Aplikasi

Begini Cara Membuat PPT di Canva Dengan Mudah

Cara Membuat PPT di Canva tidak sulit dilakukan bagi kalian yang baru saja menggunakan Canva dan ingin belajar tentang bagaimana cara membuat PPT di Canva.

Secara umum Canva dikenal oleh orang-orang sebagai platform untuk membuat sebuah desain grafis. Namun tahukah kalian kalau Canva juga bisa gunakan untuk membuat presentasi powerpoint (PPT)

Seperti halnya dengan membuat sebuah presentasi dengan menggunakan software Powerpoint, yang dimana memiliki fitur-fitur seperti menambahkan teks, shapes, dan lain-lain.

Hanya saja pada platform Canva ini, kita memiliki beberapa fitur-fitur tambahan, sehingga kalian bisa membuat presentasi dengan cepat dan mudah. Penasaran bagaimana cara membuat PPT di Canva? silahkan simak penjelasannya.

Kelebihan Membuat PPT di Canva

Membuat PPT di Canva mempunyai beberapa kelebihan. Terutama bagi kalian yang sudah terbiasa membuat presentasi menggunakan Powerpoint, pasti akan mengetahui kelebihan-kelebihan tersebut.

Tapi bagi kalian yang belum mengetahui kelebihan apa saja yang ada jika kita membuat PPT menggunakan Canva, sebaiknya jangan khawatir. Kalian bisa melihat kelebihan membuat PPT di Canva berikut:

  • Banyak pilihan template yang bisa digunakan
  • Bisa menggunakan efek pada presentasi
  • Mempermudah dalam menyusun layout disetiap slide
  • Mempunyai beberapa animasi
  • Gambar yang akan digunakan untuk PPT sudah tersedia
  • Memiliki garis bantu agar kita bisa menempatkan objek dengan sejajar
  • Bisa disimpan kedalam bentuk Powerpoint (PPT) dan beberapa ekstensi file seperti PDF, PNG, JPG

Baca juga: Cara Request Lagu di Discord Melalui PC dan HP

Cara Membuat PPT di Canva

Cara Membuat PPT di Canva tidak sulit untuk dilakukan, bahkan bagi kalian yang baru saja menggunakan menggunakan Canva.

Alasannya, karena di Canva sudah disediakan beberapa template PPT yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan kalian. Ditambah lagi dengan adanya fitur-fitur pendukung yang bisa membuat PPT kita menjadi lebih menarik.

Nah, bagi kalian yang ingin tahu bagaimana sih cara membuat PPT di Canva, Berikut mimin bagikan langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Buka Halaman Canva

Pertama-tama silahkan buka web browser favorit kalian lalu kunjungi halaman website Canva. Dihalaman awal Canva silahkan pilih Presentasi lalu klik Presentasi (16:9).

Cara Membuat PPT di Canva

2. Pilih Template PPT

Selanjutnya kalian akan diarahkan kehalaman pemilihan template. Disini pada menu sebelah kiri bisa melihat beberapa template PPT yang bisa kita gunakan. Silahkan pilih template yang menurut kalian menarik.

Cara Membuat PPT di Canva

3. Ubah Desain Template

Apabila kalian telah menemukan template mana yang sekiranya cocok, kalian juga bisa mengubah template tersebut, seperti mengganti teks atau merubah warna tulisan.

Sebaiknya hindari untuk mengubah font yang ada pada template. Sebab biasanya font yang ada pada template sudah disesuaikan dengan tema dari template tersebut.

Tapi jika kalian tetap ingin mengubah font, kalian bisa mengubahnya melalui tab yang ada pada bagian atas dari template PPT lalu pilih font yang menurut kalian cocok.

Cara Membuat PPT di Canva

4. Tambahkan Gambar di PPT

Kalian juga bisa menambahkan gambar-gambar di PPT yang dibuat di Canva. Baik itu gambar yang sudah disediakan oleh Canva ataupun gambar yang kita punya sendiri.

Namun kali ini mimin akan memberitahu cara menambahkan gambar di Canva dengan menggunakan gambar yang sudah tersedia.

Berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pertama silahkan buka menu Elemen yang ada disebelah kiri kemudian scroll kebawah sampai kalian menemukan Foto lalu klik Lihat semua untuk menampilkan semua gambar yang disediakan.

Cara Membuat PPT di Canva

Langkah 2: Selanjutnya silahkan cari gambar apa yang ingin dimasukkan dengan mengetikkan di kolom pencarian. Misalnya disini mimin menggunakan gambar komputer, silahkan geser gambar tersebut ke lembar PPT kalian.

Cara Membuat PPT di Canva

Langkah 3: Selesai deh, kalian juga bisa mengatur posisi gambar dengan menggeser gambar tersebut agar terlihat lebih rapi.

Untuk menambahkan gambar di slide lainnya, silahkan klik slide tersebut kemudian geser gambar yang ingin ditambahkan di slide yang sudah dipilih.

5. Simpan File PPT

Setelah selesai melakukan semua penyesuaian pada lembar PPT kalian, terakhir kalian bisa menyimpan file PPT tersebut kedalam perangkat kalian.

Lebih menariknya lagi, file PPT tersebut bisa disimpan dalam bentuk Powerpoint jadi bisa digunakan ketika kita ingin melakukan presentasi.

Berikut cara simpan PPT di canva:

Pertama: Silahkan klik tulisan Bagikan yang ada pada pojok kanan atas layar PPT yang sudah dibuat.

Cara Membuat PPT di Canva

Kedua: Selanjutnya pilih jenis file yang akan disimpan. Disini banyak jenis file yang bisa dipilih seperti PDF, JPG, PNG dan Video.

Mimin sarankan agar menyimpan file PPT dalam bentuk PPTX agar nantinya file tersebut bisa dibuka melalui Powerpoint dilaptop kalian.

Cara Membuat PPT di Canva

Ketiga: Terakhir silahkan simpan file PPT yang sudah kalian buat kedalam perangkat kalian. Jangan lupa untuk halaman nya diatur ke Semua halaman agar PPT yang kalian buat dapat tersimpan secara keseluruhan.

Cara Membuat PPT di Canva

Selesai deh cara membuat PPT di Canva, sebenarnya kalian juga bisa langsung melakukan presetansi melalui Canva secara langsung.

Namun jika kalian ingin presentasi menggunakan power point di laptop, PPT tersebut harus di convert terlebih dahulu menggunakan cara-cara yang telah mimin berikan diatas.

Penutup

Jadi kurang lebih begitulah cara membuat PPT di Canva untuk presentasi. Bagaimana? caranya tidak sulit untuk dilakukan bukan? Dengan menggunakan canva dalam membuat PPT ada banyak kelebihan yang bisa kita dapat.

Dimulai dari banyaknya template-template yang bisa gunakan, mudah dalam mengatur layout dan slide, sampai dengan bisa di share ke teman-teman melalui link.

Buat kalian yang masih kebingan dengan cara membuat PPT di Canva yang sudah mimin bahas diatas, kalian bisa langsung bertanya menggunakan kolom komentar yang sudah disediakan dibawah.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *