Aplikasi

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Pixellab Bagi Pemula

Cara membuat thumbnail Youtube di Pixellab sangat gampang untuk kalian lakukan sendiri, khususnya bagi kalian yang baru saja ingin membuat sebuah thumbnail Youtube dengan menggunakan aplikasi Pixellab.

Pixellab sendiri merupakan salah satu dari banyak aplikasi pengedit gambar yang populer digunakan oleh orang-orang terkhusus nya bagi konten kreator dalam membuat suatu project gambar.

Aplikasi ini memiliki banyak fitur-fitur yang sangat berguna dalam melakukan pengeditan pada suatu gambar, seperti bisa menambahkan font, melakukan custom size, dan membuat thumbnail untuk video youtube.

Thumbnail yang menarik berfungsi sebagai daya tarik agar penonton di Youtube mengklik video yang telah kita upload untuk mendapatkan view.

Dengan menggunakan salah satu aplikasi pengeditan gambar ini, kalian bisa membuat dan melakukan kustom thumbnail Youtube yang sesuai dengan isi video yang kita dibahas.

Apa itu Pixellab

Pixellab adalah suatu aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengedit suatu gambar atau foto dengan menambahkan suatu teks dan efek.

Aplikasi Pixellab sendiri sudah diinstal oleh banyak sekali orang dengan rata-rata rating yang diberikan terhadap aplikasi ini sebanyak 4 sampai 5 bintang di Playstore.

Cara menggunakan Pixellab ini terbilang cukup mudah untuk digunakan bagi pemula, sebab tampilan interface pada aplikasi ini bisa dibilang sangat user friendly.

Aplikasi ini didesain dengan tampilan yang sangat minimalis, sehingga para pengguna baru dapat menggunakan aplikasi berbasis mobile ini dengan mudah.

Sekilas fitur yang ada di aplikasi ini lumayan mirip dengan Adobe Photoshop, dimana kita bisa menambahkan layer-layer pada project gambar yang ingin kita buat.

Selain bisa digunakan untuk mengedit gambar yang kita punya, aplikasi ini juga sudah menyediakan berbagai template gambar yang bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan seperti membuat thumbnail Youtube.

Pixellab juga bisa digunakan untuk membuat keperluan desain grafis lainnya, seperti poster, spanduk, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan font, warna, dan alat pengeditan lainnya yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan kita.

Baca juga: Cara Nobar di Discord Lewat PC dan HP

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Pixellab

Salah satu fitur yang ada pada aplikasi Pixellab adalah dimana kita bisa membuat thumbnail yang menarik untuk video YouTube.

Dalam konteks ini, Pixellab memungkinkan kita untuk memilih ukuran gambar yang sesuai, menambahkan elemen-elemen seperti teks, gambar, serta memberikan sentuhan kreatif dengan menggunakan efek dan filter.

Menurut mimin sih, membuat thumbnail dengan menggunakan aplikasi Pixellab ini tidak begitu sulit untuk dilakukan, apalagi bagi kalian yang telah familiar dengan aplikasi editing sebelumnya.

Bagi kalian yang baru saja membuat suatu konten video untuk Youtube dan belum memiliki thumbnail, silahkan simak langkah-langkah cara membuat thumbnail Youtube di Pixellab berikut ini:

Langkah 1: Pertama silahkan instal terlebih dahulu aplikasi Pixellab di perangkat kalian, melalui Google Playstore dengan mengetikkan Pixellab di kolom pencarian.

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Pixellab

Langkah 2: Setelah aplikasi telah terinstall kedalam perangkat kalian, silahkan buka aplikasi tersebut lalu tap pada icon titik 3 yang ada pada pojok kanan atas.

Selanjutnya tap pada image size lalu untuk preset nya silahkan diubah dari Custom menjadi Youtube thumbnail, setelah itu tap OKE.

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Pixellab

Langkah 3: Berikutnya silahkan tap pada icon + lalu kemudian pilih from gallery untuk memilih gambar yang akan kalian gunakan sebagai thumbnail Youtube yang sudah kalian siapkan sebelumnya.

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Pixellab

Selanjutnya akan muncul pengaturan dimana kalian bisa memilih rasio yang akan kalian gunakan. Mimin merekomendasikan untuk menggunakan 16:9 setelah itu tap tanda centang dan paskan sesuai ukuran canvas.

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Pixellab

Langkah 4: Sampai disini thumbnail untuk youtube kalian sudah 50% selesai, langkah berikutnya yaitu kalian bisa menambahkan teks kedalam gambar dengan tap pada icon + lalu pilih text.

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Pixellab

Selanjutnya akan muncul layer baru diatas background gambar yang tadi kalian masukkan. Pastikan layer teks tersebut berada tepat diatas background.

Berikutnya tekan menu edit yang ada pada menu sebelah kanan untuk menambahkan atau mengedit teks yang akan kalian gunakan didalam thumbail.

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Pixellab

Langkah 5: Setelah teks telah berhasil kalian masukkan, selanjutnya kalian bisa mengubah ukuran teks jika kalian merasa teks tersebut terlalu kecil dengan tap pada menu size kemudian ubah ukuran sesuai keinginan kalian.

Apabila kalian ingin mengganti warna tulisan, silahkan tap pada menu color yang ada tepat dibawah menu size untuk mengganti warna pada teks.

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Pixellab

Kalian juga bisa menambahkan efek stroke yang ada pada sebelah kanan menu editing untuk menambahkan shadow pada teks agar tampilan tulisan dapat terlihat lebih jelas.

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Pixellab

Selain itu jika kalian merasa font yang digunakan kurang menarik, kalian bisa mengubah atau mengganti font yang digunakan pada menu editing dan silahkan pilih beberapa jenis font yang kalian inginkan.

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Pixellab

Penutup

Itulah tutorial langkah-langkah bagaimana cara membuat thumbnail Youtube di Pixellab untuk menarik view agar mengklik video kita.

Thumbnail yang menarik dapat menjadi kunci untuk menarik perhatian penonton dan membuat konten yang kita buat bisa lebih dikenal orang-orang.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang mimin berikan diatas, mimin harap kalian sudah tidak kebingungan lagi untuk membuat thumbnail Youtube.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur keren yang bisa kalian gunakan memberikan efek 3D, menambahkan inner shadow, dan memberikan efek 3D shadow pada teks.

Perlu diingat kalau thumbnail yang menarik adalah bagian terpenting dari konten yang kita buat. Sebab dengan menggunakan thumbnail menarik, maka akan menarik penonton untuk mengklik video kalian.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *