Aplikasi

Begini Cara Membuat Mind Map di Canva dengan Mudah

Cara membuat mind map di Canva mungkin masih banyak orang-orang yang belum mengetahui cara tersebut, khususnya bagi seorang desain grafis yang baru saja menggunakan platform Canva.

Apakah Anda sering kali merasa bingung saat harus menyusun ide-ide kompleks atau proyek yang rumit? Mind map atau peta pikiran adalah alat yang sangat berguna untuk membantu Anda mengatasi masalah ini.

Namun, cara membuat mind map secara manual dengan kertas dan pensil bisa menjadi tugas yang memakan waktu dan kurang efisien.

Inilah mengapa kami akan membahas cara membuat mind map di Canva, yang merupakan sebuah alat desain grafis online yang akan mengubah cara Anda merencanakan ide, proyek, atau bahkan presentasi.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana cara membuat mind map di Canva, silahkan disimak pembahasan artikel berikut sampai selesai.

Cara Membuat Mind Map di Canva

Cara Membuat Mind Map di Canva

Cara membuat mind map di Canva sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dilakukan, khususnya bagi Anda yang baru saja menggunakan platform desain grafis ini.

Berikut cara membuat mind map di Canva:

1. Login/Daftar Canva

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mulai membuat mind map di Canva adalah dengan membuka akun Canva Anda. Jika Anda belum memiliki akun, jangan khawatir, proses pendaftaran sangat mudah dan gratis.

Berikut adalah cara membuat akun Canva:

  1. Kunjungi situs web official Canva https://www.canva.com/.
  2. Pilih daftar.
  3. Pilih metode pendaftaran menggunakan Google atau Facebook.
  4. Verifikasi akun Anda.
  5. Selesai.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah di atas, Anda sekarang memiliki akun Canva yang siap digunakan untuk membuat mind map.

2. Pilih Template Mind Map

Setelah Anda berhasil membuka akun Canva Anda, langkah cara membuat mind map di Canva selanjutnya adalah memilih template yang sesuai.

Canva menawarkan beragam template mind map yang menarik dan mudah digunakan. Berikut adalah langkah-langkah untuk memilih template mind map di Canva:

  1. Masuk ke akun Canva.
  2. Ketikkan Mind Map di kotak pencarian lalu tekan Enter.
  3. Cari template yang menurut Anda sesuai.
  4. Buka template untuk mulai membuat mind map.

Anda sekarang dapat mulai membuat mind map Anda di dalam template yang telah Anda pilih. Anda bisa mengubah teks, menambahkan elemen-elemen baru, mengganti warna, dan mengatur tata letak sesuai dengan ide Anda.

Baca juga: Cara Membuat PPT di Canva Dengan Mudah

3. Tambahkan Cabang Mind Map

Setelah Anda memilih template mind map yang sesuai di Canva dan memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan Anda, langkah berikutnya adalah menambahkan cabang-cabang ke peta pikiran Anda.

Cabang-cabang ini akan membantu Anda untuk menghubungkan topik utama dengan subtopik atau ide terkait dengan mind map yang Anda rencanakan.

4. Tambahkan Teks dan Gambar

Saat Anda telah berhasil menambahkan cabang-cabang ke mind map Anda di Canva, langkah selanjutnya adalah memperkaya mind map Anda dengan teks dan gambar.

Ini akan membantu Anda menjelaskan ide-ide Anda dengan lebih baik dan membuat mind map lebih menarik.

Berikut cara menambahkan teks dan gambar ke mind map di Canva:

Langkah 1: Mulailah dengan memilih elemen atau cabang peta pikiran yang ingin Anda perjelas atau tambahkan konten. Ini bisa berupa elemen pusat, cabang-cabang, atau sub-cabang.

Langkah 2: Untuk menambahkan teks, klik elemen yang Anda pilih, lalu cari opsi untuk menambahkan teks. Canva akan memungkinkan Anda untuk menuliskan teks dengan mudah di dalam elemen tersebut.

Langkah 3: Anda dapat mengubah ukuran, jenis huruf, dan gaya teks sesuai dengan preferensi Anda. Pastikan teks yang Anda tambahkan mudah dibaca dan sesuai dengan tampilan keseluruhan mind map Anda.

Langkah 4: Untuk menambahkan gambar, carilah opsi Tambahkan Gambar atau Unggah Gambar di dalam elemen yang Anda pilih. Anda dapat mengunggah gambar dari komputer Anda atau mencari gambar yang sudah disediakan Canva.

5. Simpan Mind Map

Setelah Anda berhasil membuat mind map di canva, langkah terakhir yaitu menyimpan hasil dari mind map yang telah dibuat sebelumnya.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara menyimpan mind map di canva, berikut langkah-langkahnya:

  1. klik tombol Simpan yang biasanya terletak di bagian atas kanan layar. Ini akan menyimpan mind map Anda ke akun Canva Anda.
  2. Silahkan pilih format penyimpanan mind map, entah itu menyimpannya dapat bentuh JPEG atau PNG ataupun dalam format dokumen seperti PDF.
  3. Selesai.

Baca juga: Cara Membuat Tabel di Canva Secara Lengkap

Akhir Kata

Jadi begitulah langkah-langkah cara membuat mind map di canva, bagaimana? caranya tidak sulit untuk dilakukan bukan? Apalagi kita tidak perlu repot-repot lagi untuk membuat template.

Apabila ada pertanyaan atau ada yang kurang dimengerti mengenai pembahasan artikel kali ini, bisa menggunakan kolom komentar untuk berkomentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *