Aplikasi

Cara Membuat Meeting Zoom di Laptop dan HP

Cara membuat meeting zoom dapat dengan sangat mudah untuk dilakukan, baik itu melalui smartphone android/IOS ataupun bisa dilakukan melalui laptop, yang nantinya Anda bisa menjadi host dari meeting zoom tersebut.

Pada saat ini kepopuleran dari Zoom naik dengan begitu pesatnya, sebab aplikasi ini banyak sekali digunakan oleh orang-orang yang melakukan proses belajar mengajar secara online ataupun orang yang Work From Home (WFH).

Anda juga dapat mengikuti sebuah meeting online melalui link yang telah di share atau dibagikan oleh Host dari meeting online tersebut.

Selain menjadi peserta meeting, Anda juga bisa menjadi Host dalam meeting tersebut jika Anda belum mengetahui bagaimana cara membuat meeting zoom serta menjadi host dalam meeting zoom, silahkan simak penjelasan berikut ini :

Cara Membuat Meeting Zoom Melalui Laptop

Zoom merupakan salah satu aplikasi video conference yang bisa katakan terbaik dan mampu untuk menampung ratusan peserta dalam satu room meeting.

Sebelum Anda menggunakan aplikasi zoom di laptop ataupun PC, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat yang akan Anda gunakan mendukung untuk melakukan video call.

Pastikan untuk mengecek terlebih dahulu webcam serta mic yang akan anda gunakan, sebab kedua perangkat tersebut sangat dibutuhkan untuk melakukan meeting zoom di laptop.

Berikut ini lankah-langkah mudah bagaimana cara membuat meeting zoom melalui laptop ataupun pc, silahkan simak penjelasan berikut:

Lankah 1 : Install Aplikasi Zoom Cloud Meeting for PC yang bisa Anda dapatkan melalui web resmi Zoom

Langkah 2 : Setelah Anda selesai menginstall aplikasi Zoom, akan muncul tampilan dashboard. Silahkan klik Join Meeting, maka Anda akan masuk ke Meeting Zoom tanpa membuat akun Zoom.

Cara Membuat Meeting Zoom

Langkah 3 : Untuk lebih memudahkan Anda dalam melakukan rapat zoom, maka disini kami sarankan untuk memilih sign in.

Langkah 4 : Silakan masukkan email dan password yang telah Anda daftarkan di Zoom, atau Anda juga bisa login zoom menggunakan Gmail, Facebook ataupun SSO.

Cara Membuat Meeting Zoom

Langkah 5 : Jika sudah login, silahkan tunggu beberapa detik, kemudian Anda akan di arahkan pada tampilan awal aplikasi Zoom.

Langkah 6 : Pada dahsboard Zoom akan muncul beberapa opsi yang dapat Anda pilih, Anda dapat memilih New Meeting untuk menjadi host meeting Zoom atau pilih Join untuk menjadi peserta meeting Zoom.

Cara Membuat Meeting Zoom

Lankah 7 : Jika Anda memilih New Meeting maka akan muncul tampilan seperti ini.

Langkah 8 : Anda juga dapat membagikan link zoom meeting dengan cara menekan tombol centang hijau pada pojok kiri layar Zoom, maka akan muncul Meeting ID beserta Passcode Meeting.

Cara share link meeting Zoom juga bisa dilakukan dengan memilih opsi Invite Link lalu Copy Link.

Langkah 9 : Silahkan Membagikan link Zoom meeting Anda melalui social media seperti Whatsapp atau Telegram ataupun bisa dibagikan melalui Email.

Langkah 10 : Selamat Anda telah berhasil membuat meeting online Zoom.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Mode Gelap Threads Instagram

Cara Membuat Meeting Zoom di HP

Selain membuat meeting Zoom melalui laptop/PC, Anda juga bisa membuat meeting Zoom melalui smartphone Android ataupun IOS.

Cara membuat meeting zoom di android dan IOS tidak terlalu beda jauh dengan membuat Zoom melalui laptop, disini kami akan menjelaskan bagaimana cara membuatnya, silakan simak penjelasan berikut ini :

Pertama: Instal Aplikasi Zoom Melalui Playstore untuk pengguna Android atau Appstore untuk pengguna IOS.

Kedua: Silahkan untuk mendaftar Zoom terlebih dahulu dengan memilih tombol sign in ke zoom menggunakan gmail, facebook atau SSO.

Cara Membuat Meeting Zoom

Ketiga: Apabila pendaftaran telah sukses, maka Anda akan otomatis login ke halaman dashboard Zoom mobile, untuk membuat meeting silahkan pilih New Meeting.

Keempat: Untuk Membagikan link meeting Zoom, pilih Participants yang ada pada bagian bawah layar, tekan Invite kemudian pilih Copy invite link.

Kelima: Anda bisa membagikan link tersebut kepada para peserta yang akan mengikuti Zoom meeting, link tersebut bisa dibagikan melalui Whatsapp ataupun media lainnya.

Penutup

Kurang lebih begitulah pembahasan mengenai cara membuat meeting Zoom yang bisa Anda lakukan melalui laptop atau HP.

Semoga artikel dari kami dapat membantu para pembaca yang masih bingung tentang bagaimana cara membuat meeting zoom melalui laptop atau PC ataupun melalui HP.

Apabila ada yang kurang dipahami mengenai pembahasan diatas, bisa menggunakan kolom komentar untuk berdiskusi.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *