah sebelumnya, saatnya untuk mengatur kontras dan kecerahan gambar agar sesuai dengan preferensi Anda.

Langkah cara mempertajam foto di Photoshop ini sangat penting dalam proses mempertajam foto di Adobe Photoshop. Berikut cara mengatur kontras dan kecerahan di Photoshop:

Langkah 1: Pastikan lapisan penyesuaian yang telah Anda buat pada langkah sebelumnya masih aktif di dalam panel Layers. Anda akan melanjutkan penyesuaian pada lapisan ini.

Langkah 2: Di dalam panel Properties , Anda akan menemukan pengaturan untuk kecerahan. Biasanya, ada slider yang memungkinkan Anda mengubah tingkat kecerahan gambar.

Geser slider ini ke kanan atau kiri untuk mengatur kecerahan sesuai yang Anda inginkan. Perhatikan perubahan gambar saat Anda menggeser slider ini.

Cara Mempertajam Foto di Photoshop

Langkah 3: Di bawah pengaturan kecerahan, Anda akan menemukan pengaturan untuk kontras. Sama seperti pengaturan kecerahan, geser slider kontras ke kanan atau kiri untuk mengubah tingkat kontras gambar.

Ini adalah tahap eksperimen. Geser slider kecil-kecilan dan perhatikan perubahan yang terjadi pada gambar. Tujuannya adalah untuk mencapai tingkat kecerahan dan kontras yang membuat gambar terlihat lebih tajam tanpa kehilangan detail yang penting.

Cara Mempertajam Foto di Photoshop

Langkah 4: Setelah Anda puas dengan pengaturan kecerahan dan kontras, periksa hasil akhir dengan membandingkan gambar sebelum dan sesudah penyesuaian.

Pastikan bahwa gambar terlihat lebih tajam dan jelas tanpa overexposure (kecerahan berlebihan) atau underexposure (kecerahan kurang).

Langkah 5: Setelah Anda mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda dapat menyimpan perubahan dengan mengklik File di bagian atas layar, lalu pilih Save atau Save As jika Anda ingin menyimpan dengan nama file yang berbeda.

5. Simpan Hasil

Cara Mempertajam Foto di Photoshop

Setelah Anda berhasil melakukan penajaman dan penyesuaian kontras serta kecerahan pada foto di Adobe Photoshop, langkah cara mempertajam foto di Photoshop terakhir adalah menyimpan hasil editan Anda.

Simpan hasil ini agar Anda dapat menggunakannya sesuai kebutuhan Anda. Pastikan Anda membuat salinan cadangan (backup) gambar asli Anda jika Anda perlu mengeditnya kembali.

Dengan cara mempertajam foto di Photoshop ini, Anda telah berhasil mempertajam foto di Adobe Photoshop dan menyimpan hasilnya dengan baik.

Akhir Kata

Jadi kurang lebih begitulah langkah-langkah cara mempertajam foto di Photoshop yang bisa Anda terapkan apabila Anda baru saja menggunakan Photoshop.

Mempertajam foto di Photoshop adalah keterampilan penting bagi siapa saja yang serius dalam dunia fotografi digital dan editing.

Dengan mengikuti cara mempertajam foto di Photoshop di atas dan bereksperimen dengan berbagai filter, Anda dapat meningkatkan kualitas gambar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *