Internet

Cara Membuat Tag di Youtube Untuk Pemula

Cara membuat tag di Youtube bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan dengan menggunakan perangkat PC ataupun melalui smartphone.

Ketika berbicara soal tag, pada saat kita mengupload dan akan mempublish video yang kita upload ke Youtube, maka kita akan menemukan kolom tag yang bisa kita isi.

Tag sendiri memiliki peran yang penting untuk dapat meningkatkan hasil pencarian dan optimasi video di Youtube agar mendatangkan view.

Tag juga dapat dikategorikan sebagai keyword selain dari keyword yang ada di title dan di deskripsi untuk bisa mengoptimalkan visibilitas video di halaman pencarian Youtube.

Bagi kalian yang masih kebingungan mengenai apa itu tag di Youtube, kali ini mimin akan membahas mengenai fungsi tag di Youtube serta cara membuat tag di Youtube.

Fungsi Tag di Youtube

Tag di Youtube adalah suatu fitur yang memiliki fungsi untuk menambahkan kata kunci ke dalam video yang diupload untuk memudahkan penonton dalam menemukan video di pencarian Youtube.

Contohnya, ketika seseorang mencari sesuatu di YouTube, maka algoritma akan mempertimbangkan tag yang digunakan dalam menampilkan hasil pencarian tersebut.

Tag juga mempunyai fungsi untuk dapat mendeskripsikan mengenai jenis konten video yang kalian buat sehingga dapat membantu Youtube dalam memahami topik dari video tersebut.

Penggunaan tag di Youtube biasanya dipilih sesuai dengan jenis konten yang kalian bahas, misalnya konten kalian seputar “review gadget”, maka tag yang dimasukkan adalah “review gadget” dan lain-lain.

Wajib atau tidaknya untuk membuat tag Youtube tergantung dengan pilihan kalian. Namun jika kalian ingin video kalian lebih mudah ditemukan oleh penonton, maka sebaiknya gunakan tag.

Cara Membuat Tag di Youtube

Seperti yang sudah mimin bahas diatas, Tag di Youtube bisa di tambahkan pada saat kita sedang mengupload suatu video ke Youtube.

Memasang tag pada video Youtube bisa dilakukan dengan menggunakan PC ataupun HP, namun kali ini mimin akan memberikan contoh dengan menggunakan PC yang kurang lebih contohnya hampir sama dengan menggunakan HP.

Jika kalian masih belum mengetahui cara membuat tag di Youtube untuk mengoptimalkan video, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Pertama-tama silahkan buka situs Youtube terlebih dahulu, kemudian masuk ke dalam menu Youtube Studio untuk menambahkan video baru.

Cara Membuat Tag di Youtube

Langkah 2: Didalam menu Youtube Studio, silahkan klik menu Content lalu klik Upload Videos lalu klik lagi Select Files.

Cara Membuat Tag di Youtube

Langkah 3: Selanjutnya silahkan cari video yang ingin diupload ke Youtube lalu klik Open.

Cara Membuat Tag di Youtube

Langkah 4: Berikutnya, silahkan masukkan judul serta deskripsi yang sesuai dengan tema konten video yang kalian bahas.

Cara Membuat Tag di Youtube

Langkah 5: Setelah selesai mengisi judul dan deskripsi, silahkan scroll kebawah lalu klik Show More atau Tampilkan Lebih Banyak untuk memunculkan kolom tag yang akan diisi.

Cara Membuat Tag di Youtube

Langkah 6: Pada kolom tag ini, sebaiknya isikan dengan tag yang mendeskripsikan tema dari video yang telah kalian upload.

Cara Membuat Tag di Youtube

Langkah 7: Jika sudah menambahkan tag, silahkan klik Next dan klik Publish untuk menambahkan video baru tersebut ke channel Youtube kalian.

Cara Membuat Tag di Youtube

Langkah-langkah cara membuat tag di Youtube diatas khusus digunakan bagi kalian yang baru saja mengupload video baru.

Jika kalian ingin menambahkan tag kedalam video yang telah di publish sebelumnya, caranya cukup gampang untuk dilakukan.

Pertama, Silahkan masuk ke menu Content lalu klik pada video yang telah terupload tersebut. Selanjutnya kalian akan diperlihatkan detail dari video yang telah diupload.

Scroll kebawah lalu klik tulisan Tampilkan Lebih Banyak atau Show More. Kemudian pada kolom tag silahkan masukkan tag sesuai dengan keinginan kalian.

Jika telah selesai, silahkan klik Save untuk menyimpan perubahan pada video kalian. Dengan demikian tag telah ditambahkan ke video tersebut.

Baca juga: Cara Ganti Tema Google Chrome Menjadi Lebih Menarik

Berapa Batas Tag Youtube

Didalam video Youtube yang telah diupload, kalian bisa untuk membuat tag Youtube sampai dengan 500 kata yang berkisar antara 10-15 tag, tergantung dari panjang kata dari tag yang digunakan.

Hal ini berarti kalian dapat menggunakan beberapa kata kunci sebagai tag, dengan total panjang karakter yang tidak melebihi dari 500 kata.

Tapi untuk lebih baiknya, sebaiknya mimin sarankan untuk membuat tag Youtube antara 5 sampai dengan 10 tag yang ada hubungannya isi video yang dibahas.

Sederhana nya, gunakan tag yang memang berkaitan dengan isi dari konten video kalian. Dengan pengguaan tag yang relevan, maka dapat membantu video yang kalian upload muncul dihalaman pencarian Youtube.

Gunakan juga tag yang menurut kalian paling relevan dengan isi video yang dibahas, misalnya tag yang relevan hanya 5 tag, maka sebaiknya gunakan 5 tag yang relevan daripada menggunakan 10 tag yang tidak relevan.

Sebab penggunaan tag yang sesuai dengan isi video akan membuat video yang telah kalian upload lebih mudah untuk ditemukan oleh penonton.

Penutup

Penggunaan dari tag pada video yang diupload sangat penting, sebab dengan menggunakan tag, maka akan meningkatkan visibilitas video yang telah kalian upload di pencarian Youtube.

Mimin sarankan sebaiknya jangan gunakan banyak sekali tag pada video Youtube kalian dan gunakan tag yang kalian anggap cukup relevan saja.

Contohnya jika video kalian membahas gadget, sebaiknya tambahkan juga tag masih ada sangkut pautnya dengan gadget seperti review, smartphone, dan lain sebagainya.

Jika kalian masih bingung bagaimana cara membuat tag di Youtube dan mempunyai pertanyaan seputar tag di video youtube, silahkan gunakan kolom komentar untuk bisa berdiskusi.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *