Internet

Begini Cara Membuat Link Google Drive Untuk di Share

Cara membuat link Google Drive untuk di share tidak sulit untuk dilakukan terkhususnya bagi kita yang baru saja mengenal mengenai Google Drive.

Google Drive adalah sebuah platform penyimpanan milik Google yang dimana memungkinkan kita untuk menyimpan file dengan kecepatan yang cepat.

Apabila kita mempunyai akun Gmail, kita dapat menyimpan sebuah file atau dokumen yang kita inginkan di Google Drive, dengan kapasitas penyimpanan yang didapatkan yaitu sebanyak 15GB.

Di Google Drive sendiri, tentunya kita juga bisa untuk membagikan file yang telah kita upload dan dibagikan kepada pengguna lain. Caranya yaitu dengan menggunakan share link.

Share link sebenarnya telah banyak diketahui oleh orang-orang yang menggunakan Google Drive. Namun jika kalian baru saja mengetahui fitur tersebut, mungkin belum tahu cara untuk membuatnya.

Maka dari itu disini mimin akan membahasnya cara membuat link Google Drive untuk di share secara lengkap. Bagi kalian yang penasaran bagaimana caranya, silahkan disimak pembahasan berikut.

Cara Membuat Link Google Drive Untuk di Share ke Semua Orang

Cara membuat link Google Drive untuk di share ada dua cara. Pertama kita bisa membuat melalui PC/laptop, dan yang kedua kita juga membuat melalui HP Android.

Silahkan kalian sesuaikan dengan perangkat yang kalian gunakan, misalnya menggunakan PC atau HP Android. Untuk langkah-langkahnya, silahkan simak penjelasan berikut:

Cara Membuat Link Google Drive Melalui PC/Laptop

Secara singkat, kalian bisa membuat share link di Google Drive dengan memilih file yang ingin dibagikan, dengan cara klik kanan pada file tersebut lalu pilih Dapatkan Link yang Bisa Dibagikan. Selanjutnya silahkan salin link yang muncul tersebut.

Berikut langkah-langkah cara membuat link Google Drive untuk di share ke semua orang:

Langkah 1: Pertama silahkan masuk kedalam halaman website Google Drive lalu login dengan menggunakan Gmail yang kalian gunakan.

Langkah 2: Selanjutnya klik tombol + New lalu pilih File upload kemudian silahkan cari file yang ingin diupload.

Cara Membuat Link Google Drive Untuk di Share

Langkah 3: Setelah file berhasil diupload, silahkan klik kanan pada file tersebut lalu pilih Share kemudian klik lagi Share.

Cara Membuat Link Google Drive Untuk di Share

Langkah 4: Selanjutnya silahkan ubah General acces dari Restricted menjadi Anyone with the link, agar semua orang yang mendapatkan link dari file tersebut bisa melihat file yang telah diupload di Google Drive.

Cara Membuat Link Google Drive Untuk di Share

Langkah 5: Sampai disini link dari file yang telah diupload ke Google Drive telah bisa diakses bagi orang-orang yang mendapatkan link tersebut.

Untuk menguji apakah link Google Drive sudah bisa untuk diakses, silahkan copy link tersebut lalu kemudian pastekan di browser.

Cara Membuat Link Google Drive Untuk di Share

Jika link tersebut sudah bisa diakses, maka kurang lebih tampilannya seperti gambar diatas. Namun jika belum, silahkan dicek kembali pada bagian General Acces apakah sudah berubah menjadi Anyone with the link atau belum.

Baca juga: Cara Membuat Blog di HP Untuk Pemula

Cara Membuat Link Google Drive Melalui HP Android

Selain cara membuat link Google Drive untuk di share dengan menggunakan PC/Laptop, kalian juga menggunakan HP Android untuk membuat link Google Drive.

Bedanya dengan menggunakan laptop, dengan menggunakan HP Android kita bisa membuat share link tersebut kapan saja dan dimana saja dan caranya juga bisa dikatakan cukup simpel.

Berikut cara membuat link Google Drive untuk di share menggunakan HP Android:

Pertama: Sebelum membahas bagaimana cara membuat link Google Drive untuk di share dengan menggunakan HP Android, pastikan terlebih dahulu kalau aplikasi Google Drive telah terpasang di HP Android kalian. Jika belum, silahkan instal terlebih dahulu melalui Google Play Store.

Cara Membuat Link Google Drive Untuk di Share

Kedua: Selanjutnya buka aplikasi Google Drive yang telah terinstal di perangkat kalian, kemudian tekan menu File lalu tekan lagi icon tanda + selanjutnya pilih Upload dan cari file yang akan di upload ke Google Drive.

Cara Membuat Link Google Drive Untuk di Share

Ketiga: Setelah file berhasil terupload, silahkan tekan icon titik tiga di samping file tersebut, lalu pilih Bagikan.

Cara Membuat Link Google Drive Untuk di Share

Keempat: Berikutnya, silahkan ubah akses dari Dibatasi menjadi Siapa saja yang memiliki link, agar link yang nantinya akan dibagikan dapat diakases oleh orang-orang.

Cara Membuat Link Google Drive Untuk di Share

Kelima: Jika sudah, kalian bisa tekan icon dengan gambar rantai untuk menyalin link yang nantinya akan dibagikan ke orang-orang.

Cara Membuat Link Google Drive Untuk di Share

Selain menggunakan aplikasi Google Drive, kalian juga bisa membuka Google Drive melalui web browser bawaan HP ataupun melalui browser Google Chrome.

Untuk cara membuat link Google Drive untuk di share melalui web browser, kurang lebih caranya sama dengan menggununakan PC/laptop yang telah mimin bahas diatas.

Cara Memperpendek Link Google Drive

Apabila kalian ingin membagikan link dari file yang telah di upload di Google Drive, mungkin link tersebut akan terlihat sedikit panjang.

Nah, disini kalian juga bisa memperpendek link tersebut terlebih dahulu. Salah satu cara yang biasa mimin gunakan untuk memperpendek link yaitu menggunakan URL shortener seperti bitly.

Misalnya link yang akan dibagikan memiliki panjang sekitar 20-25 karakter. Namun dengan memperpendek link, kita bisa mengubah link tersebut menjadi 10 karakter saja.

Berikut cara memperpendek link Google Drive dengan menggunakan bitly:

  1. Pertama-tama silahkan buka situs bitly.com melalui web browser yang digunakan
  2. Selanjutnya, salin link file dari Google Drive yang ingin dibagikan
  3. Didalam website bitly, silahkan klik Create New lalu isikan Destination dengan link dari Google Drive
  4. Selesai, silahkan salin link Google Drive yang telah di perpendek dengan menggunakan bantuan bitly

Cara Membuat Link Google Drive Untuk di Share

Untuk link yang telah dibuat mempunyai hasil yang berbeda-beda. Jika kalian ingin melakukan custom link, kalian bisa mencoba untuk mengupgrade akun kalian ke premium.

Jika kalian lebih nyaman menggunakan HP Android, kalian juga bisa menginstal aplikasi bitly yang bisa diinstal melalui Google Play Store.

Penutup

Demikian cara membuat link Google Drive untuk di share agar link dari file dapat dibagikan dan diakses. Tutorial kali ini mimin tujukan bagi orang-orang yang masih belum mengetahui cara membuat link Google Drive untuk di share.

Mimin sendiri masih sering menggunakan Google Drive untuk menyimpan file-file atau dokumen lainnya, karena aksesnya yang cepat dan mudah.

Menyimpan file di Google Drive sendiri dapat mempermudah kita untuk mengakses file yang tersimpan apabila kita menggunakan perangkat lain.

Jika tutorial yang mimin jelaskan diatas masih kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan melalui kolom komentar.

Dina Maharani

Dina Maharani adalah seorang penulis yang expert dalam bidang teknologi dan menulis artikel berupa Android, iOS, game, laptop, dan sosial media.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *