Android

Cara Memperbaiki Kartu SD Tidak Bisa di Format

Kartu SD tidak bisa di format bakalan membuat beberapa orang yang masih menggunakan kartu SD di smartphone mereka akan merasa kebingungan.

Terlebih lagi pada beberapa smartphone yang  masih memiliki ruang penyimpanan yang sangat terbatas, maka kehadiran kartu SD atau micro SD teramat sangat dibutuhkan.

Saat ini kartu SD sudah sangat banyak tersedia dipasaran, mulai dari kapasitas 8GB, 16GB, dan 32GB. Lantas bagaimana apabila kartu SD di smartphone kalian tiba-tiba error ?

Terkadang pengguna mengalami permasalahan di mana kartu SD tidak bisa di format dengan benar, baik itu menggunakan HP atau dari laptop.

Salah satu masalah yang paling banyak dialami oleh pengguna smartphone android adalah kartu SD yang tidak terbaca. Bahkan tak banyak orang yang juga kesulitan untuk memformat kartu SD langsung dari smartphone mereka.

Memperbaiki Kartu SD tidak bisa di format

Sebelum menyimpulkan kalau kartu SD yang kalian gunakan mengalami kerusakan, ada baiknya untuk mengecek apakah tempat penyimpanan kartu SD terhalang sesuatu sesuatu ataukah patah.

Apabila semuanya normal namun kartu SD masih tidak terbaca dan kartu SD tidak bisa di format, bisajadi permasalahan tersebut berasal dari kartu SD itu sendiri.

Maka pada pembahasan kali ini mimin akan membahas cara untuk memperbaiki kartu SD tidak bisa di format agar dapat digunakan kembali. Berikut ini cara mengatasi kartu SD tidak bisa di format:

1. Format Melalui PC/Laptop

Apabila sebelumnya kalian mencoba untuk memformat kartu SD melalui smartphone android kalian namun masih tetap gagal, maka kami menyarankan untuk menggunakan bantuan PC/Laptop.

Mengatasi kartu SD tidak bisa di format bisa kalian lakukan lewat PC/Laptop dengan sangat mudah, kalian hanya perlu menggunakan card reader lalu hubungkan kartu SD kalian. Berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah 1: Hubungan kartu SD kalian ke PC/Laptop Menggunakan card reader.

Kartu SD tidak bisa di format

Langkah 2: Setelah kartu SD sukses terhubung, selanjutnya klik kanan pada kartu SD lalu pilih Format.

Kartu SD tidak bisa di format

Langkah 3: Berikutnya akan muncul jendela baru dan beberapa pilihan lainnya, mimin rekomendasikan untuk memilih opsi Quick Format agar proses format dapat berjalan dengan cepat.

Opsi lainya silahkan dibiarkan secara default lalu selanjutnya click Start dan tunggu sampai proses format kartu SD selesai.

Kartu SD tidak bisa di format

2. Format Menggunakan Command Prompt

Jika kartu SD tidak bisa diformat melalui drive windows, maka sebaiknya gunakan Command Prompt untuk memformat kartu SD. Caranya cukup mudah, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Pertama-tama silahkan buka Command Prompt (CMD) pada Windows kalian.

Kartu SD tidak bisa di format

Langkah 2: Selanjutnya silahkan colokkan SD Card menggunakan card reader atau sejenisnya. Setelah itu, buka Command Prompt lalu masukkan perintah diskpart dan tekan enter.

Kartu SD tidak bisa di format

Langkah 3: Didalam menu diskpart, silahkan masukkan perintah list disk, maka akan muncul disk yang ada pada perangkat kalian termasuk SD card.

Kartu SD tidak bisa di format

Langkah 4: Nah, pada bagian list disk ini kalian bisa melihat kartu SD kalian. Biasanya kartu SD yang size nya paling kecil. Disini kartu SD mimin ada di Disk 3 dengan size 14 GB.

Selanjutnya, silahkan masukkan perintah select disk “nomor disk” (tanpa tanda kutip) lalu tekan enter.

Kartu SD tidak bisa di format

Langkah 5: Selanjutkan masukkan perintah Clean untuk membersihkan kartu SD, lalu masukkan lagi perintah create partition primary untuk membuat partisi baru.

Kartu SD tidak bisa di format

Langkah 6: Terakhir, silahkan masukkan perintah format fs=fat32 quick untuk memformat kartu SD dan tunggu beberapa saat sampai proses format selesai.

Kartu SD tidak bisa di format

3. Menggunakan SD Card Formatter

SD Card Formatter adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kita untuk memformat kartu SD melalui PC/Laptop dengan mudah.

Aplikasi ini berukuran sangat ringan yaitu kurang lebih sekitar 6MB. Berikut ini langkah-langkah mengatasi kartu SD tidak bisa di format dengan menggunakan SD Card Formatter.

Langkah 1: Silahkan buka browser favorit kalian lalu ketikkan SD Card Formatter di kolom pencarian.

Kartu SD tidak bisa di format

Langkah 2: Install aplikasi SD Card Formatter melalui PC/Laptop kalian.

Langkah 3: Setelah aplikasi berhasil terinstall, selanjutnya hubungan Kartu SD kalian ke PC/Laptop menggunakan card reader.

Langkah 4: Selanjutnya, buka aplikasi SD Card Formatter yang telah kalian install sebelumnya, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan mendeteksi Kartu SD kalian. Apabila kartu SD masih tidak terbaca, silahkan klik refresh.

Kartu SD tidak bisa di format

Langkah 5: Setelah itu, pilih Quick format dan kilik Format, lalu tunggu hingga beberapa saat sampai proses formatnya selesai.

Langkah 6: Setelah proses format nya telah selesai tanpa mengalami error, silahkan cek kembali kartu SD kalian, apakah sudah kembali normal atau tidak.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi iPhone Gagal Update IOS

4. Menggunakan Aplikasi Memory Format

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, kali ini kita akan menggunakan bantuan aplikasi android yang bernama Memory Format.

Saat ini ada banyak aplikasi android yang dapat dipergunakan untuk mengatasi kartu SD tidak bisa di format, salah satu aplikasinya adalah Memory Format. Berikut ini langkah-langkah penggunaannya.

Langkah 1: Buka Google Play Store lalu ketikkan Memory Format pada kolom pencarian, setelah itu klik Install kemudian tunggu sampai proses instalasi selesai.

Kartu SD tidak bisa di format

Langkah 2: Setelah proses instalasi selesai, selanjutnya silahkan buka Aplikasi Memory Format yang telah diinstall. Didalam aplikasi akan muncul beberapa opsi, silahkan pilih icon Kartu SD lalu kemudian pilih Manage and Format.

Kartu SD tidak bisa di format

Langkah 3: Selanjutnya, kalian akan diarahkan ke tab baru, silahkan pilih atau tap pada tulisan kosongkan ruang untuk melakukan format.

Kalian juga mengelola penyimpanan terlebih dahulu sebelum melakukan format. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai proses format kartu SD selesai.

Kartu SD tidak bisa di format

Penutup

Itulah beberapa cara memperbaiki kartu SD tidak bisa diformat. Jika kalian sudah mengikuti semua cara diatas namun kartu SD masih tidak bisa diformat, maka ada kemungkin kalau ada kerusakan pada komponen kartu SD itu sendiri.

Sepengalaman mimin, kartu SD tidak bisa di format tersebut bisa terjadi karena kartu SD tersebut sering terkena air ataupun kebiasaan sering melepas pasang kartu SD.

Sebaiknya hindari kebiasan tersebut dan juga jika kalian sering menggunakan card reader untuk memindahkan data, gunakan card reader dengan kualitas yang baik.

Jika kalian merasa kalau artikel yang kami bagikan ini bermanfaat dan apabila ada pertanyaan yang ingin disampaikan, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *