Aplikasi

Cara Membuat Tabel di Canva Secara Lengkap dan Mudah

Cara membuat tabel di Canva tidak sulit untuk dilakukan bagi orang-orang yang baru saja mengenal platform desain yang satu ini.

Canva telah menjadi salah satu platform desain yang telah digunakan banyak orang dalam membuat berbagai macam jenis desain yang menarik.

Salah satu fitur yang ada pada platform Canva ini yaitu dapat memungkinkan kita untuk bisa membuat tabel yang menarik. Tabel membantu kita mengatur informasi secara rapi serta sistematis yang membuatnya lebih mudah dipahami oleh orang-orang.

Dalam dunia desain grafis sendiri, tabel dipergunakan untuk berbagai macam tujuan, seperti menyajikan data statistik, membuat jadwal, membuat rancangan anggaran, dan banyak lagi.

Buat kalian yang penasaran bagaimana cara membuat tabel di Canva, disini mimin akan menjelaskan langkah-langkah cara membuat tabel di Canva.

Cara Membuat Tabel di Canva

Penggunaan tabel dapat memberikan dampak yang besar kepada orang-orang dalam memberikan informasi secara terstruktur dan menarik.

Tabel yang telah dibuat dengan menggunakan bantuan platform Canva ini nantinya dapat kita sesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan kita.

Tidak sampai disitu saja, tabel yang telah kita buat tersebut nantinya dapat kita edit untuk menambah kesan estetika.

Sebab Canva sendiri telah menyediakan bermacam-macam fitur lengkap, dimulai dari menyesuaikan ukuran antar cell, bisa merubah warna tabel, dan lain sebagainya.

Berikut ini cara membuat tabel di Canva:

1. Buat Lembaran Kerja Baru

Cara Membuat Tabel di Canva

Pertama-tama silahkan akses situs website Canva terlebih dahulu. Setelah berada dihalaman utama Canva, silahkan klik menu Buat desain yang berada di kanan atas.

Selanjutnya silahkan pilih Ukuran khusus lalu kalian bisa mengatur berapa tinggi dan lebar dari lembar kerja yang akan dibuat. Jika sudah klik Buat desain baru.

Kalian juga bisa menggunakan template yang tersedia dari bawaan Canva dan bisa disesuaikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

2. Memilih Tabel

Nah, berikutnya kalian akan diarahkan kehalaman kerja Canva. Pada halaman kerja ini, kalian sudah langsung bisa menambahkan tabel di halaman kerja.

Untuk penjelasan lengkapnya, silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Pertama silahkan klik menu Elemen yang ada disebelah kiri lembar kerja.

Langkah 2: Didalam menu elemen, silahkan gunakan kolom pencarian lalu ketikkan Tabel lalu klik Lihat semua. Secara otomatis Canva akan memberikan bermacam-macam desain tabel yang siap digunakan.

Cara Membuat Tabel di Canva

Langkah 3: Selanjutnya silahkan pilih desain tabel sesuai dengan yang kalian inginkan. Apabila kalian ingin merubah warna dari tabel juga bisa dilakukan.

Kalian hanya perlu klik tabel yang sudah di tambahkan ke lembaran kerja lalu klik pilihan color yang ada di menu atas lembar kerja. Nantinya kalian bisa memilih bermacam-macam warna yang bisa digunakan.

Cara Membuat Tabel di Canva

Baca juga: Begini Cara Membuat PPT di Canva Dengan Mudah

3. Mengatur Tabel

Setelah tabel telah ditambah kedalam lembar kerja, selanjutnya kalian bisa mengatur tabel tersebut. Seperti menambahkan cell kolom atau baris baru, mengatur ukuran tabel, dan menambahkan teks didalam tabel.

Berikut cara-caranya:

Pertama: Silahkan arahkan kurson ke tabel lalu klik icon titik tiga yang ada disamping tabel. Selanjutnya klik Tambahkan 1 baris untuk menambahkan baris baru di tabel tersebut.

Cara Membuat Tabel di Canva

Kedua: Berikutnya arahkan lagi kursor ke kolom cell lalu klik icon tanda + untuk menambahkan kolom cell. Kalian juga bisa mengatur berapa banyak jumlah kolom sesuai dengan yang dibutuhkan.

Cara Membuat Tabel di Canva

Ketiga: Untuk menambahkan teks di tabel, silah klik menu di sebelah kiri lalu klik Tambahkan kotak teks. Kemudian tambahkan teks sesuai dengan kebutuhan.

Cara Membuat Tabel di Canva

Cara ketiga bisa disesuaikan dengan pilihan kalian. Disini mimin hanya memberikan contoh membuat desain tabel jadwal kuliah. Jika kalian tidak ingin menambahkan teks tergantung dari pilihan kalian.

4. Simpan Tabel

Jika semua telah selesai di sesuaikan dan diedit, terakhir kalian hanya perlu menyimpan desain tabel yang telah kalian buat tadi.

Untuk caranya, silahkan klik menu Bagikan yang ada di pojok kanan atas, lalu simpan hasil dari desain tabel tersebut ke dalam perangkat yang kalian gunakan.

Cara Membuat Tabel di Canva

Cara Memindahkan Tabel Excel ke Canva

Sedikit tutorial tambahan dari mimin. Kita juga bisa membuat tabel di Microsoft Excel lalu memindahkan tabel tersebut ke Canva.

Jika kalian mempunyai tabel dokumen di Excel dan ingin memindahkannya ke canva untuk mendesain tabel tersebut menjadi lebih menarik, kalian bisa mengikuti cara memindahkan tabel Excel ke Canva berikut.

Berikut cara memindahkan tabel Excel ke Canva:

  1. Pertama-tema, silahkan buka Microsoft Excel terlebih dahulu, lalu buat tabel baru atau cari tabel yang telah dibuat sebelumnya.
  2. Jika telah selesai, block tabel tersebut secara keseluruhan mulai dari bawah sampai atas.
  3. Klik kanan pada tabel yang sudah di block lalu klik copy.
  4. Terakhir, silahkan buat lembar kerja baru di canva lalu pastekan tabel yang telah dicopy dilembar kerja baru tersebut.
  5. Selesai, sekarang tabel dari Microsoft Excel telah muncul di lembar kerja Canva.

Kalian juga mengatur tabel dari Excel tersebut sesuai dengan keinginan. Misalnya merubah warna, merubah ukuran tabel, dan menyimpannya kedalam bentuk PDF.

Penutup

Tutorial cara membuat tabel di Canva ini sangat cocok dilakukan bagi kalian yang baru saja belajar menggunakan Canva. Sebab prosesnya yang bisa dibilang praktis dan mudah dilakukan.

Menggunakan Canva dalam membuat tabel akan menjadi jauh lebih mudah bahkan bagi kalian yang masih belum mengetahui banyak tentang bidang desain grafis.

Ditambah lagi ada banyak tersedia fitur-fitur menarik yang bisa membuat tampilan dari tabel yang kita buat menjadi lebih estetik.

Cara membuat tabel di Canva juga bisa kita lakukan dengan menggunakan HP. Namun agar hasilnya lebih maksimal, mimin sarankan untuk membuat tabel tersebut melalui website Canva karena akan jauh lebih mudah.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *